Pengaruh Penggunaan Media Sosial Pinterest Terhadap Peningkatan Keterampilan Menulis Teks Deskripsi Pada Siswa Siswi Kelas VII SMP Katolik Trisakti 1 Medan Tahun Pembelajaran 2022/2023

Authors

  • Pria Onedy Marulitua  Sitorus  Universitas HKBP Nommensen Medan
  • Elza L.L. Saragih Universitas HKBP Nommensen Medan
  • Pontas J. Sitorus Universitas HKBP Nommensen Medan

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.13149

Abstract

Tujuan dalam Penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana Pengaruh Penggunaan Media Sosial Pinterest Terhadap Peningkatan Keterampilan Menulis Teks Deskripsi pada Peserta didik. Pupulasi dalam penlitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Katolik Trisakti 1 Medan tahun pembelajaran 2022/2023 berjumlah 155 siswa. Tenik pengambilan sampel dilakukan dengan klustural sampling sederhana,sampel  dibagi menjadi dua kelompok yaitu kelompok kelas ekperimen sebanyak 31 siswa dan kontrol sebayak 31 siswa.sehingga diperoleh jumlah sampel diperoleh sebanyak 62 siswa,penelitian ini menggunakan desain ekperimen posttes-only desaign.untuk memperoleh data digunakan penugasan menulus teks deskripsi dari analisis yang diperoleh kemampuan siswa menulis teks deskripsi di kelas VII SMP Katolik Trisakti 1 Medan menggunakan media sosial pinterestdiperoleh skoe terendah 35  dan skor tertinggi  95 dengan rata-rata 65,8.berdasarkan hasil perhitu ngan yang dilakukan diperoleh thitung =  4,29 dan ttabel = 2,04 dengan taraf singsifikan 2,04 menuju thitung > ttabelmaka hipotesis alternatif (Ha) diterima.berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan media sosial pinterestberpengaruh terhadap keterampilan menulis teks deskripsikelas VII SMP Katolik Trisakti 1 Medan. Kata Kunci: Media Sosial Pinteres, Kemampuan Menulis, Teks Deskripsi.

Downloads

Published

2023-03-22

How to Cite

Sitorus , P. O. M., Saragih, E. L., & Sitorus, P. J. (2023). Pengaruh Penggunaan Media Sosial Pinterest Terhadap Peningkatan Keterampilan Menulis Teks Deskripsi Pada Siswa Siswi Kelas VII SMP Katolik Trisakti 1 Medan Tahun Pembelajaran 2022/2023. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(2), 1592–1606. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.13149