Merubah Pandangan Siswa yang Menganggap Pembelajaran PKn Membosankan Menjadi Pembelajaran PKn Yang Menyenangkan
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5557Abstract
Tulisan ini bertujuan untuk merubah pandangan siswa mengenai pembelajaran PKN yang dimana siswa sering menganggap pembelajaran PKN sangat membosankan. Dan juga banyak siswa yang cenderung kurang menyukai pembelajaran PKN karena pembelajaran pkn yang cenderung banyak hafalan, sulit, gurunya galak, membosankan, dan guru sering menggunakan metode ceramah yang membuat pembelajaran kurang menarik. Jadi ada beberapa solusi agar pembelajaran pkn menjadi lebih menyenangkan dan tidak membuat peserta didik cepat bosan dan jenuh, yaitu bisa menggunakan strategi seperti strategi inquiry, strategi ekspository, startegi berbasis masalah, strategi kooperatif dan strategi inovatif. Lalu ada beberapa model pembelajaran yang juga bisa dicoba guru dalam pembelajaran pkn seperti model pembelajaran kontekstual, model pembelajaran PAIKEM, dan model pembelajaran Kooperatif. Lalu yang kita ketahui bahwa siswa-siswi khusunya Sekolah Dasar masih cenderung menyukai bermain, sehingga alangkah baiknya jika pembelajaran dilakukan secara lebih menarik yang membuat siswa bisa lebih aktif dan kreatif, yaitu dengan dilakukan belajar diluar sekolah, cara ini bisa dilakukan guru dalam proses pembelajaran agar siswa pun bisa terjun langsung dan melihat secara langsung materi pembelajaran yang akan mereka pelajari, maka dengan itu siswa akan lebih cepat menangkap atau menyerap suatu pembelajaran yang diberikan, dan secara otomatis rasa keingintahuan mereka akan muncul dengan sendirinya, dan juga mereka bisa menjadi lebih aktif, apalagi dalam pembelajaran PKN erat kaitanya dengan kehidupan masyarakat sehingga strategi ini bisa dipraktekan atau dicoba oleh pendidik.Downloads
Published
2022-07-21
How to Cite
Wandini, R. R. ., Sipahutar, D. A. ., Rahmawati, I. ., Diah, R. ., & Harpani, S. . (2022). Merubah Pandangan Siswa yang Menganggap Pembelajaran PKn Membosankan Menjadi Pembelajaran PKn Yang Menyenangkan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(4), 1489–1496. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5557
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Rora Rizki Wandini, Dedek Alwina Sipahutar, Indi Rahmawati, Rahmi Diah, Sulistia Harpani
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).