Journal on Teacher Education http://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jote <p>The teacher education journal is a place for researchers to develop their competencies in the fields of research, education and community service. This journal is related to the world of general education such as early childhood education, educational psychology, primary school teacher education, mathematics education, physics education, chemical education, management education, educational guidance and counseling and other practical studies. Journal On Teacher Education publish publications four times a year in March, June, September adn december. This journal is registered with E-ISSN: 2686-1798 and P-ISSN: 2686-1895.</p> en-US Authors who publish with this journal agree to the following terms: 1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal. 2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. 3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access). yolandapahrul@gmail.com (Yolanda Pahrul) yolandapahrul@gmail.com (Despa Ayuni) Sat, 18 Nov 2023 00:00:00 +0000 OJS 3.2.1.4 http://blogs.law.harvard.edu/tech/rss 60 Analisis Kebutuhan Media Pembelajaran Interaktif Menggunakan Flipbook untuk Peserta Didik SMA http://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jote/article/view/20400 <p>Teknologi yang terus berkembang dengan pesat mendorong adanya pembaruan pada setiap bidang dalam kehidupan, termasuk dibidang pendidikan. Luasnya kemajuan di bidang teknologi menuntut guru untuk mengembangkan berbagai macam media pembelajaran. Salah satu media pembelajaran yang dapat dikembangkan guru adalah media pembelajaran interaktif menggunakan <em>flipbook</em>. Tujuan dari penelitian adalah mengetahui kendala selama proses pembelajaran biologi. Jenis penelitian ini yaitu penelitian deskriptif kuantitatif. Sampel yang digunakan adalah guru biologi dan 33 orang peserta didik fase E SMA Pembangunan Laboratorium UNP. Hasil yang didapat dari penelitian ini yaitu: 1) Peserta didik menganggap materi viru selit karena cakupan materi yang luas; 2) Media pembelajaran interaktif menggunakan <em>flipbook </em>untuk peserta didik perlu dikembangkan khususnya pada materi virus.</p> Azizah Rahmalia Juwita, Relsas Yogica, Ardi Ardi, Ganda Hijrah Selaras Copyright (c) 2023 Azizah Rahmalia Juwita, Relsas Yogica, Ardi Ardi, Ganda Hijrah Selaras https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 http://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jote/article/view/20400 Fri, 08 Dec 2023 00:00:00 +0000 A Bibliometric Analysis on Student Academic Procrastination From 2012-2022 http://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jote/article/view/21485 <p>Banyak mahasiswa yang melakukan prokrastinasi akademik; masalah ini sering terjadi di lingkungan akademik dan harus segera ditemukan solusinya. Banyak peneliti terdahulu yang telah meneliti dan menganalisis faktor-faktor penyebab prokrastinasi akademik, seperti regulasi diri dan kesuksesan akademik. Penelitian ini bertujuan untuk membuat pemetaan ilmu pengetahuan pada topik penelitian prokrastinasi akademik untuk memahami garis besar penelitian tentang topik ini dan tren, perkembangan, dan hot spot pada prokrastinasi akademik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik analisis menggunakan <em>VosViewer</em> dan <em>R Studio</em>. Basis data diambil dari <em>dimensions.ai</em> dengan menggunakan string pencarian penelitian <em>Student "AND Academic Procrastination"</em> sehingga terkumpul 2522 artikel dari tahun 2012-2022. Hasil analisis menunjukkan bahwa topik penelitian prokrastinasi akademik meningkat secara signifikan sejak tahun 2016 dan semakin masif pada tahun 2021. Analisis yang dilakukan dengan menggunakan <em>VosViewer dan R Studio</em> telah menemukan <em>hot spot</em> penelitian dengan topik prokrastinasi akademik seperti prokrastinasi akademik, efikasi, kecemasan, perfeksionisme, stres, covid, kontrol diri, depresi, harga diri, kesehatan mental.</p> Ceceng Saepulmilah; Septian Cahya Azhari Copyright (c) 2023 Ceceng Saepulmilah; Septian Cahya Azhari https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 http://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jote/article/view/21485 Thu, 12 Jan 2023 00:00:00 +0000 Media Teka-teki IPA untuk Meningkatkan Inisiatif Belajar IPA Siswa SD Negeri 2 Klepu http://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jote/article/view/21104 <p>Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) merupakan salah satu mata pelajaran yang wajib di berikan pada siswa SD yang memuat istilah-istilah asing dalam konsepnya. Dalam meningkatkan inisiatif belajar IPA, pada penelitian ini dikembangkan sebuah media IPA berbentuk teka-teki yang merupakan suatu permainan mengisi ruang-ruang kosong dengan huruf-huruf yang membentuk sebuah kata yang disebut Teka-Teki IPA. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah <em>Research and Development </em>(R&amp;D) dengan model pengembangan ADDIE. Dengan menggunakan Teknik non tes yaitu kuesioner kepada ahli media, materi serta inisiatif belajar kepada siswa SD hasilnya menunjukkan bahwa hasil uji ahli validasi materi, Inisiatif Belajar, dan uji ahli media memperoleh hasil dengan rata-rata 90% dengan kategori “sangat tinggi”.dan uji praktis yang dilakukan memperoleh angka presentase 87% dengan kategori “sangat tinggi”. Hasil uji ahli dan uji praktis yang diperoleh menunjukan bahwa media pembelajaran Teka-Teki IPA yang dibuat sudah layak digunakan sebagai sarana untuk meningkatkan inisiatif belajar IPA.</p> Nanda Agung Nugroho, Yohana Setiawan Copyright (c) 2023 Nanda Agung Nugroho, Yohana Setiawan https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 http://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jote/article/view/21104 Thu, 12 Jan 2023 00:00:00 +0000 Penerapan Pembelajaran Wudhu bagi Peserta Didik Anak Usia Dini dengan Menggunakan Media Gambar Tadika Al Fikh Orchard Taman Setia Selangor http://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jote/article/view/20894 <p>Penelitian ini mengkaji metode yang digunakan untuk anak-anak di Al Fikh Orchard Taman Setia di Selangor, Malaysia, untuk belajar tentang wudhu melalui media gambar. Teknik deskriptif kualitatif digunakan dalam penyelidikan ini. Dokumentasi, observasi, dan wawancara. Pendidikan wudhu dilaksanakan melalui penggunaan alat bantu visual, seperti poster gambar, dimana guru menjelaskan setiap langkah proses wudhu secara rinci. Setiap minggunya ajaran wudhu diulang-ulang agar anak-anak segera memahami dan menerapkannya. Berdasarkan temuan mereka, peneliti menemukan bahwa meskipun beberapa anak belum bisa berwudhu, ada pula yang bisa berwudhu, dan mereka tampak sangat bersemangat untuk belajar berwudhu. Pengurangan sejalan dan tidak bertentangan dengan Sunnah Nabi.</p> M. Halim Lukman Rasyid, Alfi Amalia Copyright (c) 2023 M. Halim Lukman Rasyid, Alfi Amalia https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 http://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jote/article/view/20894 Tue, 05 Dec 2023 00:00:00 +0000 Meningkatkan Kecerdasan Spiritual melalui Video Edukasi pada Anak Usia DiniMeningkatkan Kecerdasan Spiritual melalui Video Edukasi pada Anak Usia Dini http://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jote/article/view/20893 <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media video edukasi terhadap kecerdasan spiritual anak usia dini. Peneliti menggunakan metode <em>Pre-Eksperimental</em> jenis <em>One-Group Pretest-Posttest Design</em>. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh anak kelompok B di RA Ma’ariful Ulum Banyuasin berjumlah 14 anak. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian penerapan media video edukasi terhadap kecerdasan spiritual anak maka kemampuan terhadap kecerdasan spiritual anak meningkat. Peningkatan tersebut dapat dilihat dari hasil penelitian, yaitu hasil perhitungan t<sub>hitung </sub>sebesar T<sub>hitung</sub> = 2,021 apabila dibandingkan T<sub>tabel</sub> = 2,17. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima atau terdapat pengaruh media video edukasi terhadap kemampuan kecerdasan spiritual pada anak.</p> Santa Idayana Sinaga, Evia Darmawani, Mukti Rahayu Ningsih Copyright (c) 2023 Santa Idayana Sinaga, Evia Darmawani, Mukti Rahayu Ningsih https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 http://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jote/article/view/20893 Tue, 05 Dec 2023 00:00:00 +0000 Peningkatan Perkembangan Motorik Halus Anak melalui Kegiatan Kolase dari Bahan Bekas di Taska Cendikiawan Ceria Penang Malaysia http://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jote/article/view/20805 <h1>Penelitian ini berupaya untuk meningkatkan kemampuan motorik halus anak usia dini melalui kolase dengan menggunakan dana dari Taska Cendikiawan Ceria Penang, Malaysia. Penelitian ini dibagi menjadi dua tahap, dengan tiga sesi setiap periodenya. observasi, dan dokumentasi digunakan dalam penelitian ini. Metode komparatif digunakan untuk menguji data, khususnya membandingkan indikator kinerja dengan temuan anak-anak. Temuan penelitian menunjukkan bahwa kegiatan yang menggabungkan materi yang digunakan dalam setiap siklus membantu anak mengembangkan kemampuan motorik halusnya. Empat belas anak dalam penelitian ini, enam di antaranya laki-laki dan delapan di antaranya perempuan, berusia antara tiga hingga lima tahun.</h1> Eigie Youlanda Dien Copyright (c) 2023 Eigie Youlanda Dien https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 http://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jote/article/view/20805 Sat, 09 Dec 2023 00:00:00 +0000 Efek Model Pembelajaran Project Based Learning (PJBL) untuk Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kritis Siswa Kelas X http://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jote/article/view/20662 <p>Pendidikan merupakan usaha yang dilakukan seseorang untuk menjadi pribadi yang lebih baik serta mengembangkan potensi diri menjadi bermanfaat bagi dirinya sendiri. Belajar adalah suatu proses yang dilakukan peserta didik yang mengakibatkan adanya perubahan tingkah laku serta perubahan yang relatif Model pembelajaran <em>project based learning</em> (pjbl) adalah suatu pembelajaran yang berbasis project yang merupakan metode belajar yang menggunakan masalah sebagai langkah dan tahap awal dalam mengumpulkan suatu pengetahuan baru berdasarkan hasil observasi yang nyata. Berdasarkan hasil penelitian ini model pembelajaran <em>project based learning</em> berpengaruh terhadap kemampuan berfikir kritis siswa, model pembelajaran ini memiliki metode penelitian kuantitatif yang dimana penelitian tersebut terbagi menjadi 2 variabel. Hasil penelitian ini merupakan jawaban dari rumusan masalah yang telah ditetapkan dan menjadi penguat sebuah hipotesis Hasil penelitian ini diperoleh dari pembuatan sebuah project.</p> Mutiara Syafitri, Lia Afriyanti Nasution, Rita Destini, Jafri Haryadi Copyright (c) 2023 Mutiara Syafitri, Lia Afriyanti Nasution, Rita Destini, Jafri Haryadi https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 http://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jote/article/view/20662 Fri, 08 Dec 2023 00:00:00 +0000 Meraih Kesuksesan Pendidikan: Membangun Kompetensi Pedagogik Guru Melalui Iklim Sekolah di SMK Negeri Bisnis Kota Padang http://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jote/article/view/20640 <h1>The purpose of this study is to describe the perceived school climate by teachers, the pedagogical competence of teachers, and the influence of school climate on teachers' pedagogical competence in the State Vocational High School Bisnis Kota Padang. This research is of a quantitative descriptive nature and involves 77 teachers as a sample from a population of 240 individuals. The research instrument used a questionnaire with a Likert Scale model that has been tested for validity and reliability. The results of the study indicate that the pedagogical competence of teachers in the school reaches 86.8%, while the school climate is considered conducive with an achievement level of 83.6%. Hypothesis testing shows a positive relationship between school climate and teachers' pedagogical competence. After a simple linear regression test, the equation Y = 83.25 + 0.433 X was found with a coefficient of determination of 39.8%. This indicates that 39.8% of the variability in teachers' pedagogical competence is influenced by the school climate, while other factors contribute to 60.2%.</h1> Alfin Dwi Payulan, Sulastri Sulastri Copyright (c) 2023 Alfin Dwi Payulan, Sulastri Sulastri https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 http://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jote/article/view/20640 Sat, 18 Nov 2023 00:00:00 +0000 Penggunaan Media Augmented Reality (Ar) terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa http://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jote/article/view/20622 <p>Media pembelajaran adalah segala sesuatu yang dapat menyalurkan pesan dari pengirim ke penerima. Penggunaan media <em>Augmented Reality</em> (AR) dalam konteks pendidikan telah menarik perhatian peneliti dan praktisi pendidikan di seluruh dunia. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis penggunaan media <em>Augmented Reality</em> terhadap hasil belajar biologi siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian kualitatif dengan studi pustakan atau<em> Literature Review</em>. Tujuannya adalah untuk menganalisis perbandingan teori-teori yang ada dengan teori-teori sebelumnya dalam literatur penelitian. Literatur yang digunakan adalah literatur dari hasil penelitian atau kajian yang disajikan dalam artikel ilmiah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media AR pada pembelajaran biologi dapat membantu siswa dalam memahami berbagai materi atau konsep dengan baik dan dapat meningkatkan hasil belajar dari aspek kognitif, apektif dan psikomotorik.</p> Mansur S Copyright (c) 2023 Mansur S https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 http://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jote/article/view/20622 Fri, 08 Dec 2023 00:00:00 +0000 Menggali Potensi Unggul: Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Motivasi Berprestasi Guru di SMK N Kota Padang http://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jote/article/view/20596 <p>Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan motivasi berprestasi guru, kepemimpinan kepala sekolah, dan pengaruh kepemimpinan kepala sekolah terhadap motivasi berprestasi guru di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri Kota Padang. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif dengan subjek penelitian berupa guru SMK N Kota Padang. Sampel diambil dari populasi 677 orang dengan teknik stratified proportional random sampling, dan jumlah sampel sebanyak 110 orang. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan adanya hubungan positif antara kepemimpinan kepala sekolah dan motivasi berprestasi guru. Dalam uji regresi linear sederhana, ditemukan persamaan Y= 83,888 + X= 0,517 dengan koefisien determinasi sebesar 38,7%. Hal ini menunjukkan bahwa kepemimpinan kepala sekolah memiliki pengaruh sebesar 38,7% terhadap motivasi berprestasi guru di SMK N Kota Padang, sedangkan faktor lain memengaruhi 61,3%.</p> Tuty Handhayani, Sulastri Sulastri Copyright (c) 2023 Tuty Handhayani, Sulastri Sulastri https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 http://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jote/article/view/20596 Sat, 18 Nov 2023 00:00:00 +0000 Pengembangan Modul Ajar Kimia Berbasis Project Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif http://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jote/article/view/18137 <p>Kemampuan berpikir kreatif merupakan salah satu kemampuan yang harus dimiliki peserta didik generasi Z saat ini sebagai usaha mempersiapkan diri menghadapi persaingan global. Kreativitas peserta didik dapat ditingkatkan melalui pembelajaran yang tepat. Pembelajaran dapat terlaksana dengan baik ketika guru mampu merancang kegiatan pembelajaran dengan baik. Kendala yang dihadapi guru dalam mempersiapkan pembelajaran yaitu merancang modul ajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul ajar berbasis projek pada materi kimia hijau yang mampu meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa. Metode penelitian adalah metode RnD dengan mengadopsi model Thiagrajan atau lebih dikenal dengan model 4-D yang dilakukan melalui 4 tahap yaitu <em>Define</em> (Pendefinisian), <em>Design</em> (Perancangan), <em>Develop</em> (Pengembangan), dan <em>Disseminate </em>(Penyebaran). Penelitian ini dilakukan sampai tahap <em>develop</em> yaitu Uji validitas modul ajar. Hasil validasi menunjukkan bahwa modul ajar yang dikembangkan yang terdiri dari 2 modul ajar berada pada kategori valid, sehingga layak untuk dilakukan uji efektifitas dan disebarluaskan.</p> Andi Tenri Pada Agustang, Fitriana Ibrahim, Bakhtiar Bakhtiar, St. Hayatun Nur Abu, Rezky Esa Putri Pra Ramadhani Copyright (c) 2023 Andi Tenri Pada Agustang, Fitriana Ibrahim, Bakhtiar Bakhtiar, St. Hayatun Nur Abu, Rezky Esa Putri Pra Ramadhani https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 http://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jote/article/view/18137 Fri, 08 Dec 2023 00:00:00 +0000 Penerapan Metode Resitasi pada Mata Pelajaran Tarikh dan Akhlak di Kelas V Satit Phatnawitya, Thailand http://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jote/article/view/20113 <p>Tujuan penelitian ini ialah untuk mengetahui penerapan metode resitasi pada mata pelajaran tarikh dan akhlak di Satit Phatnawitya, Thailand. Metode resitasi diharapkan dapat membantu peserta didik untuk lebih cepat memahami materi yang disampaikan oleh guru tersebut. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini ialah penelitian kualitatif. Peneliti menyajikan data yang diperoleh dengan cara deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang akan digunakan dalam penelitian ini adalah Observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian yang telah dilakukan oleh peneliti di satit phatnawitya, Thailand pada mata pelajaran Tarikh dan Akhlak pada penggunaan metode resitasi ialah memberi tugas kepada masing-masing siswa dengan mencari cerita terkait mengenai watak/sifat oleh seorang sahabat nabi/tokoh islam yang memiliki kaitan dengan materi pembelajaran yang telah dijelaskan. penerapan metode restasi dapat di lakukan dengan tiga tahap yaitu: melalui Perencanaan Pemberian tugas, Pelaksanaan tugas, Penilaian Evaluasi Tugas.</p> Rahmi Arsita Br Ginting, Zailani Zailani Copyright (c) 2023 Rahmi Arsita Br Ginting, Zailani Zailani https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 http://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jote/article/view/20113 Tue, 05 Dec 2023 00:00:00 +0000 Implementasi Pembelajaran Akhlak dengan Pendekatan Teacher Centered Learning di Tadika Bijak Lestari Georgetown Malaysia http://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jote/article/view/20112 <p>Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi pembelajaran akhlak dengan pendekatan <em>Teacher Centered Learning </em>(TCL) di Tadika Bijak Lestari Georgetown, Malaysia. Implementasi pembelajaran akhlak dengan pendekatan <em>Teacher Centered Learning</em> (TCL) di tadika bijak lestari georgetown malaysia ini dilakukan sebagai bentuk strategi guru untuk mentransfer serta mengaktualisasikan ilmunya kepada peserta didik dalam proses pembelajaran. Pendekatan pembelajaran ini berfokus pada guru yang menjadi sumber utama atau sumber informasi pembelajaran. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian lapangan serta teknik pengumpulan data yang dilakukan yakni dengan cara, observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi pembelajaran akhlak dengan menggunakan TCL dapat berjalan dengan baik, serta menunjukkan bahwa pembelajaran dengan pendekatan ini cocok untuk anak usia dini, dimana peran guru menjadi yang paling penting.dan membuat anak-anak paham dengan apa yang mereka pelajari.</p> Soci Mayada Rahma, Hasrian Rudi Setiawan Copyright (c) 2023 Soci Mayada Rahma, Hasrian Rudi Setiawan https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 http://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jote/article/view/20112 Tue, 05 Dec 2023 00:00:00 +0000 Pendidikan Moral Anak Usia Dini Melalui Pengasuhan Etnis Batak Mandailing http://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jote/article/view/20086 <p>Tujuan penelitian ini untuk menjelaskan bagaimana proses penanaman nilai moral dalam pengasuhan etnis Batak Mandailing di Desa Sosa Timur Padang Lawas dan apa saja hambatan dalam menanamkan nilai moral kepada anak dalam pengasuhan etnis Batak Mandailing. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data yaitu observasi partisipatif, dan wawancara mendalam. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa pendidikan moral yang ditanamkan oleh keluarga etnis Batak Mandailing kepada anak usia dini merupakan bagian dari pengembangan diri anak yang telah dirumuskan dalam pengembangan aspek perkembangan anak. Pendidikan moral yang diterapkan adalah pembiasaan berkasih sayang, berprilaku baik, santun dalam beraktivitas, berbicara dengan sopan kepada siapa saja dan membiasakan untuk tolong menolong kepada siapa saja yang ada di lingkungan sekitar. Adapun hambatan dalam menanamkan nilai moral kepada anak usia dini di Desa Sosa Timur yaitu lingkungan bermain anak yang tidak mencerminkan moral yang baik, tidak adanya filterisasi dalam tontonan anak, dan selanjutnya keterlibatan nenek yang terlalu memanjakan cucu dalam proses pengasuhan.</p> Masridah Lubis, Fuji Rahmadi P Copyright (c) 2023 https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 http://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jote/article/view/20086 Sat, 18 Nov 2023 00:00:00 +0000 Analisis Perkembangan Kecerdasan Spiritual dalam Diri Anak Usia Dini di Tadika Al Fikh Orchard Bandar Parklands Malaysia http://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jote/article/view/19935 <p>Perkembangan kecerdasan spiritual dalam diri anak usia dini merupakan topik yang harus diperhatikan guru ketika mendidik anak. Tujuan penelitian ini adalah untuk menelaah proses perkembangan kecerdasan spiritual dalam diri anak usia dini di Tadika Al Fikh Orchard Bandar Parklands Malaysia. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif yang menjelaskan mengenai fenomena yang terjadi pada persoalan yang di teliti. Data dikumpulkan melalui observasi di lapangan mulai dari mengamati lingkungan dan kurikulum tadika serta kompetensi pada guru Tadika Al Fikh Orchard Bandar Parklands Malaysia. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa perkembangan kecerdasan spiritual dalam diri anak usia dini di Tadika Al Fikh Orchard Bandar Parklands didukung oleh faktor lingkungan sekolah yang Islami serta peran guru yang memiliki kompetensi spiritual dan profesionalisme sebagai pendidik serta kegiatan keagamaan Islam yang dilaksanakan setiap hari di Tadika Al Fikh Orchard Bandar Parklands Malaysia.</p> Raisya Afifah Zahra, Alfi Amalia Copyright (c) 2023 Raisya Afifah Zahra, Alfi Amalia https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 http://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jote/article/view/19935 Mon, 04 Dec 2023 00:00:00 +0000 Model Pelayanan Islami di Taska Kasih Khadeeja Bandar Bukit Raja Selangor Malaysia http://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jote/article/view/19925 <p>Peran orang tua terutama ibu merupakan hal penting dalam membantu tumbuh kembang anak. Namun dengan berkembangnya zaman dan semakin meningkatnya kebutuhan hidup manusia, maka mendorong setiap orang termasuk kaum perempuan untuk bekerja di luar rumah. Untuk itu, muncul lembaga sosial taman penitipan anak <em>(Day Care)</em> di tengah masyarakat sebagai wadah untuk memenuhi peran orang tua dalam mengasuh, merawat dan mendidik anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis-jenis model pelayanan Islami anak usia 2 tahun yang diterapkan di Taska Kasih Khadeeja Bandar Bukit Raja. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data berdasarkan hasil observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan model pelayanan Islami di Taska Kasih Khadeeja: (1) perawatan dan pengasuhan, (2) pendidikan dan (3) kebutuhan gizi.</p> Elvira Damayanti, Munawir Pasaribu Copyright (c) 2023 Elvira Damayanti, Munawir Pasaribu https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 http://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jote/article/view/19925 Tue, 05 Dec 2023 00:00:00 +0000 Penanaman Nilai Multikultural pada Anak di PAUD Az-Zahra Sihepeng Dua Mandailing Natal http://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jote/article/view/20087 <p>Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis Penanaman Nilai Multikultural Pada Anak Di Paud Az-Zahra Sihepeng Dua Mandailing Natal. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian kualitatif yang mendeskripsikan data menggunakan rangkaian kalimat dan Metode yang digunakan dalam penelitian adalah wawancara percakapan dua orang atau lebih mengenai suatu masalah tertentu dapat berupa tanya jawab untuk menghasilkan data yang diperlukan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Penanaman nilai Multikultural Pada Anak Di Paud Az-Zahra Sihepeng Dua Mandailing Natal yaitu dengan cara memberi memotivasi, menasehati, mendidik, membimbing, dan menjadi model teladan. Penanaman nilai kebhinekaan dengan cara memberi arahan bahwa meskipun kita berbeda budaya, suku, ras dan agama kita berstatus sama. Penanaman nilai toleransi dengan mengenalkan sifat-sifat baik kepada anak usia dini dengan cara pembiasaan, pemberian nasehat pada anak usia dini saat pelajaran dikelas. Penanaman nilai toleransi melalui metode bercerita, menunjukan bahwa budaya di Indonesa berbeda. Penanaman nilai kemanusian menggunakan media gambar karena gambar merupakan salah satu media rancangan yang sederhana, menarik minat anak. Penanaman nilai kearifan lokal seperti pembiasaan tadarus, berjanjen, ziarah kubur.</p> Farida Hannum, Ristra Sandra Ritonga Copyright (c) 2023 https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 http://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jote/article/view/20087 Sat, 18 Nov 2023 00:00:00 +0000 Penanaman Nilai Moral pada Anak Usia Dini : Studi Komparasi Pemikiran Ki Hajar Dewantara dan Thomas Lickona http://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jote/article/view/20088 <p>Dengan adanya arus globalisasi yang sekarang ini sedang terjadi dapat membawa dampak yang bisa berakibat pada lemahnya karakter dari berbagai jenjang salah satunya yaitu terhadap anak usia dini. Maka dari itu perlu untuk dikritisi bahwa pada dasarnya pembentukan harus dimulai dari akar pondasinya sehingga dapat terbentuk karakter sejak dini. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji sejumlah karya keduanya baik pemikiran dari tokoh Thomas Lickona maupun Ki Hadjar Dewantara. Metode yang digunakan yaitu studi kepustakaan. Hasilnya yaitu pandangan Thomas Lichona tentang nilai karakter yang diawali dengan knowing, filling dan action hal ini akan mengajarkan pada pendewasaan dan memanusiakan individu. sedangkan pandangan dari Ki Hadjar Dewantara yaitu dengan perbuatan budi pekerti yang diwujudkan dalam tindakan maupun perilaku. Penanaman nilai karakter yang dapat ditanamkan yaitu sudut pandang pendidikan harus humanis (tanpa paksaan dan perintah), dari sudut pandang orientasi pendidikan (pikiran, karakter, dan jasmani) dan dari sudut pandang pengembangan atau sistem among.</p> Nurhasanah Nurhasanah, Abdi Syahrial Harahap Copyright (c) 2023 https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 http://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jote/article/view/20088 Sat, 18 Nov 2023 00:00:00 +0000 Pola Asuh Ayah dalam Pembentukan Perilaku Prososial Anak Usia Dini di Desa Tanjung Padang Lawas http://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jote/article/view/20151 <p>Peran ayah dalam sebuah keluarga tidak hanya terbatas pada mencari nafkah, tetapi juga berperan secara aktif dalam pengasuhan anak dan mengawal perkembangan anak dari masa ke masa, yang meliputi kemampuan kognitif, perilaku dan hubungan sosial, serta kesehatan mental dan fisik anak. Kehadiran ayah sebagai kepala keluarga atau pemimpin membuat ayah sering kali dijadikan idola dan panutan bagi anak-anaknya. Perilaku prososial anak dipengaruhi oleh sosok idola anak yaitu seorang ayah. Tujuan penelitian ini untuk melihat pola pengasuhan yang dilakukan setiap ayah dalam membentuk perilaku prososial anak usia dini di Desa Tanjung Padang Lawas. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan teknik angket <em>questionnaire</em> dan observasi. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa pola asuh ayah dalam perilaku prososisal anak yaitu rata-rata ayah selalu menerapkan pola autoritatif sebesar 36% dengan kategori kurang, intensitas kadang-kadang dari pola asuh permisif ebesar 58% dengan kategori cukup, intensitas kadang-kadang dari pola asuh otoriter sebesar 39% dengan kategori kutang, serta intensitas kadang-kadang perilaku prososial sebesar 35% dengan kategori kurang. Rendahnya hasil pola asuh ayah dipengaruhi oleh faktor sosiodemografi yang meliputi usia, pendidikan, pekerjaan, dan pendapatan serta keterlibatan intensitas komunikasi. Sedangkan rendahnya perilaku prososial karena dipengaruhi oleh modeling dari orang tua, komunikasi, dan kebiasaan.</p> Rokiah Daulay, Ristra Sandra Ritonga Copyright (c) 2023 https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 http://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jote/article/view/20151 Sat, 18 Nov 2023 00:00:00 +0000 Pengasuhan Orang Tua Karir dan Perkembangan Emosional Anak Usia Dini di Desa Sihepeng Dua Mandailing Natal http://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jote/article/view/20152 <p>Orang tua adalah sentral pembentuk perilaku anak sejak dini. Kesibukan orang tua bukan berarti hilangnya tanggung jawab mengasuh meski mayoritas waktu dihabiskan ditempat kerja, orang tua hendaknya tetap memberikan pengasuhan yang tepat saat mereka berada di rumah dan tetap berinteraksi dengan anak-anak. Salah satu perkembangan yang potensial untuk diberikan stimulus adalah perkembangan emosional anak. Penelitian ini bertujuan untuk melihat gaya pengasuhan yang diterapkan oleh orang tua karir di Desa Sihepeng Dua Mandailing Natal dan bagaimana perkembangan emosional anak usia dini. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data yaitu observasi partisipatif, dan wawancara mendalam. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa orangtua karir di Desa Sihepeng Dua menggunakan pola pengasuhan permisif dan demokratis yang dengan hal tersebut anak dapat dengan mudahnya mendapatkan apa yang diinginkannya tanpa usaha yang harus dikerjakan. Hal tersebut menjadikan anak menjadi seseorang yang merasa bahwa semua yang diinginkannya harus ia dapatkan bagaimanapun caranya, dampak dari pengasuhan yang dilakukan orang tua terhadap perkembangan emosional, anak menjadi kurang berkembang dikarenakan sibuknya orang tua dan waktunya banyak dihabiskan oleh ibu pendamping pengganti orang tuanya yang bekerja. Oleh karena itu, orang tua memiliki peran penting yang sangat besar terhadap tumbuh kembang anak terutama pada perkembangan emosional anak serta keberhasilan anak tidak terlepas dari bimbingan dan motivasi dari orang tuanya sendiri.</p> Fatima Zahra, Sofni Indah Arifa Lubis Copyright (c) 2023 https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 http://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jote/article/view/20152 Sat, 18 Nov 2023 00:00:00 +0000 Manajemen Praktik Kerja Industri dalam Meningkatkan Mutu Lulusan di SMKS Budi Agung Medan http://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jote/article/view/20776 <p>Ketidaksinkronan antara kompetensi dasar di sekolah terhadap topik-topik pekerjaan atau tugas yang ada di tempat praktik menjadi latar belakang penelitian. Tujuan penelitian ialah untuk mengetahui perencanaan praktek kerja industri, pengorganisasian prakerin, pelaksanaan prakerin, pengawasan dan evaluasi prakerin. Penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data &nbsp;wawancara, observasi dan analisis dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian ditemukan: Perencanaan Prakerin di SMK dilakukan dengan baik seperti dalam tahapan perencanaan kegiatan yaitu Pembuatan MoU, sinkronisasi kurikulum, pembuatan peta DUDI, penetapan tempat praktik dan guru pembimbing, sosialisasi, dan pembekalan. Pengorganisasian Prakerin sudah dilakukan dengan baik semua elemen sturktural dilibatkan dalam prakerin dan yang bertanggung penuh terhadap program prakerin. Pelaksanaan prakerin sudah dilaksanakan dengan baik selama 3 &nbsp;atau 4 bulan. Pengawasan dan evaluasi prakerin di SMK Swasta Budi Agung Medan sudah dilakukan dengan baik. Proses pengawasan dilakukan oleh guru pembimbing ke DU/DI. Sedangkan evaluasi dilakukan oleh semua sturuktural termasuk guru pembimbing.</p> Nurul Widyawati Copyright (c) 2023 https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 http://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jote/article/view/20776 Sat, 18 Nov 2023 00:00:00 +0000