Pengaruh Pengunaan Media Pembelajaran Strip Story Terhadap Kemampuan Siswa Menulis Teks Fabel Kelas VII SMP Gajah Mada Medan T.A 2022/2023

Authors

  • Rini Febrina Sinaga Universitas HKBP Nommensen Medan
  • Elza L.L. Saragih Universitas HKBP Nommensen Medan
  • Harlen Simanjuntak Universitas HKBP Nommensen Medan

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.14301

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana pengaruh Media Pembelajran Strip story Terhadap Kemampuan Siswa Menulis Teks Fabel Kelas VII SMP Gajah Mada Medan T.A 2022/2023. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Gajah Mada Medan Tahun 2022/2023 berjumlah 32 siswa – siswi. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan sampel populasi seluruh siswa kelas VII SMP, sehingga diperoleh jumlah sampel sebanyak 32 siswa- siswi. Penelitian ini menggunakan desain eksperimen One - Group Pretest- Posttest Design. Untuk memperoleh data digunakan penugasan menulis teks fabel di kelas VII SMP Gajah Mada Medan menggunakan media pembelajaran Strip Story diperoleh skor terendah 30 dan skor tertinggi 95 dengan rata – rata 72,38 berdasarkan hasil perhitungan yang dilakukan diperoleh Thitung = 5,84 dan Tabel = 2,03. Dengan taraf signifikan 2,03   menuju Thutung > Ttabel Maka hipotesis alternatif (Ha) diterima. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan media pembelajaran strip story berpengaruh terhadap keterampilan menulis teks fabel kelas VII SMP Gajah Mada Medan.

Downloads

Published

2023-04-26

How to Cite

Sinaga, R. F. ., Saragih, E. L. ., & Simanjuntak, H. . (2023). Pengaruh Pengunaan Media Pembelajaran Strip Story Terhadap Kemampuan Siswa Menulis Teks Fabel Kelas VII SMP Gajah Mada Medan T.A 2022/2023. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(2), 5166–5174. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.14301

Most read articles by the same author(s)