Mind Mapping Method Dalam Menumbuhkan Creative Thinking Skill Siswa

Authors

  • Ifa Maghfiratul Ula Universitas Islam Zainul Hasan Genggong Probolinggo
  • Mamluatun Ni’mah Universitas Islam Zainul Hasan Genggong Probolinggo
  • Choerul Anwar Badruttamam Universitas Islam Zainul Hasan Genggong Probolinggo

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.14378

Abstract

Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan keberhasilan penggunaan mind mapping method dalam menumbuhkan keterampilan berpikir kreatif pada siswa kelas V Tahfidz MI Nahdlatul Ulama Kraksaan. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah kualitatif dengan jenis studi kasus. Penelitian dilakukan karena untuk mengetahui bagaimana proses pembelajaran dengan menggunakan metode mind mapping terhadap keterampilan berpikir kreatif siswa. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan adanya peningkatan keterampilan berpikir kreatif siswa dari sebelum dan setelah menggunakan metode mind mapping. Hal ini dapat dilihat dari nilai rata-rata presentase yang diperoleh siswa dari sebelum menggunakan metode mind mapping dengan nilai 41,8% yang berada pada kriteria cukup kreatif, terjadi peningkatan setelah menggunakan metode mind mapping menjadi 75,3% pada kriteria sangat kreatif. Hal ini menunjukkan bahwa metode mind mapping dapat menumbuhkan keterampilan berpikir kreatif siswa.

Downloads

Published

2023-04-30

How to Cite

Ula, I. M. ., Ni’mah, M. ., & Badruttamam, C. A. . (2023). Mind Mapping Method Dalam Menumbuhkan Creative Thinking Skill Siswa . Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(2), 5308–5313. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.14378