Analisis Model PJBL Dalam Dimensi Kreatif Profil Pelajar Pancasila Pada Peserta Didik Kelas IV SDN Pandean Lamper 04 Semarang

Authors

  • Umi Fadhilah Universitas PGRI Semarang
  • Mira Azizah Universitas PGRI Semarang
  • Fenny Roshayanti Universitas PGRI Semarang
  • Susi Handayani SDN Pandean 04 Semarang

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.14118

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu mendeskripsikan bagaimana implementasi model Project Based Learning (PjBL) dalam dimensi kreatif profil pelajar pancasila pada peserta didik kelas IV di SDN Pandean Lamper 04 Semarang. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas IV SDN Pandean Lamper 04 Semarang yang berjumlah 25. Hasil penelitian menunjukan bahwa model pembelajaran PjBL dapat diimplementasikan dalam dimensi kreatif profil pelajar pancasila. Berdasarkan hasil observasi, masing-masing elemen pada dimensi kreatif rata-rata menunjukkan hasil yang signifikan yaitu dengan Kriteria Berkembang Sesuai Harapan. Model pembelajaran PjBL sangat membantu dalam kegiatan Projek Penguatan Profil Pancasila (P5), terutama pada dimensi kreatif. Melalui sintak pembelajarannya peserta didik dapat mengembangkan kreativitasnya dalam penguatan dimensi kreatif, selain itu peserta didik tidak merasa bosan dalam pembelajaran dan dapat mengeksplor pembelajaran yang ada pada lingkungan sekitarnya.

Downloads

Published

2023-04-16

How to Cite

Fadhilah, . . U. ., Azizah, M. ., Roshayanti, . F. ., & Handayani, S. . (2023). Analisis Model PJBL Dalam Dimensi Kreatif Profil Pelajar Pancasila Pada Peserta Didik Kelas IV SDN Pandean Lamper 04 Semarang. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(2), 4435–4440. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.14118