Penerapan Kurikulum Merdeka Belajar pada Satuan Pendidikan Jenjang SMP

Authors

  • Ari Anggara Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
  • Amini Amini Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
  • Faridah Faridah Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
  • Maria Siregar Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
  • Muhammad Faraiddin Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
  • Nila Syafrida Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.11241

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan kurikulum merdeka belajar di satuan Pendidikan. Yang menjelaskan mengenai Penerapan Kuirkulum Merdeka Belajar Di Satuan Pendidikan dengan menggunakan Metode Deskriptif. Bentuk struktur kurikulum Merdeka terdiri dari kegiatan intrakurikuler, projek penguatan profil pelajar Pancasila, dan ekstrakurikuler. Alokasi jam pelajaran pada struktur kurikulum dituliskan secara total dalam satu tahun dan dilengkapi dengan saran alokasi jam pelajaran jika disampaikan secara reguler/mingguan. Tidak ada perubahan total jam pelajaran, hanya saja JP (jam pelajaran) untuk setiap mata pelajaran dialokasikan untuk dua kegiatan pembelajaran yaitu pembelajaran intrakurikuler dan projek penguatan profil pelajar Pancasila. Jadi, jika dihitung JP kegiatan belajar rutin di kelas (intrakurikuler) saja, memang seolah-olah JP-nya berkurang dibandingkan dengan Kurikulum 2013. Namun, selisih jam pelajaran tersebut dialokasikan untuk projek penguatan profil Pelajar Pancasila.

Downloads

Published

2023-01-09

How to Cite

Anggara, A. ., Amini, A., Faridah, F., Siregar, M. ., Faraiddin, M. ., & Syafrida, N. . (2023). Penerapan Kurikulum Merdeka Belajar pada Satuan Pendidikan Jenjang SMP. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(1), 1899–1904. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.11241

Most read articles by the same author(s)