Pengembangan Model Pembelajaran Berdiferensiasi Berbasis Nilai Karakter dalam Kearifan Lokal pada perspektif Pendidikan Global di Sekolah Dasar

Authors

  • Yanti Yandri Kusuma Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai
  • Sumianto Sumianto Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai
  • Iis Aprinawati Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.11446

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi tentang pengembangan model pembelajaran berdiferensiasi adalah ketika proses pembelajaran guru menggunakan beragam cara agar murid dapat mengeksploitasi isi kurikulum, guru juga memberikan beragam kegiatan yang masuk akal sehingga murid dapat mengerti dan memiliki informasi atau ide, serta guru memberikan beragam pilihan di mana murid dapat mendemonstrasikan apa yang mereka pelajari. Contoh kelas yang belum menerapkan pembelajaran berdiferensiasi adalah guru lebih memaksakan kehendaknya sendiri. Guru tidak memahami minat, dan keinginan murid. Kebutuhan belajar murid tidak semuanya terenuhi karena ketika proses pembelajaran menggunakan satu cara yang menurut guru sudah baik, guru tidak memberikan beragam kegiatan dan beragam pilihan. Tujuan penelitian ini untuk mengupaya menciptakan peserta didik yang unggul dan mampu berdaya saing secara global sesuai dengan gaya belajar, minat, dan keunggulan yang ada dalam diri peserta didik. Guru juga dapat memodifikasi isi pelajaran, proses pembelajaran, produk atau hasil dari pembelajaran yang diajarkan, dan lingkungan belajar dimana peserta didik belajar Pembelajaran ini adalah bentuk bantuan yang diberikan oleh pengajar sehingga siswa memperoleh ilmu pengetahuan, kemahiran dan membentuk sikap serta kepercayaan. Terdapat empat teori pembelajaran yang dapat diterapkan oleh guru profesional dalam kegiatan belajar mengajar. Teori tersebut diantaranya adalah behavioristik, kognitivisme, humanistic dan sosial. Dalam teori behavioristik hasil dari proses belajar berupa perubahan sikap dan perilaku siswa, dalam artian perubahan terjadi karena proses pembelajaran bukan dari pendewasaan dalam diri siswa. Metode penelitian yang digunakan di dalam penelitian ini, adalah metode Reasearch and Development (R & D) adalah suatu jenis penelitian yang membuat atau mengembangakan produk baru dengan menggunakan Langkah-langkah tertentu (Mulyana, 2020). Hal ini senada dengan pendapat (Hanafi, 2017) menyatakan bahwa Penelitian R & D merupakan metode penelitian yang menghasilkan suatubarangdan kemudian di uji keefektifannya. Hasil penelitian ini Dapat disintesiskan penelitian pengembangan model berdiferensiasi merupakan pembelajaran mencampurkan perbedaan- perbedaan untuk mendapatkan informasi atau ide yang didapatkan oleh siswa sekolah Dasar, peran guru sangat penting dalam pembelajaran berdiferensiasi sehingga mempengaruhi motivasi dalam memberikan kebutuhan siswa, serta mampu membangun keharmonisan bagi siswa dan guru.

Downloads

Published

2023-01-13

How to Cite

Kusuma, Y. Y. ., Sumianto, S., & Aprinawati, I. . (2023). Pengembangan Model Pembelajaran Berdiferensiasi Berbasis Nilai Karakter dalam Kearifan Lokal pada perspektif Pendidikan Global di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(1), 2936–2941. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.11446

Most read articles by the same author(s)