Studi Literatur Seni Musik Dalam Pembentukan Karakter Siswa Di Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.10699Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pembentukan karakter seni music dalam upaya pembentukan karakter sisiwa di sekolah dasar. Persamasalahan penelitian ini terkait dengan pembentukan karakter sisiwa dalam pembentukan karakter seni music. Penelitian ini menggunakan stiudi literature dari artikel penelitian sebelumnya. Penelusuran data dilakukan dengan melakukan penelusuran di Goggle Scholar atau Google Cendikia dengan kata kunci pembentukan karakter seni music, penanaman karakter sisiwa sekolah dasar. Dari hasil penelususran ditemukan 20 artikel jurnal dan prosiding yang memenuhi kriteria. Hasil penelitian menunjukan betapa pentingnya pembentukan karakter yang baik terutama karakter berbudaya. Kendala dalam penanaman nilai-nilai karakter yang dikembangkan disekolah belum terjabarkan dalam indicator yang representative, pemahaman guru tentang konsep pendidikan karakter yang masih belum menyeluruh, guru juga belum memiliki kompetensi memadai untuk mengintegrasikan nilai—nilai karakter, dan sebagai guru dalam pembentukan karakter seni music kita harus melakukan pendekatan, seperti penanaman nilai, pendekatan pengembangan kognitif, pendekatan analisis nilai,pendekatan klasifikasi nilai, dan pendekatan pembelajaran tindakan melalaui pengembangan materi maupun praktek bentuk kegiatan apresiasi, kreasi, dan ekspresiDownloads
Published
2022-12-27
How to Cite
Maharani, I., Efendi, N. ., & Oktira, Y. S. . (2022). Studi Literatur Seni Musik Dalam Pembentukan Karakter Siswa Di Sekolah Dasar . Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 13090–13098. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.10699
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Indah Maharani, Nofriza Efendi, Yona Syaida Oktira
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).