Strategi Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di SMP Negri 013 Medan

Authors

  • Hasian Rambe Universitas Islam Negeri Sumatra Utara
  • Amiruddin Siahaan Universitas Islam Negeri Sumatra Utara
  • Asma Rina Siregar Universitas Islam Negeri Sumatra Utara
  • Maulina Sari Universitas Islam Negeri Sumatra Utara
  • Rizki Akmalia Universitas Islam Negri Sumatra Utara

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.10649

Abstract

Penulisan artikel ini dilatarbelakangi oleh tuntutan akan adanya lembaga pendidikan yang berkualitas yang dapat menciptakan sumber daya manusia yang berkualitas. Madrasah Aliyah Hasan Jufri, satu-satunya Madrasah Aliyah dengan jumlah peserta didik terbanyak di Pulau Bawean dituntut perannya untuk mewujudkan harapan tersebut. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Data diambil melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Responden terdiri dari kepala madrasah, wakil kepala madrasah, kepala tata usaha, kepala perpustakaan dan beberapa guru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi peningkatan mutu pendidikan di Madrasah Aliyah Hasan Jufri adalah dengan meningkatkan kualitas guru, meningkatkan prestasi akademik dan non akademik, meningkatkan pencapaian nilai Ujian Nasional dan juga pencapaian Ujian Sekolah. seperti peningkatan sarana dan prasarana. Faktor pendukung dalam peningkatan mutu pendidikan adalah guru pendidikan yang memiliki kualifikasi S1 dan beberapa S2 sesuai dengan mata pelajaran yang diampu, madrasah memiliki program pendidikan dan pembagian tugas yang jelas, infrastruktur, iklim dan lingkungan yang kondusif serta dukungan yang besar dari Yayasan Pondok Pesantren Hasan Jufri . Faktor penghambatnya adalah motivasi belajar siswa yang masih rendah, sumber daya pegawai yang belum maksimal, tingkat kedisiplinan guru yang rendah dan ketersediaan dana yang masih kurang. Upaya yang dilakukan dalam meningkatkan mutu pendidikan adalah dengan mengintensifkan kegiatan bimbingan dan konseling, menciptakan suasana pembelajaran yang menyenangkan, memberikan penghargaan kepada siswa berprestasi, melibatkan staf terkait dalam kegiatan pelatihan, dan menerapkan sistem absensi guru dan karyawan secara elektrik.

Downloads

Published

2022-12-25

How to Cite

Rambe, H. ., Siahaan, A. ., Siregar, A. R. ., Sari, M. ., & Akmalia, R. . (2022). Strategi Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di SMP Negri 013 Medan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 12953–12962. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.10649

Most read articles by the same author(s)