Penilaian terhadap Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPS

Authors

  • Amini Amini Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Adella Putri Adisti Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Siska Yulia Dalimunthe Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Fitria Fitria Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Nova Ambarwati Hasibuan Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.11603

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan guru dalam melaksanakan penilaian kelas pada di sekolah SMP. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Muhammadiyah 47 Sunggal tahun 20222. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Setelah data terkumpul, data dianalisis secara kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran pada  mata pelajaran ips hanya berfokus pada penilaian kognitif siswa, oleh karena itu guru memiliki strategi dalam melaksanakan pelajaran agar dapat memberikan gambaran nyata tentang kemampuan siswa.. Pada hakikatnya guru bebas berada bersama siswanya, sehingga guru perlu memiliki strategi pembelajaran yang dapat membantu guru memberikan penilaian yang utuh yang merupakan gambaran kemampuan siswa yang sebenarnya. Hasil penelitian, bahwa strategi guru dalam melaksanakan pembelajaran di masa pandemi saat ini efektif untuk mengetahui kemampuan siswa yang sebenarnya, mengingat tugas yang diberikan guru melalui pembelajaran jarak jauh tidak dilakukan oleh siswa sendiri, tetapi dapat juga dilakukan oleh siswa.

Downloads

Published

2023-01-15

How to Cite

Amini, A., Adisti, A. P. ., Dalimunthe, S. Y. ., Fitria, F., & Hasibuan, N. A. . (2023). Penilaian terhadap Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPS. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(1), 3710–3718. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.11603

Most read articles by the same author(s)