Penerapan Kebijakan Layanan Perpustakaan Digital Di Medan Pada Masa Covid-19

Authors

  • Fajar Masriadji Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan
  • Irwansyah Irwansyah Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.13283

Abstract

Pandemi Covid-19 menjadikan segala aktivitas menjadi terbatas, termasuk aktivitas di perpustakaan. Layanan yang ada di perpustakaan dibatasi, layanan tidak lagi dilakukan secara langsung tetapi dirubah isecara ionline. Di masa pandemi ini, layanan online atau layanan digital dinilai cocok untuk memberikan layanan informasi kepada masyarakat luas. Adanya koleksi digital dan ketersediaan layanan elektronik (e-resouces) sangat membantu dan dibutuhkan oleh pemustaka, karena pemustaka bisa mengakses informasi perpustakaan tanpa harus berkunjung ke perpustakaan secara langsung dan tanpa batasan waktu karena bisa diakses selama 24 jam. Subjek yang diambil dari observasi ini adalah penerapan kebijakan Perpustakaan Daerah Sumatera Utara. Perpustakaan ini memiliki aplikasi yaitui“Silabus Dapu”. Aplikasi ini dapat diakses dari situs web yang dimiliki Perpustakaan Daerah. Aplikasi ini dapat digunakan untuk meminjam e-book yang ada di aplikasi tanpa harus datang ke perpustakaan. Data yang digunakan diperoleh dengan cara wawancara dan diolah secara kualitatif. Adanya aplikasi layanan online “Silabus Dapu”, pengguna dapat mengakses layanan tersebut dimanapun dan kapanpun karena Perpustakaan digital tidak dibatasi oleh ruang dan waktu. Mengakses perpustakaan digital dapat dilakukan sangat mudah dan tidak membutuhkan tenaga dan waktu untuk memanfaatkan.

Downloads

Published

2023-04-08

How to Cite

Masriadji, F. ., & Irwansyah, I. (2023). Penerapan Kebijakan Layanan Perpustakaan Digital Di Medan Pada Masa Covid-19. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(2), 3093–3103. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.13283