Manajemen Kurikulum Sebagai Sistem Pendidikan (Studi Kasus Di Madrasah Aliyah Al-Washliyah 22 Tembung)

Authors

  • Pitriani Nasution Universitas Islam Negri Sumatra Utara Medan
  • Eka Lestari Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Medan
  • Febri Nanda Monalisa Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Medan
  • Leni Hermita Hasibuan Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Medan
  • Sarah Lailatil Fadla Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Medan
  • Sri Andriani Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Medan
  • Suci Rahmaida Sihombing Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Medan
  • Nurwinda Aulia Nasution Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Medan

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.10976

Abstract

Kurikulum merupakan salah komponen yang sangat penting dalam suatu sistem pendidikan. Oleh karena itu kurikulum merupakan alat dalam mencapai tujuan pendidikan serta pedoman dalam pelaksanaan pembelajaran pada semua jenis dan tingkat pendidikan. Dalam melakukan kajian terhadap keberhasilan sistem pendidikan ditentukan oleh tujuan yang realistis, diterima oleh semua pihak, organisasi dan sarana yang baik, intensitas pendidik dan tenaga pendidik yang tinggi serta kurikulum yang tepat. Penelitian ini didasarkan pada pemikiran bahwa kurikulum sebgain component penting dalam sistem pendidikan memerlukan upaya pengimplemetasin yang baik sehingga dapat mengahasilak sistem pendidikan yang baik pula. Implementasi adalah proses penerapan rencana kurikulum dalam bentuk pembelajaran yang melibatkan interaksi siswa dengan guru dalam konteks lingkungan sekolah baik didalam kelas maupun diluar kelas. Dengan demikian, perlu dipahami mengenai sistem pendidikan dalam konteks manajemen kurikulum merupakan Tujuan penulis yaitu untuk mengetahui bagaimana implementasi kurikulum yang dilakukan di MAS Al-Washliyah 22 Tembung. Jenis penelitian yang digunakan oleh penulis adalah jenispenelitian lapangan (fieldresearch), dimana hasil penelitiannya berdasarkan hasil dari lapangan. Selain itu penulis juga menggunakan metode penelitian kualitatif karena metode ini sangat cocok untuk penelitian yang menggunakan analisis langsung sesuai dengan fakta dilapangan. Hasil penelitian yang diperoleh adalah bahwa dalam perencanaan kurikulum yang ada di MAS Al-Wahliyah 22 Tembung. Dalam perbaikan kurikulum itu dilakukan setiap awal tahun pelajaran kira - kira pada bulan Juli. Adapun implementasi kurikulum ini di bagi dalam beberapa poin yaitu; kesiapan guru dalam mengimplementasikan kurikulum di sekolah ini dan kesiapan silabus dan RPP sebelum proses pembelajaran, controling oleh sekolah, serta faktor penghambat dalam pengimplementasian kurikulum yang dilakukan di MAS Al-Washliyah 22 Tembung.

Downloads

Published

2023-01-06

How to Cite

Nasution, . P., Lestari, E. ., Monalisa, F. N. ., Hasibuan, L. H. ., Fadla, S. L. ., Andriani, S. ., Sihombing, S. R. ., & Nasution, N. A. . (2023). Manajemen Kurikulum Sebagai Sistem Pendidikan (Studi Kasus Di Madrasah Aliyah Al-Washliyah 22 Tembung). Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(1), 1129–1138. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.10976

Most read articles by the same author(s)