Pengaruh Strategi Pembelajaran Crossword Puzzle terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPS Kelas IV di SD Negeri 32 Prabumulih

Authors

  • Yuni Salsabillah Universitas PGRI Palembang
  • Kiki Aryaningrum Universitas PGRI Palembang
  • Ida Suryani Universitas PGRI Palembang

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.7742

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari Strategi Pembelajaran Crossword Puzzle Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Kelas IV SD Negeri 32 Prabumulih. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Quasi Experimental tipe Control Group Pretest-Posttest Design. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa kelas I - VI SD Negeri 32 Prabumulih. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu random sampling dimana sampel yang digunakan adalah siswa kelas IV yang terdiri dari kelas IV.A (kelas kontrol) berjumlah 20 siswa, kelas IV.B dan kelas IV.C (kelas eksperimen) berjumlah 20 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan Tes dan Dokumentasi. Dari hasil perhitungan diperoleh rata-rata nilai pretest kelas eksperimen = 47,5 sedangkan rata-rata nilai pretest kelas kontrol = 40,75. Untuk rata-rata nilai posttest kelas eksperimen = 75,75 sedangkan rata-rata nilai posttest kelas kontrol = 63,5. Sedangkan melalui uji hipotesis didapatkan  = 3,17 dan  = 2,024 dengan taraf signifikan 0,05. Karena  maka  ditolak dan  diterima. Artinya, ada pengaruh penggunaan strategi Crossword Puzzle terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS Kelas IV di SD Negeri 32 Prabumulih.

Downloads

Published

2022-10-20

How to Cite

Salsabillah, Y. ., Aryaningrum, K. ., & Suryani, I. . (2022). Pengaruh Strategi Pembelajaran Crossword Puzzle terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPS Kelas IV di SD Negeri 32 Prabumulih. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(5), 6474–6481. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.7742