Meningkatkan Pemahaman Siswa terhadap Materi Perubahan Wujud Benda pada Pembelajaran Tematik
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i3.4998Abstract
Pendidikan memegang peran penting dalam kehidupan manusia, sebab dapat menghasilkan generasi penerus yang berkualitas. Yaitu sumber daya manusia yang kreatif, inovatif dan berjiwa sosial tinggi, serta mampu beradaptasi dengan perubahan dunia yang menuntut perubahan signifikan dari dunia pendidikan. Inilah mengapa dunia pendidikan terus berkembang maju untuk menghasilkan lulusan yang memili kemampuan yang bisa bersaing dalam dunia global. Salah satunya ada dengan menggunakan metode eksperimen atau percobaan yang memiliki tujuan agar siswa lebih mudah menerima materi yang disampaikan dengan yang dipaparkan sehingga siswa mampu memahami dengan baik pelajaran tentang perubahan sifat dan wujud benda pada materi pokok perubahan sifat dan wujud benda dengan beberapa percobaan. Hasil penelitian dalam penelitian ini adalah bahwa terjadi perkembangan kemampuan reflektif mahasiswa. Respon dari mahasiswa memperlihatkan antusiasme dan termotivasinya mereka dalam mengembangkan pemahaman dan keterampilan mereka sebagai seorang calon guru dalam bidang Ilmu Pengetahuan Alam. Penelitian ini merekomendasikan untuk memanfaatkan Jurnal Perkuliahan sebagai media dan strategi pembelajaran sekaligus inovasi dalam perkuliahan.dalam proses ini agar siswa lebih mudah menerima materi yang disampaikan dengan proses yang dipaparkan sehingga siswa mampu memahami dengan baik pelajaran tentang perubahan sifat dan wujud benda.Published
2022-06-27
How to Cite
Wandini, R. R. ., Sitepu, S. B. ., Zairima, E., Harahap, W. A. ., & Fatimaturradhu, F. (2022). Meningkatkan Pemahaman Siswa terhadap Materi Perubahan Wujud Benda pada Pembelajaran Tematik. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(3), 1978–1981. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i3.4998
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Rora Rizki Wandini, Sripiyani Br Sitepu ,Elza Zairima, Widya Aprisah Harahap, Fatimaturradhu
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).