Analisis Prediksi Financial Distress Menggunakan Model Altman (Z-Score) (Studi Kasus Pada Perusahaan Perkebunan Kelapa Sawit Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode 2021-2022)

Authors

  • Adhitya Mahendra Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Eman Sulaeman Universitas Singaperbangsa Karawang

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.10882

Abstract

Sub sektor industri Crude Palm Oil (CPO) dinilai menjadi penggerak utama pasokan bahan pangan serta penghasil devisa negara. Diketahui sejak dimulainya pandemi Covid-19 tahun 2019 persaingan industri pangan khususnya industri kelapa sawit semakin ketat. Namun sayangnya pada tahun 2021 akhir industri kelapa sawit mulai menunjukan tingginya permintaan dan turunnya penawaran yang membuat langkanya minyak goreng dipasaran karena kenaikan harga yang signifikan. Kemudian pemerintah melakukan kebijakan moratorium ekspor Crude Palm Oil (CPO) yang berakibat harga CPO menjadi turun signifikan, jatuhnya harga jual sawit mencapai 40-70% berakibat terjadinya kerugian besar-besaran. Hal tersebut menjadi indikator utama terjadinya Financial Distress di perusahaan sub sektor minyak kelapa sawit. Maka dari itu penelitian ini bertujuan memprediksi sedini mungkin tanda-tanda Financial Distress perusahaan terdampak menggunakan model Altman (Z-Score)  sebagai alat analisis dan pengujian. Penelitian ini berjenis penelitian deskriptif kuantitatif, menggunakan data sekunder. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik purposive sampling, dengan jumlah sampel sebanyak 5 perusahaan. Data penelitian yang digunakan adalah laporan keuangan triwulanan perusahaan sub sektor industri minyak kelapa sawit yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) tahun 2021-2022. Metode analisis dan pengujian dalam penelitian ini menggunakan model Altman (Z-Score) .  

Downloads

Published

2023-01-02

How to Cite

Mahendra, A. ., & Sulaeman, E. . (2023). Analisis Prediksi Financial Distress Menggunakan Model Altman (Z-Score) (Studi Kasus Pada Perusahaan Perkebunan Kelapa Sawit Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode 2021-2022). Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(1), 123–130. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.10882