Pengelolaan Sarana dan Prasarana Dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran di PAUD Sehati Desa Lubuk Ketepeng Kecamatan Jejawi Oki

Authors

  • Siti Nurhamidah Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang
  • Leny Marlina Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang
  • Fahmi Fahmi Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.13679

Abstract

Judul penelitian ini adalah Pengelolaan Sarana dan Prasarana Dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Di Paud Sehati Desa Lubuk Ketepeng Kecamatan Jejawi OKI. Penelitian ini dilatar belakangi sarana dan prasarana sebagai penunjang kegitan pembelajaran yang masih terbatas, dapat dilihat dari keadaan sarana dan prasarana yang belum memenuhi standar sarana dan prasarana (STTPA) yang ada di PAUD. Jenis penelitian ini kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Objek dari penelitian ini pengelolaansarana dan prasarana di PAUD Sehati, sedangkan subjek dari penelitian yaitu Kepala Sekolah, Guru dan Wali murid. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.  Hasil penelitian adalah Pengelolaan sarana prasarana di PAUD Sehati terdapat enam pengelolaan yaitu Perencanaan sarana prasarana, Pengadaaan sarana prasarana, Penetapan dan Pelaksanaan sarana prasarana, Pengendalian sarana prasarana, Pemeliharaan sarana prasarana dan pengahapusan sarana prasarana. semua berjalan dengan baik sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai. Dalam meningkatkan kualitas pembelajarannya berfokus pada pengelolaan yang baik melalui proses perencanaan hingga penghapusan diharapkan dapat meningkatkan kualitas pembelajaran.

Downloads

Published

2023-04-05

How to Cite

Nurhamidah, S., Marlina, L., & Fahmi, F. (2023). Pengelolaan Sarana dan Prasarana Dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran di PAUD Sehati Desa Lubuk Ketepeng Kecamatan Jejawi Oki. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(2), 2681–2687. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.13679

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>