Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi Pada Siswa Kelas IV SD Negeri Pedurungan Kidul 01 Kota Semarang

Authors

  • Fiky Hanaunnadiya Universitas PGRI Semarang
  • Mira Azizah Universitas PGRI Semarang
  • Mei Fita Asri Untari Universitas PGRI Semarang
  • Elis Dwi Purbiyanti SD Negeri Pedurungan Kidul 01 Semarang

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.12884

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis bagaimana implementasi pembelajaran berdiferensiasi siswa kelas IV SDN Pedurungan Kidul Kota Semarang. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif analitis dengan pendekatan kualitatif. Tahapan-tahapan penelitian adalah perencanaan, pelaksanaan, dan refleksi. Hasil dari analisis perencanaan memperoleh hasil data gaya belajar 45% visual, 21% auditori, dan 33% kinestetik.     Implementasi pembelajaran berdiferensiasi menggunakan aspek proses  dilakukan dengan penyampaian materi  yang beragam  melalui video, penjelasan guru , dan praktik.  Respon siswa 80% menunjukkan rasa senang dan bersemangat, karena selain mereka dapat belajar dengan apa yang mereka sukai dan mampu, mereka juga belajar dengan apa yang dimampui dan disukai oleh teman-teman yang lainnya.  Kemudian hasil dari soal evaluasi sebagai assesmen sumatif 77% siswa tuntas dalam pemahaman materi yang diberikan. Sedangkan  13% lainnya masih membutuhkan bantuan untuk menyesuaikan dengan kondisi kemampuan belajar peserta didik.

Downloads

Published

2023-03-14

How to Cite

Hanaunnadiya, F. ., Azizah, M. ., Untari, M. F. A. ., & Purbiyanti, . E. D. . (2023). Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi Pada Siswa Kelas IV SD Negeri Pedurungan Kidul 01 Kota Semarang. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(2), 678–685. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.12884

Most read articles by the same author(s)