Strategi Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di SMP Negri 013 Medan
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.10649Abstract
Penulisan artikel ini dilatarbelakangi oleh tuntutan akan adanya lembaga pendidikan yang berkualitas yang dapat menciptakan sumber daya manusia yang berkualitas. Madrasah Aliyah Hasan Jufri, satu-satunya Madrasah Aliyah dengan jumlah peserta didik terbanyak di Pulau Bawean dituntut perannya untuk mewujudkan harapan tersebut. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Data diambil melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Responden terdiri dari kepala madrasah, wakil kepala madrasah, kepala tata usaha, kepala perpustakaan dan beberapa guru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi peningkatan mutu pendidikan di Madrasah Aliyah Hasan Jufri adalah dengan meningkatkan kualitas guru, meningkatkan prestasi akademik dan non akademik, meningkatkan pencapaian nilai Ujian Nasional dan juga pencapaian Ujian Sekolah. seperti peningkatan sarana dan prasarana. Faktor pendukung dalam peningkatan mutu pendidikan adalah guru pendidikan yang memiliki kualifikasi S1 dan beberapa S2 sesuai dengan mata pelajaran yang diampu, madrasah memiliki program pendidikan dan pembagian tugas yang jelas, infrastruktur, iklim dan lingkungan yang kondusif serta dukungan yang besar dari Yayasan Pondok Pesantren Hasan Jufri . Faktor penghambatnya adalah motivasi belajar siswa yang masih rendah, sumber daya pegawai yang belum maksimal, tingkat kedisiplinan guru yang rendah dan ketersediaan dana yang masih kurang. Upaya yang dilakukan dalam meningkatkan mutu pendidikan adalah dengan mengintensifkan kegiatan bimbingan dan konseling, menciptakan suasana pembelajaran yang menyenangkan, memberikan penghargaan kepada siswa berprestasi, melibatkan staf terkait dalam kegiatan pelatihan, dan menerapkan sistem absensi guru dan karyawan secara elektrik.Downloads
Published
2022-12-25
How to Cite
Rambe, H. ., Siahaan, A. ., Siregar, A. R. ., Sari, M. ., & Akmalia, R. . (2022). Strategi Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di SMP Negri 013 Medan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 12953–12962. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.10649
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 hasian rambe, Amiruddin Siahaan, Asma Rina Siregar, Maulina Sari, Rizki Akmalia
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).