Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Komitmen Guru terhadap Prestasi Belajar Siswa SMP Negeri 5 Satu Atap Kerajaan Pardomuan
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.11236Abstract
Kepemimpinan kepala sekolah menjadi faktor utama bagi keberhasilan sistem administrasi, manajemen, dan akademik di sekolah. Sebab, kepemimpinan kepala sekolah berpengaruh erat terhadap komunikasi antar pengelola sekolah, hingga bentuk pengambilan keputusan. Tentu, kepala sekolah dan guru harus berdampingan dalam mencapai tujuan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh kepemimpinan kepala sekolah dan komitmen guru terhadap prestasi belajar siswa SMP Negeri 5 Satu Atap Kerajaan Pardomuan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, mengumpulkan data melalui angket, kuesioner, dan studi dokumen. Selanjutnya, data penelitian akan diolah menggunakan SPSS versi 20. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa pengaruh kepemimpinan kepala sekolah dan komitmen guru terhadap prestasi belajar siswa SMP Negeri 5 Satu Atap Kerajaan Pardomuan sudah dapat dikatakan baik, terlihat dari rules manajerial yang dilakukan sekolah mulai dari memanajemen komitmen guru-guru dan siswa, hingga memanajemen seluruh kegiatan sekolah dan kegiatan pembelajaran yang ter perinci dengan didukung fasilitas belajar yang sangat memadai. Seyogianya dalam mengejar ketertinggalan dalam hal learning loss memang dibutuhkan waktu dalam pencapaiannya. Namun warga sekolah baik dari kepala sekolah, guru-guru dan peserta didik memiliki komitmen yang kuat untuk mengejar ketertinggalan yang terjadi.Downloads
Published
2023-01-09
How to Cite
Sihite, M. ., Amini, A., Gultom, S. W. ., Susilo, J., Manullang, J. M. R., & Barus, B. . (2023). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Komitmen Guru terhadap Prestasi Belajar Siswa SMP Negeri 5 Satu Atap Kerajaan Pardomuan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(1), 1879–1884. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.11236
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2023 Marlinang Sihite, Amini, Sri Wahyuni Gultom, Jimmy Susilo, Juni Mery Ria Manullang, Bahagia Barus
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).