Pengaruh Media Pembelajaran Koja (Kotak Ajaib) Terhadap Hasil Belajar Kelas II

Authors

  • Susi Suryani Universitas PGRI Palembang
  • Jayanti Jayanti Universitas PGRI Palembang
  • Ida Suryani Universitas PGRI Palembang

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5202

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran koja (kotak ajaib) terhadap hasil belajar matematika kelas II SD Negeri 4 Palembang. metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Kuantitatif Eksperimen. Penelitian ini dilakukan di SD Negeri 4 Palembang. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan dokumentasi. Dalam penelitian ini terdapat 64 orang siswa sebagai sampel, 32 siswa sebagai kelas eksperimen dan 32 siswa sebagai kelas kontrol, adapun teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik Purposive Sampling. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh dari media koja (kotak ajaib) terhadap hasil belajar matematika kelas II SD Negeri 4 Palembang tahun 2022, dengan memperoleh nilai rata-rata pretest yang awalnya sebesar 58.43 (tidak sesuai) lalu meningkat pada saat posttest dengan nilai rata-rata sebesar 81,56 (sesuai). Lalu thitung =  2.142 > ttabel = 1,69389 dengan taraf signifikan (?) 0.05. sesuai dengan pengujian hipotesis, yakni jika thitung > ttabel maka Ha diterima dan Ho ditolak.    

Downloads

Published

2022-07-04

How to Cite

Suryani, S. ., Jayanti, J., & Suryani, I. . (2022). Pengaruh Media Pembelajaran Koja (Kotak Ajaib) Terhadap Hasil Belajar Kelas II . Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(4), 216–220. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5202

Most read articles by the same author(s)