Pendidikan Hukum dan Pendidikan Nilai dalam Mewujudkan Warga Negara yang Baik dan Cerdas melalui Pendidikan Kewarganegaraan

Authors

  • Patricia Bunga juwita Galand Universitas Pendidikan Indonesia, Cibiru
  • Dini Anggraeni Dewi Universitas Pendidikan Indonesia, Cibiru

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v3i2.1616

Keywords:

Pendidikan Kewarganegaraan, cerdas, warga negara yang baik

Abstract

Pendidikan kewarganegaraan berpartisipasi dalam mencapai salah satu tujuan penelitian sosial pendidikan yang mencapai tujuan pendidikan negara dan tujuan nasional pendidikan kehidupan bangsa melalui system Pendidikan nasional yang disahkan oleh Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia. Pendidikan kewarganegaraan sebagai pendidikan hukum yang menunjukkan bahwa hukum dan hal-hal terkait termasuk di dalamnya pendidikan kewarganegaraan, karena pendidikan nilai berarti mencakup pendidikan nilai yang memungkinkan warga negara untuk memahami dan bertindak sesuai dengan nilai-nilai hukum. Nilai hukum berasal dari tempat kesadaran moral, begitu pula nilai hukumnya Nilai moral bersumber dari nilai ideologis dan landasan negara Pancasila karena Persyaratan hukum yang baik, hal ini dinilai dari pertimbangan moral. Pendidikan nilai dan pendidikan hukum akan membantu warga negara. Menjadi warga negara yang baik dan cerdas (smart and good citizen).

References

A, Muhammad Abror, Nunuk Suryani, and Deni Tri Ardianto. 2019. “Pendidikan Kewarganegaraan (Citizenship) Sebagai Sarana Mewujudkan Warga Negara Yang Beradab (Good Citizenship).†Seminar Nasional Pendidikan Pengembangan Kualitas: 69.

Ahmad Jamalong, dkk. (2019). Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan di Perguruan Tinggi. Depok: PT RajaGrafindo Persada.

Aji, Purnomo Cahyo. 2018. “Peran PKN Dalam Membentuk Karakter Kewarganegaraan Melalui Pendekatan Berbasis Nilai Di Perguruan Tinggi.â€: 3. https://ppkn.fkip.uns.ac.id/wpcontent/uploads/2018/08/Purnomo-Aji.- Universitas-Sebelas-Maret..pdf.

Baginda, Mardiah. 2018. “Nilai-Nilai Pendidikan Berbasis Karakter Pada Pendidikan Dasar Dan Menengah.†Jurnal Ilmiah Iqra’ 10(2): 10.

Belladonna, Aprillio Poppy. 2018. “Strengthening Citizenship Education as Legal Education in Higher Education.†ournal of National Awareness Civil Society 4(2): 114–15.

Budi Juliardi. (2016). Pendidikan Kewarganegaraan Untuk Perguruan Tinggi. Depok: Rajawali Pers.

Dianti, Puspa. 2016. “Integrasi Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Untuk Mengembangkan Karakter Siswa.†Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial 23(1): 62.

Juliardi, Budi. 2015. “Implementasi Pendidikan Karakter Melalui Pendidikan Kewarganegaraan.†jurnal Bhinneka Tunggal Ika 2(2): 124–25. https://ejournal.unsri.ac.id/index.php/jb ti/article/download/4581/pdf.

L, Suradi. 2019. “Pendidikan Kewarganegaraan Sebagai Pendidikan Nilai Dan Pendidikan Hukum Dalam Mewujudkan Warga Negara Yang Cerdas Dan Baik (Smart and Good Citizen).†Jurnal Pemikiran dan Penelitian Ilmu-ilmu Sosial, Hukum, & Pengajarannya XIV (2): 115–16.

L. Suradi. (2019). Pendidikan Kewarganegaraan Sebagai Pendidikan Nilai dan Pendidikan Hukum dalam Mewujudkan Negara yang Cerdas dan Baik. Dalam Journal Online Volume XIV (2).

Mardenis. (2019). Pendidikan Kewarganegaraan dalam Rangka Pengembangan Kepribadian Bangsa. Depok: PT Raja Grafindo Persada.

Mustikarini, Indriyana Dwi, and Yoga Ardian Feriandi. 2020. “Konfigurasi Pendidikan Kewarganegaraan Ekologi Perspektif Social Culture.†Jurnal Pancasila Dan Kewarganegaraan 5(2): 56–57.

Octavia, Erna, and M. Anawar Rube’i. 2017. “Penguatan Pendidikan Karakter Berbasis Pancasila Untuk Membentuk Mahasiswa Prodi PPKN Menjadi Warga Negara Yang Baik Dan Cerdas.†Jurnal Pendidikan Sosial 4(1): 114. http://journal.ikippgriptk.ac.id/index.ph p/sosial/article/view/427.

Pangalila, Theodorus. 2017. “PENINGKATAN CIVIC DISPOSITION SISWA MELALUI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN (PKn).†Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, Universitas Lambung Mangkurat 7(1): 93.

Ubaedillah. (2016). Pendidikan Kewarganegaraan (Civic Education) Pancasila, Demokrasi dan Pencegahan Korupsi. Jakarta: Prenadamedia Group.

Zahrudin, Ma’mun, Shalahudin Ismail, and Aan Hasanah. 2020. “PENANAMAN NILAI INTI PENDIDIKAN KARAKTER BERLANDASKAN PANCASILA PADA PESERTA DIDIK DI SEKOLAH.†JPA 21: 170

Downloads

Published

2021-04-14

How to Cite

Galand, P. B. juwita, & Dewi, D. A. (2021). Pendidikan Hukum dan Pendidikan Nilai dalam Mewujudkan Warga Negara yang Baik dan Cerdas melalui Pendidikan Kewarganegaraan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 3(2), 9–19. https://doi.org/10.31004/jpdk.v3i2.1616

Issue

Section

Articles