Analisis Gerakan Literasi Sekolah (GLS) Dengan Media Buku Cerita Bergambar di Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.10946Abstract
Literasi merupakan kemampuan yang ada pada diri setiap orang yang dapat digunakan untuk memahami dan mengolah informasi yang telah diperoleh melalui membaca, menulis, mendengar, dan mampu berpikir kritis. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan membuat Gerakan untuk membantu literasi di lingkungan Pendidikan yang disebut GLS. Gerakan Literasi Sekolah atau GLS bertujuan untuk mewujudkan warga negara yang melek huruf sepanjang hayatnya melalui partisipasi masyarakat. Salah satu contoh penerapan literasi di sekolah dasar adalah melalui media buku cerita bergambar. Diharapkan media ini dapat meningkatkan motivasi dan minat baca siswa. Dalam hal ini diperlukan keterlibatan kepala sekolah, pendidik, dan personel sekolah lainnya guna mendukung keberhasilan kegiatan ini. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana implementasi Gerakan Literasi Sekolah melalui media buku cerita bergambar. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan menggunakan metode penelitian studi kasus. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini diperoleh dari data primer dan data sekunder, teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah teori dari Miles dan Huberman yang meliputi tahapan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Untuk memenuhi keabsahan penelitian ini menggunakan triangulasi dengan sumber.Downloads
Published
2023-01-03
How to Cite
Novelita, N. ., & Desyandri, D. (2023). Analisis Gerakan Literasi Sekolah (GLS) Dengan Media Buku Cerita Bergambar di Sekolah Dasar . Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(1), 380–385. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.10946
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2023 Nevi Novelita, Desyandri
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).