Pentingnya Evaluasi Peserta Didik dalam Proses Pembelajaran

Authors

  • Rizki Akmalia Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Dina Oktapia Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Elsa Elitia Hasibuan Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Irma Tussa’diyah Hasibuan Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Nindya Azzahrah Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Tri Suci Apriani Harahap Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.11661

Abstract

Evaluasi hasil belajar peserta didik adalah suatu proses menentukan nilai prestasi belajar peserta didik dengan menggunakan patokan-patokan tertentu guna mencapai tujuan pembelajaran yang telah ditentukan sebelumnya. Evaluasi dapat mendorong siswa untuk lebih giat belajar secara terus menerus dan juga mendorong guru untuk lebih meningkatkan kualitas proses pembelajaran serta mendorong sekolah untuk lebih meningkatkan fasilitas dan kualitas belajar siswa. Dengan adanya evaluasi, peserta didik dapat mengetahui sejauh mana keberhasilan yang telah dicapai selarna mengikuti pendidikan. Pada kondisi dimana siswa mendapatkan nilai yang mernuaskan, maka akan memberikan dampak berupasuatu stimulus, motivator agar siswa dapat lebih meningkatkan prestasi.

Downloads

Published

2023-01-17

How to Cite

Akmalia, R. ., Oktapia, D. ., Hasibuan, E. E. ., Hasibuan, I. T. ., Azzahrah, N. ., & Harahap, T. S. A. . (2023). Pentingnya Evaluasi Peserta Didik dalam Proses Pembelajaran . Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(1), 4089–4092. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.11661

Most read articles by the same author(s)