Implementasi Layanan Bimbingan Kelompok Dalam Membentuk Kepribadian Siswa MAN 2 Kota Semarang

Authors

  • Amalia Kesuma Dewi Lia Author
  • Siti Fitriana Univeirsitas PGRI Seimarang
  • Tsalitsia Urfy Maretha MAN 2 Kota Semarang

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.13721

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana layanan bimbingan kelompok, aspek perkembangan, capaian layanan, tujuan umum pemberian layanan, metode pemberian layanan dan muatan materi layanan bimbingan kelompok di kelas XII IPS 1 MAN 2 Semarang. Metode penelitian yang digunakan ialah deskriptif kualitatif, informan penelitian berjumlah 6 anggota kelompok dan 1 pemimpin kelompok dengan Teknik pengumpulan data menggunakan Teknik wawancara data dianalisis dengan menggunakan reduksi data, penyajian data (data display) dan kesimpulan serta data yang terkumpul dicek keabsahannya dengan menggunakan triangulasi sumber. Berdasarkan hasil penelitian ditemukan adanya pembentukan kepribadian melalui program bimbingan kelompok. Terlihat dari layanan yang dijalankan yaitu adanya aspek perkembangan yaitu landasan perilaku etis, capaian layanan siswa dapat mengenal sistem etika dan nilai-nilai bagi pedoman hidup sebagai pribadi, anggota masyarakat dan umat manusia, tujuan umum pemberian layanan peserta didik mampu mengekspresikan perasaan dalam cara-cara yang bebas, terbuka dan tidak menimbulkan konflik, metode yang diberikan dalam layanan bimbingan kelompok ialah problem based learning, dengan muatan materi layanan yaitu berkenaan dengan kepribadian (personality). Jadi dari pemberian layanan bimbingan kelompok yang telah diberikan oleh pemimpin kelompok mampu membentuk kepribadian dalam diri siswa yang telah mengikuti layanan bimbingan kelompok. Kata Kunci: Kepribadian, Bimbingan Kelompok.

Downloads

Published

2023-04-13

How to Cite

Lia, A. K. D., Fitriana, S. ., & Maretha, T. U. . (2023). Implementasi Layanan Bimbingan Kelompok Dalam Membentuk Kepribadian Siswa MAN 2 Kota Semarang. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(2), 4192–4195. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.13721

Most read articles by the same author(s)