Validitas E-Modul IPA Terpadu Materi Klasifikasi Makhluk Hidup
DOI:
https://doi.org/10.31004/jote.v4i2.9999Abstract
Penggunaan e-modul sebagai salah satu media pembelajaran merupakan alternatif yang efektif, karena memanfaatkan teknologi yang sedang berkembang dan banyak digunakan. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan e-modul pembelajaran IPA Terpadu berbasis model pembelajaran picture and picture bagi siswa SMP dan menguji validitas produk tersebut. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model lima tahap (MANTAP) level 1, yang menghasilkan produk akhir berupa prototipe produk yang sudah valid. Proses validasi dilakukan oleh 9 orang yang terdiri dari 3 validator materi, 3 validator bahasa dan 3 validator media. Analisis data validasi dilakukan secara deskriptif. Hasil validasi menunjukkan bahwa produk prototipe e-modul ini berada pada kategori valid, dengan rincian penilaian validator materi sebesar 79,16%, validator bahasa sebesar 100% dan validator media sebesar 98,58%. Dari penilaian validitas ini, dapat disimpulkan bahwa prototipe e-modul yang dikembangkan telah siap untuk dapat dilanjutkan pada uji efektivitas dan kelayakannya sebelum digunakan secara luas oleh pengguna.Downloads
Published
2022-12-23
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Maria Basilia Seja, Oktavius Yoseph Tuta Mago, Yohanes Boli Tematan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms: 1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal. 2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. 3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).