Analisis Perkembangan Sosial Emosional Peserta Didik Kelas IVA SDN Karanganyar Gunung 02

Authors

  • Mega Aldila Kharisma Putri Universitas PGRI Semarang
  • Harto Nuroso Universitas PGRI Semarang
  • Iin Purnamasari Universitas PGRI Semarang
  • Siti Kusniati Universitas PGRI Semarang

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.13089

Abstract

Perkembangan sosial emosional adalah suatu proses dimana anak (peserta didik) belajar untuk dapat beradaptasi dalam memahami situasi dan emosi ketika berinteraksi dengan orang yang ada di sekitarnya. Perkembangan sosial emosional peserta didik sekolah dasar penting untuk diketahui agar proses pembelajaran yang dilaksanakan dapat berjalan dengan baik. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perkembangan sosial emosional pada peserta didik kelas IVA SDN Karanganyar Gunung 02. Metode penelitian yang digunakan yaitu kualitatif diskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan wawancara, observasi dan pengisian kuesioner. Hasil penelitian menunjukkan peserta didik yang mempunyai perkembangan sosial emosional yang baik, maka akan menunjukkan sikap peduli, partisipasi, komunikasi, interakti dan tentunya memiliki rasa percaya diri. Perkembangan sosial dan merupakan satu kesatuan yang tidak dapat dipisahkan. Karena perkembangan emosi sanagat berhubungan dengan perkembangan sosial anak. Dan juga sebaliknya, perkembangan sosial harus melihatkan aspek emosional sebab keduanya terintegrasi dalam bingkai kejiwaan yang utuh.

Downloads

Published

2023-03-20

How to Cite

Kharisma Putri, M. A. ., Nuroso, H. ., Purnamasari, I. ., & Kusniati, S. . (2023). Analisis Perkembangan Sosial Emosional Peserta Didik Kelas IVA SDN Karanganyar Gunung 02. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(2), 1208–1216. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.13089

Most read articles by the same author(s)