Peralihan Kurikulum 2013 Menjadi Kurikulum Merdeka Pada Siswa Sma Melalui Inovasi Pendidikan
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.16093Abstract
Sebuah ide, penemuan, atau karya baru di bidang pendidikan yang dapat diterapkan sebagai pembaharuan untuk memajukan tujuan atau memecahkan masalah dikenal sebagai inovasi pendidikan. Inovasi pendidikan dimaksudkan untuk meningkatkan standar dan fokus pada standar tersebut, sehingga memberikan pengajaran yang terbaik bagi anak-anak. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengkaji inovasi yang diterapkan sekolah dalam persiapan peralihan dari kurikulum 2013 ke kurikulum mandiri, dengan fokus pada sumber daya yang dikembangkan dengan menggunakan data dari wawancara lapangan dan berisi informasi dari para guru yang memberikan penyuluhan tentang masalah tersebut. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metodologi kualitatif yang sangat menekankan pada analisis deskriptif. Pendekatan seksptif berusaha menggambarkan peristiwa sebagaimana mestinya pada saat penelitian dilakukan. Menurut hasil wawancara peneliti, peralihan dari kurikulum 2013 ke kurikulum otonom membutuhkan waktu yang tidak sedikit karena keduanya sangat berbeda satu sama lain. Sekolah harus menyiapkan program dan fasilitas yang efektif untuk digunakan oleh siswa dalam rangka mengimplementasikan kurikulum merdeka.Downloads
Published
2023-04-30
How to Cite
Rawi, H. W. ., Salsabila, A. ., Ainun, N. ., Harahap, N. ., Akmalia, R. ., Lubis, S. P. ., & Rachman, S. . (2023). Peralihan Kurikulum 2013 Menjadi Kurikulum Merdeka Pada Siswa Sma Melalui Inovasi Pendidikan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(2), 5969–5976. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.16093
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2023 Hafizah Wichayani Rawi, Adliya Salsabila, Nur Ainun, Nurhayati Harahap, Rizki Akmalia, Selfi Purnama Lubis, Syahvira Rachman
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).