Validitas E-Modul IPA Terpadu Materi Klasifikasi Makhluk Hidup

Authors

  • Maria Basilia Seja Universitas Nusa Nipa
  • Oktavius Yoseph Tuta Mago Universitas Nusa Nipa
  • Yohanes Boli Tematan Universitas Nusa Nipa

DOI:

https://doi.org/10.31004/jote.v4i2.9999

Abstract

Penggunaan e-modul sebagai salah satu media pembelajaran merupakan alternatif yang efektif, karena memanfaatkan teknologi yang sedang berkembang dan banyak digunakan. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan e-modul pembelajaran IPA Terpadu berbasis model pembelajaran picture and picture bagi siswa SMP dan menguji validitas produk tersebut. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model lima tahap (MANTAP) level 1, yang menghasilkan produk akhir berupa prototipe produk yang sudah valid. Proses validasi dilakukan oleh 9 orang yang terdiri dari 3 validator materi, 3 validator bahasa dan 3 validator media. Analisis data validasi dilakukan secara deskriptif. Hasil validasi menunjukkan bahwa produk prototipe e-modul ini berada pada kategori valid, dengan rincian penilaian validator materi sebesar 79,16%, validator bahasa sebesar 100% dan validator media sebesar 98,58%. Dari penilaian validitas ini, dapat disimpulkan bahwa prototipe e-modul yang dikembangkan telah siap untuk dapat dilanjutkan pada uji efektivitas dan kelayakannya sebelum digunakan secara luas oleh pengguna.

Downloads

Published

2022-12-23