Budaya Mutu Di Sekolah SD IT Tahfizhil Qur’an Yayasan Islamic Center Sumatera Utara

Authors

  • Leni Hermita Hasibuan Universitas Islam Negri Sumatra Utara Medan
  • Fachruddin Fachruddin UIN Sumatera Utara Medan
  • Ahmad Raihan Azizi UIN Sumatera Utara Medan
  • Sri Andriani UIN Sumatera Utara Medan
  • Hemalia Putri Siregar UIN Sumatera Utara Medan
  • Nadhilah Ajrina UIN Sumatera Utara Medan
  • Abdul Rohim Husaini Wijaya UIN Sumatera Utara Medan
  • Budi Akshori Sirait UIN Sumatera Utara Medan

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.10790

Abstract

Budaya adalah suatu dasar terbentuknya sebuah kepribadian manusia, dengan adanya budaya dapat terlihat identitas seseorang, identitas masyarakat bahkan identitas suatu lembaga pendidikan. Sedangkan mutu diartikan sebagai ukuran baik buruk tentang sesuatu. Suatu budaya dapat dikatakan bermutu apabila memiliki nilai yang baik untuk diri pribadi (organsiasi itu sendiri) maupun untuk orang lain (masyarakat/pelanggan). Untuk mencapai budaya mutu di dalam organisasi sendiri dilakukan melalui nilai-nilai dasar dan standar yang dapat dijadikan acuan dalam pengembangan budaya yang bermutu baik dalam organisasi bisnis maupun organisasi pendidikan. Mutu lembaga pendidikan pertama-tama nampak pada rumusan visi, misi, nilai dan tujuan. Visi dan misi lembaga pendidikan merupakan sebuah filosofi pendidikan dan sekaligus metodologi untuk membantu lembaga dalam mengelola perubahan secara sistemik dan totalitas. Visi dan misi yang bermutu difokuskan pada kebutuhan pelanggan (costumer), mendorong keterlibatan total komunitas dalam program, mengembangkan sistem pengukuran nilai pendidikan, menunjang sistem yang diperlukan, staf dan peserta didik untuk mengelola perubahan, serta perbaikan berkelanjutan dengan selalu berupaya keras membuat produk pendidikan menjadi lebih baik.

Downloads

Published

2023-01-06

How to Cite

Hasibuan, L. H. ., Fachruddin, F., Azizi, A. R. ., Andriani, S. ., Siregar, H. P. ., Ajrina, N. ., Wijaya, A. R. H. ., & Sirait, B. A. . (2023). Budaya Mutu Di Sekolah SD IT Tahfizhil Qur’an Yayasan Islamic Center Sumatera Utara. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(1), 1004–1009. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.10790

Most read articles by the same author(s)