Penanaman Nilai-Nilai Profil Pelajar Pancasila Melalui Pembelajaran Berbasis Project Based Learning Di SDN Pedurungan Kidul 01 Semarang

Authors

  • Siti Fatimah Dwi Husadati Universitas PGRI Semarang
  • Ferina Agustini Universitas PGRI Semarang
  • Joko Siswanto Universitas PGRI Semarang
  • Novemy Kanitri SDN Pedurungan Kidul 01 Semarang

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.13053

Abstract

Tujuan penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Penanaman Nilai-nilai Profil Pelajar Pancasila melalui pembelajaran berbasis project based learning di SDN Pedurungan Kidul 01 Semarang. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan partisipan peserta didik kelas 1B dan guru. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, dokumentasi dan wawancara. Teknik analisis data dilakukan dengan tahapan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.  Penanaman Nilai-nilai Profil Pelajar Pancasila melalui pembelajaran berbasis project based learning dilakukan dengan mengajak peserta didik untuk belajar bersama menghasilkan suatu produk nyata. Produk yang dihasilkan seperti berbagi makanan, menanam kangkung secara hidroponik, mewarnai, membuat bangun datar, dan menulis huruf latin.  Pelaksanaan projek dilakukan di luar kelas setiap hari jumat sebagai wujud penanaman profil pelajar pancasila/ P5.

Downloads

Published

2023-03-19

How to Cite

Husadati, . S. F. D., Agustini, F. ., Siswanto, J., & Kanitri, N. . (2023). Penanaman Nilai-Nilai Profil Pelajar Pancasila Melalui Pembelajaran Berbasis Project Based Learning Di SDN Pedurungan Kidul 01 Semarang. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(2), 1148–1155. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.13053

Most read articles by the same author(s)