Penilaian terhadap Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPS
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.11603Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan guru dalam melaksanakan penilaian kelas pada di sekolah SMP. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Muhammadiyah 47 Sunggal tahun 20222. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Setelah data terkumpul, data dianalisis secara kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran pada mata pelajaran ips hanya berfokus pada penilaian kognitif siswa, oleh karena itu guru memiliki strategi dalam melaksanakan pelajaran agar dapat memberikan gambaran nyata tentang kemampuan siswa.. Pada hakikatnya guru bebas berada bersama siswanya, sehingga guru perlu memiliki strategi pembelajaran yang dapat membantu guru memberikan penilaian yang utuh yang merupakan gambaran kemampuan siswa yang sebenarnya. Hasil penelitian, bahwa strategi guru dalam melaksanakan pembelajaran di masa pandemi saat ini efektif untuk mengetahui kemampuan siswa yang sebenarnya, mengingat tugas yang diberikan guru melalui pembelajaran jarak jauh tidak dilakukan oleh siswa sendiri, tetapi dapat juga dilakukan oleh siswa.Downloads
Published
2023-01-15
How to Cite
Amini, A., Adisti, A. P. ., Dalimunthe, S. Y. ., Fitria, F., & Hasibuan, N. A. . (2023). Penilaian terhadap Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPS. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(1), 3710–3718. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.11603
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2023 Amini, Adella Putri Adisti, Siska Yulia Dalimunthe, Fitria, Nova Ambarwati Hasibuan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).