Meningkatkan Pemahaman Siswa terhadap Materi Perubahan Wujud Benda pada Pembelajaran Tematik

Authors

  • Rora Rizki Wandini Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Sripiyani Br Sitepu Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Elza Zairima Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Widya Aprisah Harahap Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Fatimaturradhu Fatimaturradhu Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i3.4998

Abstract

Pendidikan memegang peran penting dalam kehidupan manusia, sebab dapat menghasilkan generasi penerus yang berkualitas. Yaitu sumber daya manusia yang kreatif, inovatif dan berjiwa sosial tinggi, serta mampu beradaptasi dengan perubahan dunia yang menuntut perubahan signifikan dari dunia pendidikan. Inilah mengapa dunia pendidikan terus berkembang maju untuk menghasilkan lulusan yang memili kemampuan yang bisa bersaing dalam dunia global. Salah satunya ada dengan menggunakan metode eksperimen atau percobaan yang memiliki tujuan agar siswa lebih mudah menerima  materi yang disampaikan dengan yang dipaparkan sehingga siswa mampu memahami dengan baik pelajaran tentang perubahan sifat dan wujud benda pada materi  pokok perubahan sifat dan wujud benda dengan beberapa percobaan. Hasil penelitian dalam penelitian ini adalah bahwa terjadi perkembangan kemampuan reflektif mahasiswa. Respon dari mahasiswa memperlihatkan antusiasme dan termotivasinya mereka dalam mengembangkan pemahaman dan keterampilan mereka sebagai seorang calon guru dalam bidang Ilmu Pengetahuan Alam. Penelitian ini merekomendasikan untuk memanfaatkan Jurnal Perkuliahan sebagai media dan strategi pembelajaran sekaligus inovasi dalam perkuliahan.dalam proses ini agar siswa lebih mudah menerima materi yang disampaikan dengan proses yang dipaparkan sehingga siswa mampu memahami dengan baik pelajaran tentang perubahan sifat dan wujud benda.

Published

2022-06-27

How to Cite

Wandini, R. R. ., Sitepu, S. B. ., Zairima, E., Harahap, W. A. ., & Fatimaturradhu, F. (2022). Meningkatkan Pemahaman Siswa terhadap Materi Perubahan Wujud Benda pada Pembelajaran Tematik. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(3), 1978–1981. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i3.4998