Pengaruh Model Pembelajaran Mind Mapping Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Materi Sumber Energi Kelas IV SD Negeri 01 Perigi

Authors

  • Miftahul Jannah Universitas PGRI Palembang
  • Ilham Arvan Junaidi Universitas PGRI Palembang
  • Imelda Ratih Ayu Universitas PGRI Palembang

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.10542

Abstract

Hasil belajar IPA pada kelas IV A SDN 1 Perigi masih terbilang rendah, masih banyak siswa yang mendapat nilai di bawah KKM pada materi IPA. Dan dalam pelaksaan proses belajar yang dilakukan belum menerapkan model pembelajaran yang sesuai dengan tujuan pembelajaran, sehingga siswa belum dilibatkan secara aktif dalam proses pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran mind mapping dalam meningkatkan hasil belajar materi sumber energi siswa kelas IV SD Negeri 01 Perigi. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen menggunakan metode Pre-Experimental Desain, dengan tipe desain penelitian One Group Pretest-Posttest Desain. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV dengan sampel kelas IV A berjumlah 23 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis dengan bantuan Microsoft Excel. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh terhadap hasil belajar siswa kelas eksperimen dengan nilai rata-rata pretest sebesar 53,91, dan rata-rata posttest sebesar 77,61. Uji hipotesis hasil belajar siswa diperoleh nilai thitung sebesar 11,57 sedangkan ttabel sebesar 2,074 artinya Ho ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan bahwa model pembelajaranan Mind Mapping sangat berpengaruh terhadap hasil belajar siswa materi sumber energi pada kelas IVA SD Negeri 01 Perigi.

Downloads

Published

2022-12-23

How to Cite

Jannah, M. ., Junaidi, I. A. ., & Ayu, I. R. . (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Mind Mapping Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Materi Sumber Energi Kelas IV SD Negeri 01 Perigi. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 12489–12493. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.10542

Most read articles by the same author(s)