Analisis Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Tiktok di Sekolah Dasar

Authors

  • Ade Islamiati Universitas Negeri Padang
  • Desyandri Desyandri Universitas Negeri Padang

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.10276

Abstract

Pada era revolusi 5.0 dalam konsep pendidikan lebih menekankan kepada konsep pembelajaran yang berpusat kepada manusia dan berbasis teknologi. Dengan demikian dalam pembelajaran hendaknya menggunakan media berbasis teknologi agar dapat mengikuti perkembangan zaman. Penggunaan media pembelajaran dalam proses pembelajaran akan membuat peserta didik lebih tertarik untuk belajar dan dengan demikian peserta didik akan mengeluarkan ide-ide kreatifnya dalam pembelajaran. Dalam hal ini guru akan menghadapi berbagai tantangan dalam penggunaan IT. Dimana,guru dituntut agar lebih kreatif dan inovatif dalam membuat media pembelajaran. Media pembelajaran yang dibuat oleh guru harus sesuai dengan materi yang akan di ajarkan dan media tersebut haruslah mengikuti trend teknologi pada zaman sekarang ini agar peserta didik lebih tertarik dalam belajar sehingga tujuan pembelajaran tercapai. Salah satu media berbasis IT yang dapat digunakan guru dalam pembelajaran adalah menggunakan Aplikasi TikTok, yang mana Aplikasi Tiktok ini banyak digemari oleh semua kalangan mulai dari anak usia dini sampai orang tua sekalipun. dengan demikian pemilihan aplikasi TikTok digunakan sama pembelajaran sangatlah bagus. Dengan fitur yang beraneka ragam di dalam aplikasi TikTok diharapkan akan memudahkan guru dalam mendisain media pembelajaran dan peserta didik pun dengan mudah dapat mengoperasikan aplikasi tersebut. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan bagaimana penggunaan aplikasi TikTok di dalam pembelajaran di sekolah dasar. jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif, metode penelitian yang di pakai adalah study literatur, Teknik pengumpulan data yaitu dengan mencari berbagai sumber baik itu dari buku, artikel, jurnal, dan lain-lain yang relevan dengan judul penelitian. Teknik analisi data yang dipakai adalah teori dari Miles dan Huberman yang meliputi reduksi, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.

Downloads

Published

2022-12-15

How to Cite

Islamiati, A. ., & Desyandri, D. (2022). Analisis Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Tiktok di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 11469–11473. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.10276

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2