Pengaruh Strategi Pembelajaran Crossword Puzzle terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPS Kelas IV di SD Negeri 32 Prabumulih
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.7742Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari Strategi Pembelajaran Crossword Puzzle Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Kelas IV SD Negeri 32 Prabumulih. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Quasi Experimental tipe Control Group Pretest-Posttest Design. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa kelas I - VI SD Negeri 32 Prabumulih. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu random sampling dimana sampel yang digunakan adalah siswa kelas IV yang terdiri dari kelas IV.A (kelas kontrol) berjumlah 20 siswa, kelas IV.B dan kelas IV.C (kelas eksperimen) berjumlah 20 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan Tes dan Dokumentasi. Dari hasil perhitungan diperoleh rata-rata nilai pretest kelas eksperimen = 47,5 sedangkan rata-rata nilai pretest kelas kontrol = 40,75. Untuk rata-rata nilai posttest kelas eksperimen = 75,75 sedangkan rata-rata nilai posttest kelas kontrol = 63,5. Sedangkan melalui uji hipotesis didapatkan = 3,17 dan = 2,024 dengan taraf signifikan 0,05. Karena maka ditolak dan diterima. Artinya, ada pengaruh penggunaan strategi Crossword Puzzle terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS Kelas IV di SD Negeri 32 Prabumulih.Downloads
Published
2022-10-20
How to Cite
Salsabillah, Y. ., Aryaningrum, K. ., & Suryani, I. . (2022). Pengaruh Strategi Pembelajaran Crossword Puzzle terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPS Kelas IV di SD Negeri 32 Prabumulih. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(5), 6474–6481. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.7742
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Yuni Salsabillah, Kiki Aryaningrum, Ida Suryani
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).