Peningkatan Keterampilan Motorik Halus Anak Melalui Paper Quilling Pada Anak Kelompok B Di Tk Pertiwi I Palembang
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.8612Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motorik halus anak dengan dukungan kertas quilling untuk anak kelompok B di TK Pertiwi I Palembang. Populasi dalam penelitian ini terdiri dari 21 anak kelompok B TK Pertiwi I Palembang, yaitu 12 anak laki-laki dan 9 anak perempuan. Sampel penelitiannya terdiri dari 15 anak kelompok B TK Pertiwi I Palembang diantaranya dari 9 anak laki-laki dan 6 anak perempuan. Penelitian menggunakan metode penelitian tindakan menurut Kemmis and Taggart yang berfokus pada keterampilan motorik halus anak.Hasil penelitian Tingkat keterampilannya anaklah dilakukan ditiap pertemuannya baik Pra Tindakan, Siklus I dan Siklus II. Saat pra tindakan aktivitasnya motorik halusnya anaklah berkembangnya sangat baik (BSB) yaitu 7% (1 anaknya), lalu siklus I tingkatnya motorik halusnya lewat aktivitasnya paper quiling berkembangnya juga baik (BSB) yaitu 60% (9 anaknya), ketika siklus II tingkanya motorik halusnya lewat aktivitasnya paper quiling meningkatlah yakni 93% (14 anaknya). Tingkatannya keahlian anaknya ketika aktivitasnya paper quiling berlangsung ditiap pertemuannya dimulainya Pra Tindakan, Siklus I dan Siklus II. Selanjutnya diberikan hadiahnya untuk anaknya dapat mengerjakan aktivitasnya paper quiling penambahannya semangat anaknyaDownloads
Published
2022-11-11
How to Cite
Susilawati, S., Lian, . B. ., & Andriani, D. . (2022). Peningkatan Keterampilan Motorik Halus Anak Melalui Paper Quilling Pada Anak Kelompok B Di Tk Pertiwi I Palembang. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 3017–3025. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.8612
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Susilawati Susilawati, Bukman Lian, Dessi Andriani
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).