Merubah Pandangan Siswa yang Menganggap Pembelajaran PKn Membosankan Menjadi Pembelajaran PKn Yang Menyenangkan

Authors

  • Rora Rizki Wandini Universitas Islam Negri Sumatra Utara
  • Dedek Alwina Sipahutar Universitas Islam Negri Sumatra Utara
  • Indi Rahmawati Universitas Islam Negri Sumatra Utara
  • Rahmi Diah Universitas Islam Negri Sumatra Utara
  • Sulistia Harpani Universitas Islam Negri Sumatra Utara

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5557

Abstract

Tulisan ini bertujuan untuk merubah pandangan siswa mengenai pembelajaran PKN  yang dimana siswa sering menganggap pembelajaran PKN sangat membosankan. Dan juga banyak siswa yang cenderung kurang menyukai pembelajaran PKN karena pembelajaran pkn yang cenderung banyak hafalan, sulit, gurunya galak, membosankan, dan guru sering menggunakan metode ceramah yang membuat pembelajaran kurang menarik. Jadi ada beberapa solusi agar pembelajaran pkn menjadi lebih menyenangkan dan tidak membuat peserta didik cepat bosan dan jenuh, yaitu bisa menggunakan strategi seperti strategi inquiry, strategi ekspository, startegi berbasis masalah, strategi kooperatif dan strategi inovatif. Lalu ada beberapa model pembelajaran yang juga bisa dicoba guru dalam pembelajaran pkn seperti model pembelajaran kontekstual, model pembelajaran PAIKEM, dan model pembelajaran Kooperatif.  Lalu yang kita ketahui bahwa siswa-siswi khusunya Sekolah Dasar masih cenderung menyukai bermain, sehingga alangkah baiknya jika pembelajaran dilakukan secara lebih menarik yang membuat siswa bisa lebih aktif dan kreatif, yaitu dengan dilakukan belajar diluar sekolah, cara ini bisa dilakukan guru dalam proses pembelajaran agar siswa pun bisa terjun langsung dan melihat secara langsung materi pembelajaran yang akan mereka pelajari,  maka dengan itu siswa akan lebih cepat menangkap atau menyerap suatu pembelajaran yang diberikan, dan secara otomatis rasa keingintahuan mereka akan muncul dengan sendirinya, dan juga mereka bisa menjadi lebih aktif, apalagi dalam pembelajaran PKN erat kaitanya dengan kehidupan masyarakat sehingga strategi ini bisa dipraktekan atau dicoba oleh pendidik.

Downloads

Published

2022-07-21

How to Cite

Wandini, R. R. ., Sipahutar, D. A. ., Rahmawati, I. ., Diah, R. ., & Harpani, S. . (2022). Merubah Pandangan Siswa yang Menganggap Pembelajaran PKn Membosankan Menjadi Pembelajaran PKn Yang Menyenangkan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(4), 1489–1496. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5557