Pengaruh Pengunaan Media Pembelajaran Strip Story Terhadap Kemampuan Siswa Menulis Teks Fabel Kelas VII SMP Gajah Mada Medan T.A 2022/2023
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.14301Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana pengaruh Media Pembelajran Strip story Terhadap Kemampuan Siswa Menulis Teks Fabel Kelas VII SMP Gajah Mada Medan T.A 2022/2023. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Gajah Mada Medan Tahun 2022/2023 berjumlah 32 siswa – siswi. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan sampel populasi seluruh siswa kelas VII SMP, sehingga diperoleh jumlah sampel sebanyak 32 siswa- siswi. Penelitian ini menggunakan desain eksperimen One - Group Pretest- Posttest Design. Untuk memperoleh data digunakan penugasan menulis teks fabel di kelas VII SMP Gajah Mada Medan menggunakan media pembelajaran Strip Story diperoleh skor terendah 30 dan skor tertinggi 95 dengan rata – rata 72,38 berdasarkan hasil perhitungan yang dilakukan diperoleh Thitung = 5,84 dan Tabel = 2,03. Dengan taraf signifikan 2,03 menuju Thutung > Ttabel Maka hipotesis alternatif (Ha) diterima. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan media pembelajaran strip story berpengaruh terhadap keterampilan menulis teks fabel kelas VII SMP Gajah Mada Medan.Downloads
Published
2023-04-26
How to Cite
Sinaga, R. F. ., Saragih, E. L. ., & Simanjuntak, H. . (2023). Pengaruh Pengunaan Media Pembelajaran Strip Story Terhadap Kemampuan Siswa Menulis Teks Fabel Kelas VII SMP Gajah Mada Medan T.A 2022/2023. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(2), 5166–5174. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.14301
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2023 Rini Febrina Sinaga, Elza L.L. Saragih, Harlen Simanjuntak
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).