Pengaruh Penggunaan Model Quantum Learning Terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik Pada Pembelajaran Tematik Integratif Kelas IV SD Negeri Karangpelem 01 Kecamatan Kedawung Kabupaten Sragen Tahun Pelajaran 2021/2022

Authors

  • Berliana Rahmadila Universitas Slamet Riyadi
  • Sri Hartini Universitas Slamet Riyadi Surakarta
  • Oktiana Handini Universitas Slamet Riyadi Surakarta

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.11672

Abstract

Tujuan  penelitian  ini  adalah  untuk  mengetahui  adakah  pengaruh  penggunaan  model  Quantum  Learning  terhadap  motivasi  belajar  peserta  didik  pada  pembelajaran  tematik  integratif  di  kelas  IV  SD N  Karangpelem  01  Kecamatan  Kedawung  Kabupaten  Sragen  Tahun  Pelajaran  2021/2022. Jenis  penelitian  ini  adalah  penelitian kuantitatif dengan jenis pre-experimental design. Desain yang digunakan penelitian ini adalah one group preangket-postangket design. Populasi dan sampel pada penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas IV SD N Karangpelem 01 Kedawung Sragen yang berjumlah 30 peserta didik yang terdiri dari 14 perempuan dan 16 laki-laki. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, angket, dan dokumentasi. Uji coba penelitian  ini  dilaksanakan  di  SD  Negeri  Karangpelem  01  Kedawung  Sragen. Uji coba instrumen menggunakan uji validitas  dan uji reliabilitas. Untuk teknik analisis data yaitu menggunakan uji normalitas dan uji hipotesis uji paired sample t-test. Berdasarkan  hasil  penelitian diketahui nilai rata-rata hasil preangket sebesar 62,07 dan nilai rata-rata hasil postangket sebesar 68,23. Diperoleh hasil  thitung  =  4,494  lebih  besar  dari  ttabel  pada  taraf  signifikan  5%  yaitu    2,045.  Jika  dibandingkan  maka  hasilnya  4,494 > 2,045  sehingga  menunjukkan  bahwa  hipotesis  Nol  (Ho)  ditolak  dan  (Ha)  diterima.  Maka  dinyatakan  “Ada  Pengaruh  Penggunaan  Model  Quantum  Learning  Terhadap  Motivasi  Belajar  Peserta  Didik  didik  Pada  Pembelajaran  Tematik  Integratif  Kelas  IV  SD  Negeri  Karangpelem  01  Kecamatan  Kedawung  Kabupaten  Sragen  Tahun  Pelajaran  2021/2022”. Kata Kunci: Model  Pembelajaran  Quantum  Learning,  Motivasi  Belajar,  Tematik  Integratif.

Downloads

Published

2023-01-21

How to Cite

Rahmadila, B., Hartini, S. ., & Handini, O. . (2023). Pengaruh Penggunaan Model Quantum Learning Terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik Pada Pembelajaran Tematik Integratif Kelas IV SD Negeri Karangpelem 01 Kecamatan Kedawung Kabupaten Sragen Tahun Pelajaran 2021/2022. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(1), 5060–5068. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.11672

Most read articles by the same author(s)