Penerapan Program Literasi dan Numerasi Melalui Kampus Mengajar Angkatan 4 di SD Negeri 104215 Sudirejo

Authors

  • Harlen Simanjuntak Universitas HKBP Nommensen
  • Cindi Kristiani Gea Universitas HKBP Nommensen

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.10376

Abstract

Program Kampus Mengajar Angakatan 4 Tahun 2022 adalah salah satu bentuk pelaksanaan pelaksanaan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) yang bertujuan untuk memberdayakan mahasiswa dalam membantu proses pembellajaran di sekolah, salah satunya yaitu SD Negeri 104215 Sudirejo. Tujuan penerapan kampus mengajar angkatan 4 yaitu membantu pihak sekolah dalam menerapkan kegiatan proses mengajar, adaptasi teknologi dan membantu administrasi. Dengan diterapkannya kegiatan kampus mengajar di sekolah diharapkan dapat menumbuhkan kepekaan sosial terhadap permasalahan yang ada, mengasah keterampilan berpikir dan bekerjasama antar guru dan mahasiswa kampus mengajar, mengembangkan wawasan, karakter dan soft skills mahasiswa, meningkatkan kontribusi nyata perguruan tinggi dan mahasiswa dalam pembangunan nasional. Dampak yang dirasakan siswa dan pihak sekolah selama mahasiswa kampus mengajar menerapkan kegiatan kampus mengajar adalah meningkatnya minat belajar siswa dalam pembelajaran literasi dan numerasi. Guru dan mahasiswa kampus mengajar dituntut mampu merancang pembelajaran yang kreatif dan efektif. Mahasiswaa Kampus Mengajar dan guru di sekolah juga bekerjasama menyusun, merapikan dan melengkapi administrasi di sekolah untuk mempermudah sekolah dalam keperluan administrasi sekolah.

Downloads

Published

2022-12-18

How to Cite

Simanjuntak, H. ., & Gea, C. K. . (2022). Penerapan Program Literasi dan Numerasi Melalui Kampus Mengajar Angkatan 4 di SD Negeri 104215 Sudirejo. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 12080–12084. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.10376