Journal on Teacher Education http://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jote <p>The teacher education journal is a place for researchers to develop their competencies in the fields of research, education and community service. This journal is related to the world of general education such as early childhood education, educational psychology, primary school teacher education, mathematics education, physics education, chemical education, management education, educational guidance and counseling and other practical studies. Journal On Teacher Education publish publications four times a year in March, June, September adn december. This journal is registered with E-ISSN: 2686-1798 and P-ISSN: 2686-1895.</p> en-US Authors who publish with this journal agree to the following terms: 1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal. 2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. 3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access). yolandapahrul@gmail.com (Yolanda Pahrul) yolandapahrul@gmail.com (Despa Ayuni) Thu, 13 Apr 2023 02:23:10 +0000 OJS 3.2.1.4 http://blogs.law.harvard.edu/tech/rss 60 Implementasi Manajemen Kelas yang Kreatif dalam Pengembangan Minat Belajar Anak Usia Dini http://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jote/article/view/13131 <p>Pelaksanaan manajemen kelas yang kreatif merupakan hal yang krusial dalam mengembangkan minat belajar anak usia dini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi manajemen kelas yang kreatif dalam pengembangan minat belajar anak. Teknik analisa data yang digunakan adalah analisa data kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan, guru dapat mengatur penataan ruangan dengan baik dan efisien, dan melibatkan seluruh sivitas lembaga, Faktor pendukung yaitu ketersediaan ruangan yang layak, guru dengan mudah memanajemen interior kelas, ketersediaan media membantu guru untuk melaksanakan belajar mengajar dengan baik, keaktifan dan dalam memberi semangat kepada peserta didik dan arahan dari kepala sekolah membantu para guru. Sedangkan faktor penghambat yang ditemukan dalam penelitian ini ialah kuota ketersediaan tenaga pendidik yang sudah sesuai dengan kompetensi guru PAUD belum tercukupi.</p> Elia Elia Copyright (c) 2023 Elia Elia https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 http://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jote/article/view/13131 Tue, 18 Apr 2023 00:00:00 +0000 Validitas Modul Ajar Mutasi Berbasis Problem Based Leraning (PBL) http://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jote/article/view/14575 <p>Kurikulum merdeka merupakan kurikulum baru yang menjadikan pendidikan berpusat pada peserta didik sehingga pendidik dituntut mampu mengembangkan modul ajar. Modul ajar kurikulum merdeka merupakan bahasa baru dari RPP yang memiliki ketentuan format memuat materi pembelajaran, interpretasi, dan teknik evaluasi yang disusun secara sistematis. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan <em>Research and Development </em>menggunakan model 4-D yang dibatasi sampai tahap develop. Subjek penelitian ini 2 orang dosen departemen biologi FMIPA UNP, 3 orang guru biologi SMAN 1 Batang Anai. Objek penelitian adalah modul ajar mutasi <em>problem based learning</em> (PBL) untuk mata pelajaran biologi fase F SMA/MA. Instrumen pengumpulan data adalah angket wawancara pendidik, angket validitas, dan angket uji keterbacaan. Hasil uji validitas modul ajar adalah 92,10% dikategorikan sangat valid. Berdasarkan penelitian disimpulkan bahwa modul ajar mutasi berbasis <em>Problem Based Learning</em> (PBL) untuk mata pelajaran biologi fase F SMA/MA valid.</p> Sinta Wulandari, Syamsurizal Syamsurizal, Fitri Arsih, Suci Fajrina Copyright (c) 2023 Sinta Wulandari, Syamsurizal Syamsurizal, Fitri Arsih, Suci Fajrina https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 http://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jote/article/view/14575 Thu, 18 May 2023 00:00:00 +0000 How Reading Comprehension and Reading Habits Affect Seventh Grade Students’ Writing Skills http://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jote/article/view/14514 <p>Penelitian ini mengeksplorasi bagaimana kebiasaan membaca dan pemahaman siswa kelas tujuh di SMP N 36 Palembang mempengaruhi keterampilan menulis mereka. Metode penelitian <em>ex post facto</em> digunakan dalam penelitian ini. Data dikumpulkan dengan menyebarkan kuesioner kebiasaan membaca dan melakukan ujian pemahaman membaca dan menulis. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan menggunakan regresi linier berganda, uji-t parsial, dan uji F simultan dengan kriteria signifikan 5%. Semua nilai signifikansi yang diperoleh dalam penelitian ini kurang dari 0,05, yang menunjukkan bahwa pemahaman membaca memiliki pengaruh yang baik dan substansial terhadap keterampilan menulis siswa. Kebiasaan membaca memiliki pengaruh yang baik dan cukup besar terhadap kemampuan menulis siswa. Pemahaman membaca dan kebiasaan membaca secara simultan memiliki dampak yang signifikan terhadap kemampuan menulis siswa. Menurut temuan yang diperoleh, disimpulkan bahwa pemahaman membaca dan kebiasaan membaca berperan dalam memungkinkan siswa kelas 7 di SMP N 36 Palembang untuk mencapai tingkat kemampuan menulis yang lebih tinggi.</p> Herlina Herlina, Tahrun Tahrun, Masagus Firdaus Copyright (c) 2023 Herlina Herlina, Tahrun Tahrun, Masagus Firdaus https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 http://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jote/article/view/14514 Thu, 11 May 2023 00:00:00 +0000 Perubahan Hasil Belajar Siswa MTS Al Manar dengan Mengadopsi Realistis Matematic Education pada Materi Kerucut http://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jote/article/view/14469 <p>Matematika erat sekali kaitannya terhadap kehidupan kita sehari-hari, dari hal sederhana maupun hal-hal rumit lainnya. Matematika selaras dengan jalan hidup manusia, matematika keluar dari kehidupan kita sehari-hari dan melayaninya. Pengetahuan bukanlah tujuan itu sendiri, tetapi suatu bentuk penerapan dalam kehidupan. Seperti penerapan matematika realistik pada pembelajaran sekolah demi meningkatkan hasil belajar siswa. Seperti di MTS Al Manar Johor. Penelitian dilakukan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi kerucut menggunakan metode penelitian berupa penelitian tindakan kelas atau PTK dimulai dari observasi hingga tahap akhir yaitu refleksi kembali. Penelitian ini membuahkan hasil berupa peningkatan hasil atau nilai ulangan siswa pada bulan februari setelah dilaksankannya pembelajaran matematika realistik dari yang hanya 20% menjadi 70% dari jumlah siswa yang mampu mencapai nilai KKM yang dipakai di MTS Al Manar Johor.</p> Rafiki Ikhsan, Nana Yuniar, Alfira Alfira, Nikmah Abdillah, Dwi Novita Sari Copyright (c) 2023 Rafiki Ikhsan, Nana Yuniar, Alfira Alfira, Nikmah Abdillah, Dwi Novita Sari https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 http://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jote/article/view/14469 Thu, 11 May 2023 00:00:00 +0000 Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) terhadap Kemampuan Menulis Teks Prosedur Siswa http://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jote/article/view/14424 <p>Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dan mendeskripsikan pengaruh model pembelajaran<em> Project Based Learning </em>(PjBL) terhadap kemampuan menulis teks prosedur siswa kelas XI SMA PGRI 2 Palembang. Metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu metode kuantitatif dengan <em>desain posttest Only Control Design</em> serta populasi penelitian yaitu 239 dan sampel 66 orang (33 kelas XI IPS 2 dan 33 kelas XI IPS 3). Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan instrumen tes esai dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa thitung sebesar 1,685 dan ttabel sebesar 1,666 hal ini menunjukkan bahwa thitung ? ttabel. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa Ha diterima dan Ho ditolak. Artinya hipotesis alternatif (Ha) dalam penelitian ini terdapat pengaruh model pembelajaran <em>Project Based Learning</em> (PjBL) terhadap kemampuan menulis teks prosedur siswa kelas XI SMA PGRI 2 Palembang.</p> Elza Sasmiza, Dessy Wardiah, Yenny Puspita Copyright (c) 2023 Elza Sasmiza, Dessy Wardiah, Yenny Puspita https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 http://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jote/article/view/14424 Wed, 03 May 2023 00:00:00 +0000 Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Berbasis Etnosains Sejarah Palembang di SMA http://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jote/article/view/14417 <p>Komik yang digunakan dalam pembelajaran Fisika dapat dikembangkan dengan kolaborasi cerita daerah Palembang kemudian dikaji dari aspek Fisika lalu dibuat alur cerita untuk disajikan dalam bentuk komik. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian pengembangan. Penelitian ini menggunakan model ADDIE. Pengembangan media pembelajaran fisika berbasis etnosains sejarah Palembang di Sekolah dikategorikan layak apabila persentase kelayakan memperoleh nilai ? 61%. Penelitian ini menghasilkan produk media pembelajaran berupa komik fisika berbasis etnosains materi usaha dan energi untuk siswa Kelas X SMA yang valid dan layak digunakan, bertujuan untuk meningkatkan pemahaman konsep fisika peserta didik SMA materi usaha dan energi. Setelah divalidasi oleh validator dari 3 tim ahli maka media komik dinyatakan layak. Rata-rata nilai yang diperoleh sebesar 91% yang berarti media pembelajaran fisika berbasis etnosains sejarah Palembang di SMA termasuk dalam kategori sangat valid. Respon peserta didik dari hasil rata-rata sebesar 94,5% yang menyatakan sangat layak dan respon pendidik diperoleh rata-rata sebesar 91%.</p> Muhamad Fiki Nugraha Adi, Lukman Hakim, Rita Sulistyowati Copyright (c) 2023 Muhamad Fiki Nugraha Adi, Lukman Hakim, Rita Sulistyowati https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 http://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jote/article/view/14417 Tue, 23 May 2023 00:00:00 +0000 Perbandingan Skala 7 dan 11 pada Instrumen Online Learning Environment Survey http://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jote/article/view/14368 <p style="font-weight: 400;">Penggunaan instrument pembelajaran online banyak digunakan di era digitalisasi pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan dua skala pengukuran instrumen <em>Online Learning Environment Survey</em>. Responden dari penelitian ini terdiri dari 74 mahasiswa keguruan pada lima perguruan tinggi di Indonesia. Penelitian ini menggunakan metode studi komparatif antara dua skala pengukuran instrumen <em>Online Learning Environment Survey</em>. Hasil menunjukkan bahwa skala 11 memiliki standar error measurement yang lebih kecil dibandingkan skala 7. Adapun hasil EFA untuk skala 11 menghasilkan instrument menjadi 5 faktor, sedangkan skala 7 membentuk menjadi 6 faktor. Penggunaan instrumen dengan skala 11 direkomendasikan agar responden memiliki pemahaman yang lebih mudah untuk mengisi instrumen <em>Online Learning Environment Survey.</em></p> I Nyoman Indhi Wiradika, Farida Agus Setiawati, Gede Surya Mahendra Copyright (c) 2023 I Nyoman Indhi Wiradika, Farida Agus Setiawati, Gede Surya Mahendra https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 http://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jote/article/view/14368 Sat, 27 May 2023 00:00:00 +0000 Peningkatan Kemampuan Guru dalam Pengelolaan Kegiatan Reading Champ melalui Penerapan Supervisi Kepala Sekolah di SD Inpres Iligetang http://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jote/article/view/14351 <p>Pelaksanaan <em>reading champ </em>di SD Inpres Iligetang oleh guru belum mempunyai pengaruh yang besar terhadap kemampuan membaca anak dimana masih sebagian besar anak yang belum mampu membaca. Solusi dari masalah ini adalah pelaksanaan supervisi kepala sekolah. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan kemampuan guru dalam pengelolaan <em>reading champ </em>melalui penerapan supervisi kepala sekolah di SD Inpres Iligetang. Metode penelitian menggunakan penelitian tindakan sekolah, dengan subjek penelitian adalah guru kelas rendah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan kemampuan guru dalam pengelolaan kegiatan <em>reading champ</em>, dimana pada siklus I, presentasi skor perolehan pelaksanaan kegiatan <em>reading champ </em>sebesar 57,14%; peran guru dalam kegiatan <em>reading champ </em>sebesar 100%; dan nilai hasil kegiatan <em>reading champ</em> siswa 43% (31 siswa yang tuntas). Sedangkan pada siklus II, presentasi skor perolehan pelaksanaan kegiatan <em>reading champ </em>sebesar 92%; peran guru dalam kegiatan <em>reading champ </em>sebesar 100%; dan nilai hasil kegiatan <em>reading champ</em> siswa 93,05% (67 siswa yang tuntas). Sehingga dapat disimpulkan bahwa dengan melaksanakan supervisi oleh kepala sekolah dapat meningkatkan kemampuan guru dalam melakukan pengelolaam <em>reading champ.</em></p> Simporosa Suriname Copyright (c) 2023 Simporosa Suriname https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 http://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jote/article/view/14351 Wed, 03 May 2023 00:00:00 +0000 Pembelajaran Seni Budaya di SMA Negeri 8 Padang http://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jote/article/view/14298 <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran materi musik barat di kelas XI IPS 1 SMA Negeri 8 Padang. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Instrumen penelitian adalah peneliti sendiri dengan instrumen pendukung berupa handphone dan alat tulis. Teknik pengumpulan data berupa studi pustaka, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data berupa reduksi data, penyajian data, dan menyimpulkan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa RPP yang dibuat oleh guru sudah sesuai dengan kurikulum yang digunakan sekolah. Namun pelaksanaan pembelajaran yang dilakukan oleh guru pada saat mengajar masih kurang maksimal dan tidak sesuai dengan RPP yang telah dirancang. Karena terdapat beberapa faktor, yaitu kurangnya motivasi belajar siswa dikarenakan metode yang digunakan guru adalah metode ceramah tanpa variasi dan kurangnya alokasi waktu dan minimnya fasilitas yang disediakan sekolah membuat pembelajaran teori maupun praktek menjadi terhambat dan kurang maksimal.</p> Niken Sandra Wulandari, Harisnal Hadi Copyright (c) 2023 Niken Sandra Wulandari, Harisnal Hadi https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 http://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jote/article/view/14298 Sat, 06 May 2023 00:00:00 +0000 Pembelajaran Teks Eksplanasi Bahasa Indonesia dengan Metode Kunjung Karya sebagai Alternatif Pengajaran Inovatif http://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jote/article/view/14186 <p>Menerapkan metode pembelajaran yang tepat adalah kunci keberhasilan dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan penerapan metode kunjung karya dalam pembelajaran bahasa Indonesia untuk materi teks eksplanasi. Penelitian deskriptif dilakukan dengan melibatkan 36 peserta didik, dan data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode kunjung karya sangat efektif, karena peserta didik yang menggunakan metode ini mendapatkan nilai pembelajaran teks eksplanasi antara 81-100. Aspek kreativitas dalam merancang teks eksplanasi mendapat presentase tertinggi sebesar 83,33% dan diikuti oleh aspek penilaian sikap terendah yaitu kerjasama dalam kelompok dengan presentase 55,56%. Kesimpulannya, penerapan metode kunjung karya dalam pembelajaran bahasa Indonesia untuk materi teks eksplanasi menunjukkan hasil yang sangat baik dan menunjukkan tingkat kreativitas yang tinggi.</p> Tyas Noor Rachma, Ika Septiana, Sudiyati Sudiyati Copyright (c) 2023 Tyas Noor Rachma, Ika Septiana, Sudiyati Sudiyati https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 http://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jote/article/view/14186 Tue, 02 May 2023 00:00:00 +0000 Implementasi dan Evaluasi Student Centered Learning http://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jote/article/view/14177 <p>LPK (Lembaga Pelatihan Kerja) Mandiri S Nur merupakan lembaga Pendidikan non formal yang diselenggarakan bagi masyarakat untuk memberikan pengetahuan dan keterampilan. Lembaga ini mempunyai peranan penting dalam meningkatkan kualitas SDM (Sumber Daya Manusia) yang memiliki 27 cabang yang ada di Indonesia, dan memiliki 40.000 anggota yang telah bergabung mendapatkan sertifikat pelatihan pada LPK Mandiri S Nur, sehingga hal yang menarik untuk menganalisis implementasi dan evaluasi proses pembelajaran pada LPK Mandiri S Nur. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif.Hasil penelitian menjelaskan LPK Mandiri S Nur menerapkan pembelajaran dengan <em>Student Centered Learning</em> untuk kegiatan pelatihan tata boga, tata busana dan tata rias pengantin, dengan metode pembelajaran yang menuntut warga belajar untuk memilih apa yang harus dipelajari, bagaimana caranya, dan kenapa hal atau materi tersebut harus dipelajari.</p> Lina Asnamawati, Euis Susilowati, Stefani Nawati, Dahlia Mayasari Copyright (c) 2023 Lina Asnamawati, Euis Susilowati, Stefani Nawati, Dahlia Mayasari https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 http://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jote/article/view/14177 Thu, 04 May 2023 00:00:00 +0000 Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Script untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Puisi pada Siswa Kelas X http://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jote/article/view/14159 <p>Penelitian ini didasari oleh rendahnya kemampuan siswa dalam menulis. Dalam pembelajaran menulis puisi, siswa masih kurang mampu dalam menuangkan ide atau gagasan ke dalam bentuk puisi. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perencanaan, pelaksanaan dan hasil belajar menulis puisi menggunakan model <em>cooperative script</em>. Bentuk penelitian ini adalah penlitian kualitatif yaitu model Penelitian Tindakan Kelas dengan subjek guru mata pelajaran bahasa Indonesia dan siswa kelas X MIPA SMA Negeri 1 Sebangki Tahun Pelajaran 2022/2023 yang berjumlah 24 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah teknik observasi, dokumenter, dan pengetesan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai perencanaan pembelajaran yang diperoleh guru pada siklus I yaitu 67,37 dengan persentase 67,37%, pada siklus II, yaitu 72,10 dengan persentase 72,10%, dan pada siklus III, yaitu 80 dengan persentase 80%. Pada siklus I nilai pelaksanaan pembelajaran yang diperoleh guru yaitu 63 dengan persentase 63%, pada siklus II, yaitu 73,5 dengan persentase 73,5%, dan pada siklus III, yaitu 80,5 dengan persentase 80,5%. Hasil belajar siswa dalam menulis puisi pada siklus I adalah 69,17, siklus II adalah 69,58, dan pada siklus III adalah 79,17. Jadi pembelajaran menulis puisi menggunakan model <em>cooperative script</em> dari prasiklus, siklus I, siklus II, dan siklus III mengalami peningkatan.</p> Siti Nur Fadhilatin, Antonius Totok Priyadi, Sisilya Saman Madeten Copyright (c) 2023 Siti Nur Fadhilatin, Antonius Totok Priyadi, Sisilya Saman Madeten https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 http://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jote/article/view/14159 Wed, 26 Apr 2023 00:00:00 +0000 Peningkatan Keterampilan Membaca Permulaan dengan Menggunakan Media Kartu Kata http://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jote/article/view/14144 <p>Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan membaca permulaan dengan menggunakan media kartu kata pada siswa kelas 1 SD Negeri 114/I Pulau Betung, Kecamatan Bajubang, Kabupaten Batanghari. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas kolaborasi yang dilakukan sebanyak dua siklus. Desain penelitian menggunakan model Kemmis Mc. Teggart dengan subjek penelitian siswa kelas 1 yang berjumlah 13 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran membaca permulaan dengan menggunakan media kartu kata dapat meningkatkan keterampilan membaca siswa kelas 1 SD Negeri 114/I Pulau Betung. Keterampilan membaca pada pra tindakan awal 60 meningkat menjadi 79.15). Jumlah siswa yang mencapai KKM meningkat sebanyak 53.85% (7 siswa) dari kondisi awal 38.46% (5 siswa) meningkat menjadi 92.31% (12 siswa). Pada tindakan ini keterampilan membaca siswa dengan lafal, intonasi dan membaca memahami meningkat hingga mencapai kriteria ketuntasan yang ditetapkan yaitu dengan rata-rata kelas 70 dan ketuntasan kelas 80%.</p> Darneti Darneti Copyright (c) 2023 Darneti Darneti https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 http://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jote/article/view/14144 Wed, 05 Apr 2023 00:00:00 +0000 Peningkatan Hasil Belajar PKn Materi Berprilaku Mulia sesuai Pancasila melalui Model Pembelajaran VCT http://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jote/article/view/14142 <p>Secara khusus penelitian ini bertujuan meningkatkan kualitas hasil belajar siswa dalam menerima pelajaran PKn agar hasil yang dicapai maksimal. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas II SD Negeri 13/I Muara Bulian sebanyak 26 siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Pengumpulan data melalui hasil tes formatif dan lembar pengamatan aktivitas siswa dan performansi guru Indikator keberhasilan seperti rata-rata kelas &gt;65, tuntas klasikal sekurang-kurangnya &gt;62%. Dari penelitian yang telah dilaksanakan, terjadi peningkatan hasil belajar siswa dalam proses pembelajaran pada tema Berperilaku Mulia Sesuai Pancasila. Pada siklus I nilai rata-ratanya 67.88 dengan tuntas belajar klasikal sebesar 70,00%, Sedangkan pada siklus II mencapai nilai rata-ratanya 82.31 dengan tuntas belajar klasikal sebesar 100%, sehingga terjadi peningkatan sebesar 15%. Aktivitas siswa pada siklus I yaitu 60% sedangkan pada siklus II yaitu 80%, sehingga terjadi kenaikan sebesar 20%. Performansi guru pada siklus I yaitu 81.30% sedangkan pada siklus II yaitu 89.84%, sehingga terjadi peningkatan sebesar 8.53%.</p> Nurhana Nurhana Copyright (c) 2023 Nurhana Nurhana https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 http://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jote/article/view/14142 Fri, 05 May 2023 00:00:00 +0000 Keefektifan Strategi Pembelajaran RAFT (Role, Audience, Format, Topic) terhadap Pembelajaran Menulis Teks Editorial http://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jote/article/view/11985 <p>Penelitian ini bertujuan untuk Mengetahui keefektifan dari strategi pembelajaran RAFT<em> (Role, Audience, Format, Topic),</em> mengetahui kemapuan dan keterampilan para siswa dalam menulis teks editorial tanpa menggunakan Strategi Pembelajaran RAFT <em>(Role, Audience, Format, Topic) </em>siswa kelas XII di SMA Negeri 2 Mesuji Raya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan kuantitatif<em>. </em>Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan nilai rata-rata yang didapat dari Kelas Eksperimen setelah diberikan perlakuan dengan menggunakan strategi RAFT sebesar 79 lebih besar yang dibandingkan dengan nilai rata-rata Kelas Kontrol sebesar 61 dengan menggunakan model pembelajaran konvensional, jadi selisih nilai antara kelas kontrol dan kelas eksperimen sebesar 18. Artinya kemapuan siswa dalam menulis teks editorial pada taraf dan tingkatan yang baik, yang disebabkan adanya keefektifan strategi pembelajaran RAFT. Berdasarkan hasil data perhitungan uji hipotesis diperoleh Thitung sebesar 2,05 dan dibandingkan dengan T<em>tabel</em> dengan taraf signifikan 0,05 (5%) dengan dk 40, kemudian diperoleh harga dari T<em>tabel</em> sebesar 2,021. Berarti didapat T<em>hitung</em> &gt;T<em>tabe</em>l yaitu sebesar 2,05 &gt; 2,021.</p> Elin Antika, Darwin Effendi, Siti Rukiyah Copyright (c) 2023 Elin Antika, Darwin v, Siti Rukiyah https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 http://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jote/article/view/11985 Mon, 08 May 2023 00:00:00 +0000 Validitas Modul Ajar Hereditas Manusia Berbasis Problem Based Learning (PBL) http://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jote/article/view/13658 <p>Perangkat ajar merupakan berbagai bahan ajar yang digunakan oleh pendidik dalam upaya mencapai capaian pembelajaran pada kurikulum merdeka. perangkat ajar yang digunakan oleh pendidik dalam menjalani kurikulum merdeka saat ini yaitu modul ajar. Modul ajar yang dikembangkan harus berpusat pada peserta didik sehingga peserta didik harus dapat menyusun pengetahuannya sendiri dalam memecahakan masalah dan mengupayakan solusinya, model pembelajaran yang dapat digunakan salah satunya adalah PBL. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menghasilkan sebuah modul ajar yang valid. Jenis penelitian ini adalah jenis pengembangan atau dikenal dengan <em>Research and Development</em>, dengan model pengembangan <em>4D</em>. Penelitian ini dilakukan di FMIPA UNP dan SMAN 8 Padang. Validator produk ini terdiri dari 3 validator yaitu 2 orang dosen Jurusan Biologi FMIPA UNP dan 1 orang guru mata pelajaran Biologi di SMAN 8 Padang. Dari penelitian ini maka dihasilkan modul ajar hereditas manusia berbasis PBL untuk fase F SMA/ MA yang valid dengan rata-rata nilai validitas diperoleh 89,04%.</p> Tasya Nofriyenti, Syamsurizal Syamsurizal, Fitri Arsih, Ria Anggriyani Copyright (c) 2023 Tasya Nofriyenti, Syamsurizal Syamsurizal, Fitri Arsih, Ria Anggriyani https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 http://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jote/article/view/13658 Mon, 17 Apr 2023 00:00:00 +0000 Validasi Pengembangan Modul Ajar Pola-pola Hereditas Berbasis Problem Based Learning http://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jote/article/view/13670 <p>Modul ajar yang sekarang dikembangkan menggunakan kurikulum merdeka dan dirancang oleh guru pada satuan pendidikan. Guru pada satuan pendidikan berkewajiban menyusun modul ajar secara lengkap dan sistematis. Salah satu model pembelajaran yang dapat digunakan pada kurikulum merdeka adalah model <em>Problem Based</em> <em>Learning</em>. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan 3 tahapan dari <em>four-D models, </em>terdiri dari tahap pendefinisian (<em>define</em>), perancangan (<em>design</em>), dan pengembangan (<em>develop</em>). Kelayakan produk modul ajar diukur berdasarkan validitas. Modul ajar divalidasi oleh 2 orang dosen Biologi FMIPA UNP dan 2 orang guru Biologi SMAN 1 Lubuk Alung. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan dihasilkan modul ajar pola-pola hereditas berbasis <em>problem based learning </em>untuk mata pelajaran biologi fase F SMA dan diperoleh nilai rata-rata 83,93% dengan kriteria sangat valid.</p> Widya Refmianti, Syamsurizal Syamsurizal, Fitri Arsih, Helsa Rahmatika Copyright (c) 2023 Widya Refmianti, Syamsurizal Syamsurizal, Fitri Arsih, Helsa Rahmatika https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 http://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jote/article/view/13670 Mon, 17 Apr 2023 00:00:00 +0000 Analisis Keterampilan Proses Sains Siswa Kelas V dalam Penerapan Model CLIS (Children Learning in Science) Terintegrasi Etnosains http://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jote/article/view/13755 <p>Tujuan penelitian ini untuk menganalisis keterampilan proses sains siswa kelas V dalam penerapan model pembelajaran CLIS (<em>Children Learning In Science</em>) terintegrasi etnosains. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif deskriptif dengan subjek penelitian adalah siswa kelas V SD Inpres Umauta yang berjumlah 32 orang. Data pada penelitian diperoleh melalui observasi, angket dan wawancara kemudian diolah menggunakan tabulasi data untuk data observasi dan <em>scoring</em> untuk data angket. Hasil penelitian menunjukan bahwa siswa mampu menerapkan aspek-aspek keterampilan proses sains dimana terlihat adanya peningkatan pada rata-rata hasil observasi disetiap pertemuan dan berada pada kategori baik dan didukung dengan hasil analisis angket respon siswa dan hasil wawancara siswa yang menyatakan bahwa siswa senang mengikuti pembelajaran dengan model Pembelajaran CLIS terintegrasi etnosains dimana siswa dilatih untuk melakukan percobaan, mengamati, memprediksi, membuat kesimpulan dan mengomunikasikan hasil percobaan, selain itu siswa bisa mengetahui adanya konsep-konsep atau materi yang terkait dengan budaya atau kegiatan yang dilakukan masyarakat yang sering mereka lihat terutama yang berkaitan dengan perubahan wujud benda.</p> Maria Helvina Copyright (c) 2023 Maria Helvina https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 http://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jote/article/view/13755 Mon, 15 May 2023 00:00:00 +0000 Teamwork dalam Pengelolaan Pendidikan Menurut Perspektif Al-Quran dan Sunah http://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jote/article/view/13820 <p>Tujuan dari penulisan ini adalah untuk menyajikan tentang <em>Teamwork</em> dalam perspektif Al-Quran dan Hadis. Metodologi penelitian ini menggunakan pendekatan kepustakaan (<em>Library Reasearch</em>). Data yang dikumpulkan berdasarkan jurnal, buku, Al-Quran dan Hadis atau informasi lainnya yang relevan dengan kajian. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan untuk mencapai kerjasama tim yang efektif, penting bagi anggota tim untuk memahami dan menghargai perbedaan antara anggota tim, membangun saling percaya, berkomunikasi dengan jelas, dan memiliki tujuan bersama yang jelas. Selain itu, kerjasama tim juga memerlukan fleksibilitas, kemampuan untuk bekerja dalam lingkungan yang dinamis, serta keterampilan dalam mengatasi konflik dan mengelola perbedaan pendapat.</p> Yelfi Dewi S, Fajriyani Arsya, Fenny Ayu Monia, Gazali Gazali Copyright (c) 2023 Yelfi Dewi S, Fajriyani Arsya, Fenny Ayu Monia, Gazali Gazali https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 http://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jote/article/view/13820 Mon, 08 May 2023 00:00:00 +0000 Analisis Kebutuhan Media Pembelajaran E-Modul Berbasis Discovery Learning http://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jote/article/view/13971 <p>Media pembelajaran elektronik merupakan bentuk digitalisasi media yang menyesuaikan dengan perkembangan IPTEK, salah satu contohnya yaitu <em>e-modul</em>. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kebutuhan pengembangan <em>e-modul </em>berbasis <em>discovery learning</em> di SMA/MA. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Instrumen yang digunakan adalah angket yang disebarkan kepada 25 peserta didik kelas X MIPA dan wawancara dengan seorang pendidik biologi di MAN 4 Tanah Datar. Analisis data menggunakan analisis deskriptif. Hasil analisis angket penelitian menunjukan bahwa 56% peserta didik menyatakan mengalami kesulitan memahami materi yang disajikan, 72% peserta didik sering tidak membawa bahan ajar kesekolah, 100% peserta didik menginginkan pengembangan <em>e-modul,</em> dan 60% memilih materi keanekaragaman hayati karena materinya sulit. Media pembelajaran yang digunakan masih berfokus pada materi saja belum disusun berdasarkan model pembelajaran yang tepat. Sehingga dapat disimpulkan bahwa diperlukan adanya pengembangan <em>e-modul</em> berbasis <em>discovery learning</em> tentang materi keanekaragaman hayati di kelas X MIPA MAN 4 Tanah Datar.</p> Mega Syafril, Relsas Yogica, Rahmadhani Fitri, Ganda Hijrah Selaras Copyright (c) 2023 Mega Syafril, Relsas Yogica, Rahmadhani Fitri, Ganda Hijrah Selaras https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 http://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jote/article/view/13971 Mon, 22 May 2023 00:00:00 +0000 Upaya Meningkatkan Kompetensi Pedagogik Guru dalam Perencanaan dan Pelaksanaan Pembelajaran melalui Supervisi Akademik http://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jote/article/view/14012 <p>Tujuan penelitian tindakan sekolah ini adalah untuk meningkatkan kompetensi pedagogik guru dalam perencanaan dan pelaksanan pembelajaran melalui supervisi akademik di SMA Negeri 1 Banyuke Hulu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kompetensi pedagogik dengan supervisi mengalami peningkatan. Hal ini ditunjukkan dengan adanya peningkatan rata-rata hasil supervisi perencanan pembelajaran dari 57,2 % pada pra siklus menjadi 82,6 % pada siklus 2, ini berati terjadi peningkatan sebesar 25,4 %. Selain itu hasil dari pelaksanan Pembelajaran juga meningkat dari 56,4% pra siklus menjadi 72,2 % pada siklus 2 atau mengalami kenaikan sebesar 15,8%. Karena perencanan dan pelaksanan pembelajaran meningkat setelah adanya supervisi berkelanjutan, maka metode supervisi dianggap efektif.</p> Adusius Adusius Copyright (c) 2023 Adusius Adusius https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 http://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jote/article/view/14012 Mon, 17 Apr 2023 00:00:00 +0000 Pemanfaatan Blog terhadap Kemampuan Menulis Berita pada Mahasiswa Bahasa Indonesia http://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jote/article/view/14066 <p>Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pemanfaatan blog terhadap kemampuan menulis berita pada mahasiswa Bahasa Indonesia angkatan 2019 Universitas PGRI Palembang. Metode penelitian yang digunakan adalah Survei. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu dengan pembagian angket/kuesioner. Jumlah populasi dalam peelitiann ini adalah seluruh mahasiswa program studi Bahasa Indonesia Universitas PGRI Palembang yang berjumlah 56. Sampel pada penelitian ini menggunakan <em>purposive sample</em> yang pengambilan sampelnya berdasarkan tujuan atau dengan kata lain dilakukan berdasarkan ciri pokok dari populasi, dalam penelitian ini 56 mahasiswa memenuhi ciri pokok tersebut. Berdasarkan hasil pembahasan dapat disimpulkan bahwa pengaruh blog terhadap kemampua menulis berita diperoleh hasil yang baik. Jika dilihat dari pengujian Normalitas didapat nilai 0,273&gt;0,05 hal tersebut menunjukan bahwa kedua variabel berdistribusi normal. Dengan demikian kesimpulan dari hasil analisis data, ada pemanfaatan blog terhadap kemampuan menulis berita pada mahasiswa Bahasa Indonesia angkatan 2019 Universitas PGRI Palembang.</p> Hayatun Nufus, Lira Nopriana, Masnunah Masnunah Copyright (c) 2023 Hayatun Nufus, Lira Nopriana, Masnunah Masnunah https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 http://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jote/article/view/14066 Wed, 03 May 2023 00:00:00 +0000 Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Integrated, Reading and Composition (CIRC) terhadap Kemampuan Menulis Teks Prosedur http://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jote/article/view/14067 <p>Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh model pembelajaran <em>Cooperative Integrated Reading and Composition</em> (CIRC) terhadap kemampuan menulis teks prosedur siswa kelas XI SMA PGRI 2 Palembang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah desain eksperimen yaitu desain posttest Only Control Design. Populasi penelitian ini yaitu 239 dan sampel 72 orang (XI IPA 1 sebanyak 36 orang dan XI IPA 2 sebanyak 36 orang). Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan instrumen tes esai menulis teks prosedur. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis yang menyatakan terdapat pengaruh yang signifikan sebanyak 18% dalam model pembelajaran <em>Cooperative Integrated Reading and Composition</em> (CIRC) terhadap kemampuan menulis yang telah dilakukan dapat diketahui bahwa, nilai signifikan = 0,000 &gt; 0,05, sehingga Ho ditolak dengan demikian terdapat pengaruh yang signifikan model <em>Cooperative Integrated Reading and Composition </em>( CIRC ) terhadap kemampuan menulis teks prosedur siswa kelas XI SMA PGRI 2 Palembang.</p> Masnunah Masnunah, Frenty Karillah Banea, Hayatun Nufus Copyright (c) 2023 Masnunah Masnunah, Frenty Karillah Banea, Hayatun Nufus https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 http://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jote/article/view/14067 Wed, 03 May 2023 00:00:00 +0000 Pengaruh Model Picture and Picture terhadap Keterampilan Menulis Teks Eksplanasi Siswa http://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jote/article/view/14081 <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model <em>Picture and Picture</em> terhadap keterampilan menulis teks eksplanasi siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Pendalian IV Koto. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif metode eksperimen. Rancangan penelitian ini <em>One Group Pretest and Postest</em>. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII C SMPN 1 Pendalian IV Koto yang berjumlah 22 orang. Hasil penelitian ini, yaitu <em>pertama</em>, keterampilan menulis teks eksplanasi siswa sebelum menggunakan model <em>picture and picture </em>berada pada kualifikasi Cukup (C) dengan rata-rata 56.25. <em>Kedua</em>, keterampilan menulis teks eksplanasi siswa setelah menggunakan model <em>picture and picture </em>berada pada kualifikasi Baik (B) dengan rata-rata 80.3. <em>Ketiga</em>, berdasarkan uji-t, hipotesis <em>alternative</em> (H1) diterima pada taraf signifikan 95% dan dk=(22+22)-2 karena t<sub>hitung</sub>&gt;t<sub>tabel</sub> (10.21&gt;2.07). Berdasarkan temuan penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan model <em>picture and picture</em> dapat meningkatkan keterampilan menulis teks eksplanasi siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Pendalian Koto.</p> Sindy Putri Rizona, Afnita Afnita Copyright (c) 2023 Sindy Putri Rizona, Afnita Afnita https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 http://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jote/article/view/14081 Mon, 08 May 2023 00:00:00 +0000 Peningkatan Kinerja Guru dalam Pembelajaran di Kelas melalui Supervisi Edukatif Kolaboratif Secara Periodik di SD Negeri 96/I Ladang Peris http://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jote/article/view/14143 <p>Penelitian Tindakan Sekolah ini dilakukan di SD Negeri 96/I Ladang Peris. Jenis tindakan dalam penelitian ini adalah berupa tindakan nyata yaitu membimbing guru dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran melalui supervisi Akademik. Subjek penelitian tindakan sekolah ini adalah guru kelas di SD Negeri 96/I Ladang Peris dengan jumlah 12 guru kelas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kinerja guru meningkat setelah dilakukan tindakan yang berupa supervisi edukatif kolaboratif secara periodik dari siklus I ke siklus II. Peningkatan tersebut meliputi peningkatan dalam menyusun rencana pembelajaran, melaksanakan pembelajaran, menilai prestasi belajar, melaksanakan tindak lanjut penilaian prestasi belajar siswa Berdasarkan hasil supervisi edukatif siklus I dan siklus II kinerja guru meningkat, yakni siklus I Kinerja guru dalam menyusun rencana pembelajaran siklus I mencapai 75% sedangkan siklus II 94%. Kinerja guru dalam melaksanakan pembelajaran siklus I mencapai 78.03% sedangkan siklus II mencapai 96%. Kinerja guru dalam menilai prestasi belajar siklus I mencapai 85.18% sedangkan siklus II 92.59%. Kinerja guru dalam melaksanakan tindak lanjut penilaian prestasi belajar siswa pada siklus I mencapai 62% sedangkan siklus II 90%. Dengan demikian tindakan siklus II rata-rata sudah di atas 91.67%.</p> Sumiati Sumiati Copyright (c) 2023 Sumiati Sumiati https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 http://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jote/article/view/14143 Thu, 04 May 2023 00:00:00 +0000 The Analysis of Lexical Cohesion on Academic Text of IELTS Reading Passages and Its Implication for English Teaching http://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jote/article/view/14013 <p>Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui jenis dan item kohesi leksikal yang dominan pada bacaan akademik IELTS. Penelitian ini dilakukan dengan metode Deskriptif Kualitatif. Subyek penelitiannya adalah bacaan bacaan IELTS 16. Objek penelitiannya adalah kohesi leksikal yang ditemukan dalam teks. Hasil analisis menunjukkan bahwa jenis kohesi leksikal yang ditemukan adalah Pengulangan, Sinonim, Antonim, Hiponim, Meronim, dan Kolokasi. Hasilnya menunjukkan bahwa jumlah kohesi leksikal tertinggi muncul dalam teks adalah kolokasi (25 item) dan pengulangan (19 item). Ini berarti teks akademik IELTS kompleks dan dapat disesuaikan dengan kehidupan sehari-hari karena bergantung pada isu-isu umum yang disajikan secara global. Teks akademik ini sangat direkomendasikan untuk digunakan oleh guru dalam pembelajaran bahasa Inggris dan secara pedagogis sangat membantu siswa untuk meningkatkan keterampilan kata-kata dalam bahasa Inggris dasar.</p> Sahlan Tampubolon, Christina Natalina Saragi, Lestari Kasih Grasella Nahampun, Adi Suarman Situmorang Copyright (c) 2023 https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 http://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jote/article/view/14013 Thu, 13 Apr 2023 00:00:00 +0000 Effective Strategies on Program Kampus Mengajar Merdeka to Improve Students' Literacy and Numeracy Ability at SD Negri 106446 Bintang Meriah http://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jote/article/view/14456 <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas program Kampus Merdeka Mengajar dalam meningkatkan kemampuan literasi dan numerasi siswa di SD Negri 106446 Bintang Meriah. Partisipan penelitian ini adalah 11 siswa yang dipilih menggunakan purposive sampling. Program ini dilaksanakan selama 6 bulan. Data dikumpulkan melalui observasi, dokumentasi, pre-test, dan post-test dengan menggunakan tes literasi dan numerasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan kemampuan literasi dan numerasi siswa yang signifikan setelah mengikuti program Kampus Mandiri Mengajar. Temuan menunjukkan bahwa program Kampus Mandiri Mengajar dapat menjadi strategi yang efektif untuk meningkatkan kemampuan literasi dan numerasi mahasiswa. Oleh karena itu, disarankan untuk menerapkan program ini di sekolah lain untuk meningkatkan prestasi akademik siswa. Kajian ini penting karena memberikan gambaran tentang efektifitas program Kampus Mengajar Merdeka dalam meningkatkan kemampuan literasi dan numerasi mahasiswa dalam konteks tertentu. Temuan penelitian ini dapat menginformasikan pengembangan program masa depan yang ditujukan untuk meningkatkan prestasi akademik di kalangan mahasiswa Indonesia.</p> Nenni Triana Sinaga, Sherina Debora Simamora, Caroline Pakpahan Copyright (c) 2023 https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 http://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jote/article/view/14456 Thu, 04 May 2023 00:00:00 +0000 Nilai-nilai Moral dan Nilai-nilai Sosial dalam Novel Guru Aini Karya Anadrea Hirata http://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jote/article/view/14489 <p>Novel merupakan sebuah karya sastra yang dibangun secara totalitas melalui berbagai unsur intrinsik dan ekstrinsik yang saling berkaitan serta bersifat artistik. Jenis pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan deskriptif kualitatif. Hasil dalam penelitian ini pertama, tema mengenai pendidikan dan perjuangan dalam meraih sebuah impian. Kedua, alur yang digunakan yaitu alur maju dan alur mundur. Ketiga, terdapat dua tokoh dalam novel ini sebagai tokoh utama yaitu Desi dan Aini sedangkan tokoh tambahan yaitu Debut Awaludin dan pak Tabah serta Laili. Keempat, latar yang digunakan adalah latar tempat, latar waktu dan latar sosial. Kelima, sudut pandang yang digunakan adalah sudut pandang personal orang ketiga dengan teknik “dia” maha tahu”. Adapun nilai moral yang terkandung yaitu hubungan manusia dengan manusia, manusia dengan diri sendiri dan manusia dengan tuhan.</p> Ledia Oktarila, Ratu Wardarita, Dessy Wardiah Copyright (c) 2023 https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 http://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jote/article/view/14489 Fri, 05 May 2023 00:00:00 +0000 Pengaruh Kreativitas Guru dalam Mengajar terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X IPS di SMA Gajah Mada Tahun Ajaran 2022/2023 http://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jote/article/view/14552 <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kreativitas guru dalam mengajar terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas X IPS di SMA Gajah Mada tahun ajaran 2022/2023. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Dalam penelitian ini menggunakan populasi seluruh siswa kelas X IPS SMA Gajah Mada yang berjumlah 19 orang siswa sebagai sampel penelitian. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini yakni Uji Normalitas, Uji Linearitas, Uji Regresi Linear Sederhana, Uji Keberartian Regresi (Uji-t), Uji Koefisien Regresi (Uji F). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kreativitas guru dalam mengajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi dengan diperoleh persamaan Y= 35.603 + 0,858X dengan penjelasan bahwa setiap peningkatan 1% kreativitas guru dalam mengajar maka hasil belajar siswa akan meningkat 0,858. Uji hipotesis secara parsial (Uji-t) untuk variabel X diperoleh t-hitung (5.165) &gt; t-tabel (2.109) dan p-value (0.000) yang dapat disimpulkan bahwa variabel bebas X (kreativitas guru dalam mengajar) memberi pengaruh signifikan terhadap variabel terikat Y (hasil belajar siswa).</p> Sanggam Pardede, Dearlina Sinaga, Jayadi Setia Oktafiana Copyright (c) 2023 https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 http://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jote/article/view/14552 Mon, 08 May 2023 00:00:00 +0000 Peran Orangtua Tunggal dalam Penguatan Karakter Peduli Lingkungan Anak Usia Dini http://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jote/article/view/14720 <p>Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui peran orangtua tunggal dalam penguatan karakter peduli lingkungan anak usia dini. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian survey deskriptif. Sampel pada penelitian ini ialah orangtua tunggal yang memiliki anak berusia 4-6 tahun. Peneliti pada penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data berupa wawancara dan angket. Berdasarkan hasil penelitian terlihat bahwa 75% orangtua tunggal sudah menjalankan perannya dalam penguatan karakter peduli lingkungan pada anak dengan baik. Orangtua tunggal memberikan penguatan melalui berbagai cara yaitu dengan pendisiplinan terhadap pemakaian barang yang digunakan, pembiasaan dalam pekerjaan rumah dalam merawat tanaman, membersihkan perkarangan rumah, penanaman bunga dan pohon serta tanggung jawab dalam kegiatan yang dilakukan anak dalam membereskan peralatan makanannya dan membereskan mainannya.</p> Yuliani Eka Putri, Asla De Vega Copyright (c) 2023 https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 http://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jote/article/view/14720 Tue, 16 May 2023 00:00:00 +0000 Pengaruh Minat Belajar dan Persepsi Siswa atas Kompetensi Kepribadian Guru Madrasah Aliyah terhadap Hasil Belajar Sosiologi Diwilayah Serang Banten http://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jote/article/view/14882 <p>Pengaruh Minat Belajar Siswa dan Persepsi Siswa atas Kompetensi Kepribadian Guru Terhadap Prestasi Belajar Sosiologi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) pengaruh minat belajar siswa terhadap hasil belajar sosiologi, (2) pengaruh persepsi siswa atas kompetensi kepribadian guru terhadap hasil belajar sosiologi, (3) pengaruh minat belajar siswa dan persepsi siswa atas kompetensi kepribadian guru terhadap hasil belajar sosiologi secara bersama-sama. Metode penelitian yang digunakan adalah survey tekhnik analisis linear berganda. Uji hipotesis menggunakan uji linear berganda. Hasil penelitian menyimpulkan terdapat pengaruh yang signifikan minat belajar siswa dan persepsi siswa atas kompetensi kepribadian guru secara bersama-sama terhadap prestasi belajar sosiologi. Hal ini dibuktikan dengan perolehan nilai Sig. 0,000&lt; 0,05 dan F<sub>h</sub> = 10,778. Terdapat pengaruh yang signifikan minat belajar siswa terhadap prestasi belajar sosiologi siswa MA Swasta Serang Banten. Hal ini dibuktikan dengan perolehan nilai Sig. 0,005&lt; 0,05 dan t<sub>h</sub>= 2,934.</p> Rachmatullah Jundi, Amat Hidayat Copyright (c) 2023 https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 http://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jote/article/view/14882 Mon, 22 May 2023 00:00:00 +0000 Pembelajaran Menulis Teks Laporan Hasil Observasi Berbasis Experiental Learning http://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jote/article/view/14930 <p>Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan yang signifikan dalam pembelajaran menulis teks laporan hasil observasi siswa. Penelitian ini dilakukan pada tahun 2022 di SMP Swasta GKPS 3 Pematangsiantar. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan eksperimen dan menggunakan model <em>one group pretest-posttest</em>. Selanjutnya penelitian ini akan dibandingkan dengan sampel uji terkait pada taraf signifikan atau taraf 0,05 (95%). Hasilnya nilai rata-rata <em>pretest</em> = 55,03 dan nilai rata-rata <em>posttest</em> = 86,83. dari analisis data, hipotesis penelitian diuji dengan menggunakan uji “t”. Dari hasil penelitian diperoleh thitung = 27,31 dengan taraf signifikan 0,05 (tingkat kepercayaan 95%) dengan df 29 diperoleh t tabel 2,074. dengan demikian jika thitung &gt; ttabel yaitu (27,31&gt;2,074) maka Ho ditolak, dengan penolakan Ho maka Ha diterima. Dapat disimpulkan bahwa hasil kemampuan menulis teks laporan observasi siswa kelas V SMP Swasta GKPS 3 Pematang Siantar lebih baik setelah menggunakan metode <em>Experiential Learning</em>.</p> Mery Chris Isabella Saragih, Adi Syahputra Manurung Copyright (c) 2023 https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 http://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jote/article/view/14930 Wed, 24 May 2023 00:00:00 +0000