Manajemen Kurikulum Sebagai Sistem Pendidikan (Studi Kasus Di Madrasah Aliyah Al-Washliyah 22 Tembung)
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.10976Abstract
Kurikulum merupakan salah komponen yang sangat penting dalam suatu sistem pendidikan. Oleh karena itu kurikulum merupakan alat dalam mencapai tujuan pendidikan serta pedoman dalam pelaksanaan pembelajaran pada semua jenis dan tingkat pendidikan. Dalam melakukan kajian terhadap keberhasilan sistem pendidikan ditentukan oleh tujuan yang realistis, diterima oleh semua pihak, organisasi dan sarana yang baik, intensitas pendidik dan tenaga pendidik yang tinggi serta kurikulum yang tepat. Penelitian ini didasarkan pada pemikiran bahwa kurikulum sebgain component penting dalam sistem pendidikan memerlukan upaya pengimplemetasin yang baik sehingga dapat mengahasilak sistem pendidikan yang baik pula. Implementasi adalah proses penerapan rencana kurikulum dalam bentuk pembelajaran yang melibatkan interaksi siswa dengan guru dalam konteks lingkungan sekolah baik didalam kelas maupun diluar kelas. Dengan demikian, perlu dipahami mengenai sistem pendidikan dalam konteks manajemen kurikulum merupakan Tujuan penulis yaitu untuk mengetahui bagaimana implementasi kurikulum yang dilakukan di MAS Al-Washliyah 22 Tembung. Jenis penelitian yang digunakan oleh penulis adalah jenispenelitian lapangan (fieldresearch), dimana hasil penelitiannya berdasarkan hasil dari lapangan. Selain itu penulis juga menggunakan metode penelitian kualitatif karena metode ini sangat cocok untuk penelitian yang menggunakan analisis langsung sesuai dengan fakta dilapangan. Hasil penelitian yang diperoleh adalah bahwa dalam perencanaan kurikulum yang ada di MAS Al-Wahliyah 22 Tembung. Dalam perbaikan kurikulum itu dilakukan setiap awal tahun pelajaran kira - kira pada bulan Juli. Adapun implementasi kurikulum ini di bagi dalam beberapa poin yaitu; kesiapan guru dalam mengimplementasikan kurikulum di sekolah ini dan kesiapan silabus dan RPP sebelum proses pembelajaran, controling oleh sekolah, serta faktor penghambat dalam pengimplementasian kurikulum yang dilakukan di MAS Al-Washliyah 22 Tembung.Downloads
Published
2023-01-06
How to Cite
Nasution, . P., Lestari, E. ., Monalisa, F. N. ., Hasibuan, L. H. ., Fadla, S. L. ., Andriani, S. ., Sihombing, S. R. ., & Nasution, N. A. . (2023). Manajemen Kurikulum Sebagai Sistem Pendidikan (Studi Kasus Di Madrasah Aliyah Al-Washliyah 22 Tembung). Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(1), 1129–1138. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.10976
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Pitriani Nasution, Eka Lestari, Febri Nanda Monalisa, Leni Hermita Hasibuan, Sarah Lailatil Fadla, Sri Andriani, Suci Rahmaida Sihombing, Nurwinda Aulia Nasution
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).