Efektivitas Penggunaan Multimedia Interaktif Terhadap Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas 4 SDN Pedurungan Kidul 01 Semarang

Authors

  • Yunita Indriana Universitas PGRI Semarang
  • Ngurah Ayu Nyoman M Universitas PGRI Semarang
  • Mei Fita Asri Untari Universitas PGRI Semarang
  • Elis Dwi Purbiyanti 4 SDN Pedurungan Kidul 01 Semarang

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.13049

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan untuk mendeskripsikan penerapan multimedia interaktif dalam meningkatkan hasil belajar mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas 4 SDN Pedurungan Kidul 01 Semarang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan desain Quasy Experimental Design dengan model one group pretest posttest design. Populasi dari penelitian ini seluruh peserta didik kelas 4 SDN Pedurungan Kidul 01 Semarang. Sampel yang diambil semua peserta didik kelas 4 SDN Pedurungan Kidul 01 Semarang yang berjumlah 27 peserta didik. Berdasarkan hasil perhitungan uji hipotesis diperoleh nilai t hitung = 18.949 dengan (dk) N-1= 27-1 dengan signifikan = 10,2% (0,102) di dapat t tabel  = 2,777. Dikarenakan t hitung (18,949)  >  t tabel  (2,777). Maka dapat dikatakan Ho ditolak dan Ha diterima. Artinya ada perbedaan rata-rata yang signifikan hasil belajar kognitif peserta didik pada pretest dan posttest. Berdasarkan hasil perhitungan diperoleh gain 0,61 artinya peserta didik mengalami peningkatan hasil belajar dengan kategori sedang. Dengan kenaikan ketuntasan pretest dan posttest sebesar 27,41%, maka multimedia interaktif efektif terhadap peningkatan hasil belajar kognitif peserta didik pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas 4 SDN Pedurungan Kidul 01 Semarang

Downloads

Published

2023-03-19

How to Cite

Indriana, . . Y., M, N. A. N. ., Untari , M. F. A. ., & Purbiyanti , E. D. . (2023). Efektivitas Penggunaan Multimedia Interaktif Terhadap Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas 4 SDN Pedurungan Kidul 01 Semarang. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(2), 1123–1127. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.13049

Most read articles by the same author(s)