Pengembangan LKPD Berbasis Kearifan Lokal Kota Pontianak Pada Tema 3 Sub Tema 1 Pembelajaran 4 Kelas V SDN 36 Pontianak Kota

Authors

  • Indah Sauliyah Universitas Tanjungpura Pontianak
  • Hery Kresnadi Universitas Tanjungpura Pontianak
  • Dyoty Auliya Vilda Ghasya Universitas Tanjungpura Pontianak
  • Suparjan Universitas Tanjungpura Pontianak
  • Rio Pranata Universitas Tanjungpura Pontianak

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.11246

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk LKPD Berbasis Kearifan Lokal yang valid dan praktis untuk digunakan. Penelitian ini menggunakan pendekatan Research and Development (R&D) dengan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation). Sumber data dalam penelitian ini adalah 27 peserta didik kelas V SDN 36 Pontianak Kota. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah wawancara, angket, dan dokumentasi. Validitas LKPD dari hasil uji coba memperoleh kriteria “Sangat Valid”, yaitu pada aspek materi memperoleh rata-rata 4,57, pada aspek desain memperoleh rata-rata 4,57, pada aspek bahasa memperoleh rata-rata 4,6. Kepraktisan LKPD dari hasil uji coba memperoleh kriteria “Sangat Praktis” yaitu memperoleh rata-rata 4,49. Berdasarkan hasil uji coba produk LKPD Berbasis Kearifan Lokal dinyatakan sangat valid dan praktis untuk digunakan sebagai media alternatif dalam proses pembelajaran.

Downloads

Published

2023-01-10

How to Cite

Sauliyah, I., Kresnadi, H. ., Auliya Vilda Ghasya, D., Suparjan, & Pranata, R. (2023). Pengembangan LKPD Berbasis Kearifan Lokal Kota Pontianak Pada Tema 3 Sub Tema 1 Pembelajaran 4 Kelas V SDN 36 Pontianak Kota. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(1), 2233–2238. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.11246