Journal on Teacher Education http://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jote <p>The teacher education journal is a place for researchers to develop their competencies in the fields of research, education and community service. This journal is related to the world of general education such as early childhood education, educational psychology, primary school teacher education, mathematics education, physics education, chemical education, management education, educational guidance and counseling and other practical studies. Journal On Teacher Education publish publications four times a year in March, June, September adn december. This journal is registered with E-ISSN: 2686-1798 and P-ISSN: 2686-1895.</p> en-US Authors who publish with this journal agree to the following terms: 1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal. 2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. 3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access). yolandapahrul@gmail.com (Yolanda Pahrul) yolandapahrul@gmail.com (Despa Ayuni) Wed, 04 Jan 2023 02:19:25 +0000 OJS 3.2.1.4 http://blogs.law.harvard.edu/tech/rss 60 Pengaruh Konseling Kelompok di Sekolah Swasta Berbasis Keagamaan dalam Meningkatkan Displin Belajar Siswa http://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jote/article/view/10563 <p>Penelitian ini dilatar belakangi dari hasil observasi peneliti di salah satu sekolah swasta yang berada di bawah naungan muhammadiyah Di Tanah Datar. MTS S Muhammadiyah batu batu bulat merupakan sekolah swasta berbasis keagamaan yang berada dibawah naungan muhammadiyah bukan berada di dalam dinas pendidikan. Dari fenomena yang peneliti temukan menunjukan ada nya indikator ketidak disiplinan siswa dalam belajar. tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh konseling kelompok disekolah swasta yang berbasis keagamaan dalam meningkatkan disiplin belajar siswa. Metode penelitian yang penulis gunakan adalah metode penelitian pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen. yang menjadi populasi dalam penelitian peneliti ini ialah siswa kelas VIII yang menjadi subjek peneliti berjumlah 75 orang siswa teknik pengambilan sampel yang digunakan cluster random sampling dengan mengambil 20 orang siswa sebagai sampel penelitian. Adapun teknik analisis data dilakukan dengan cara membandingkan hasil rerata <em>pretest </em>dan <em>posttest </em>kelompok ekperimen dengan memakai metode statistik uji-t. berdasarkan hasil penelitian yang digunakan maka di peroleh (10,68) &gt; t<sub>t </sub>(2,262) pada db = 9 taraf signifikasi 5%. Dengan demikian, maka hipotesis alternatif () diterima dan (H<sub>o</sub>) ditolak pada taraf signifikan 5% dengan db atau df= 9. Ini berarti bahwa konseling kelompok berpengaruh signifikan dalam meningkatkan disiplin belajar siswa di sekolah swasta yang berbasis keagamaan.</p> Della Rahmadani, Wahidah Fitriani Copyright (c) 2023 Della Rahmadani, Wahidah Fitriani https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 http://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jote/article/view/10563 Tue, 10 Jan 2023 00:00:00 +0000 Pengaruh Permainan Bisik Berantai Terhadap Kemampuan Menyimak Pada Anak Usia 5-6 Tahun http://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jote/article/view/10787 <p>Permainan bisik berantai dapat dipergunakan dalam proses pembelajaran, hal ini sesuai dengan tingkat perkembangan anak usia dini yang mempunyai dunia sendiri yaitu dunia bermain. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh permainan bisik berantai terhadap kemampuan menyimak pada anak usai 5-6 tahun. Metode penelitian yang digunakan adalah <em>Pre-Eksperimental Design</em> dengan desain <em>One Group Pretes-Posttest</em>. Populasi penelitian ini menggunakan anak usia 5-6 tahun di TK Mugi Rahayu 1 PGRI yang berjumlah 30 anak. Pengambilan sampel penelitian menggunakan <em>Simple Random Sampling</em>. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan lembar observasi kemampuan menyimak dan dokumentasi kegiatan permainan bisik berantai. Analisisi data menggunakan <em>Paired Samples T-Test</em> dengan signifikasi 0.05. Hasil uji <em>Paired Samples T-Test</em> sebesar 0.7913 atau 0.7913 &lt;0.05 yang berarti pengaruh kemampuan menyimak antara sebelum dan sesudah diberlakukannya <em>treatment </em>yang berupa permainan bisik berantai.</p> Retyuningsih Retyuningsih, Nur Aliyah, Aprilia Wahyuning Fitri Copyright (c) 2023 Retyuningsih Retyuningsih, Nur Aliyah, Aprilia Wahyuning Fitri https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 http://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jote/article/view/10787 Wed, 25 Jan 2023 00:00:00 +0000 Penerapan Konsep Belajar Perspektif Al-Qur’an dalam Pembelajaran Matematika di SMPIT Nurul Fikri Bagan Sinembah Raya http://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jote/article/view/10998 <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan konsep balajar perspektif al-Qur’an dalam pembelajaran Matematika di SMPIT Nurul Fikri Bagan Sinembah Raya. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Adanya penerapan konsep belajar perspektif Al-Qu’an pada proses pembelajaran dengan adanya indikator belajar seperti ra’yu, nazharo, sam’u dan bashara. Dalam pembelajaran matematika sumber belajarnya adalah Alam sedangkan Al-Quran belum menjadi sumber belajar. Hasil belajar dengan ketuntasan 85% menggambarkan tercapainya tujuan pembelajaran dalam kurikulum. Tercapainya tujuan pembelajaran hanya sebatas penguasaan materi akan tetapi belum sampai kepada terbentuknya kesadaran diri dan rasa kagum kepada Allah Ta’ala.</p> Maralottung Siregar, Munzir Haitami, M. Kadar Yusuf Copyright (c) 2023 https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 http://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jote/article/view/10998 Wed, 04 Jan 2023 00:00:00 +0000 Analisis Kebijakan Perubahan Stain/IAIN Menjadi UIN http://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jote/article/view/11000 <p>Tujuan penelitian ini untuk mengetahui analisis kebijakan perubahan STAIN/IAIN menjadi UIN. Penelitian ini menggunakan metode kajian pustaka (<em>library research</em>). Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada beberapa hal yang melatarbelakangi perlunya konversi IAIN menjadi UIN yaitu perubahan pada jenis pendidikan Madrasah Aliyah. Dulunya Madrasah adalah sekolah agama, kini madrasah sudah menjadi bagian dari sekolah umum atau sekolah yang berciri khas Islam, Adanya dikotomi ilmu-ilmu agama dan ilmu-ilmu umum. Perubahan IAIN menjadi UIN merupakan peluang bagi para lulusan untuk memasuki lapangan kerja yang lebih luas. Perubahan IAIN menjadi UIN adalah dalam rangka memberikan peluang bagi lulusan IAIN untk melakukan mobilitas vertical, dan perubahan IAIN menjadi UIN juga merupakan tuntutan akan penyelenggaraan pendidikan yang professional, berkualitas tinggi dan menawarkan banyak pilihan.</p> Ahmad Hafizon, Hairunnas Rajab Copyright (c) 2023 https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 http://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jote/article/view/11000 Wed, 04 Jan 2023 00:00:00 +0000 Pengembangan Materi Ajar Konsep Penciptaan Alam Berbasis Islam dalam Pembelajaran IPA di SD IT Hangtuah Bagan Batu Kabupaten Rokan Hilir Provinsi Riau-Idonesia http://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jote/article/view/11216 <p>Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan materi ajar konsep penciptaan alam berbasis islam pada pembelajaran IPA dalam bentuk komik sebagai kretifitas imajinatif siswa sekolah dasar. <em>Metode penelitian yang digunakan adalah kombinasi antara penelitian lapangan dan studi pustaka jenis deskriptif kualitatif.</em> Respon siswa uji coba satu-satu diperoleh nilai rata-rata sebesar 4.29 pada kategori sangat praktis dengan tingkat keterbacaan 4.4 (88%) juga pada kategori tinggi. Sementara pada uji coba kelompok kecil diperoleh nilai rata-rata respon siswa sebesar 4.29 (sangat praktis), dengan tingkat keterbacaan 4.7 (94%) juga berada pada kategori tinggi. Pada saat uji lapangan juga diperoleh respon siswa sebesar 4.30 dengan kategori tinggi. Dengan demikian dapat dinayatakan bahwa bahan ajar IPA tema Penciptaan Alam berbentuk komik berada pada kategori sangat praktis dengan tingkat keterbacaan yang tinggi. Hal ini menunjukan bahwa produk dapat terlaksana dengan baik dan proses pembelajaraan berjalan dalam situasi normal. Secara keseluruhan dapat dinyatakan bahwa bahan ajar IPA tema Penciptaan Alam dalam bentuk komik mudah dipahami, menarik dan dapat meningkatkan kreativitas imajinasi siswa.</p> Ahmad Hafizon, Munzir Hitami, Kadar M. Yusuf Copyright (c) 2023 https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 http://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jote/article/view/11216 Sun, 08 Jan 2023 00:00:00 +0000 Xenoglosofilia pada Akun Instagram Indonesian Event; Potret Terkini Retorika Tulisan Indonesia dan Implikasinya terhadap Pendidikan Bahasa Indonesia http://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jote/article/view/11218 <p>Tujuan penelitian ini adalah mendapatkan data xenoglosofilia di poster digital pada akun intagram indonesian.even serta mengkaji imbas xenoglosofilia terhadap pendidikan bahasa Indonesia. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Sumber data pada penelitian ini adalah akun intagram <em>Indonesian Event</em>. Sedangkan objek kajian pada penelitian ini adalah bentuk xenoglosofilia pada <em>feed</em> instagram <em>Indoesian Event</em>, selama satu tahun terakhir (2022). Pengumpulan data dilakukan dengan teknik dokumentasi. Penelitian ini menemukan bahwa penggunaan diksi Bahasa Inggris pada poster digital yang diunggah pada <em>feed </em>instagram <em>indonesian.even</em> 2022 mencapai angka 20,55%, sedangkan diksi yang berasal dari bahasa daerah hanya sebesar 0,02%. Hal ini menunjukkan bahwa style retorika tulisan pada poster digital yang dimuat pada akun instagram <em>indonesian.event</em> diwarnai secara dominan oleh Bahasa Inggris. Oleh karena itu, praktisi pendidikan perlu lebih selektif&nbsp; dalam menempatkan penggunaan diksi asing. Di samping itu, Potret xenogosofilia di Indonesia perlu mendapatkan perhatian khusus bagi pemegang kebijakan agar bisa menyusun gebrakan baru dalam rangka memelihara keutuhan Bahasa Indonesia sebagai legasi untuk penerus bangsa. Pengetahuan tentang keterancaman perkembangan Bahasa Indonesia yang selama ini hanya terdapat pada perkuliahan kedwibahasaan, sejatinya perlu disebarluaskan guna menumbuhkan kesadaran masyarakat bahasa tentang pentingnya menjaga marwah bahasa nasional.</p> Lusi Komala Sari Copyright (c) 2023 https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 http://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jote/article/view/11218 Sun, 08 Jan 2023 00:00:00 +0000 Penerapan Kode Etik Konseling Guru BK Latar Belakang Non Pendidikan BK dalam Melaksanakan Layanan BK di Sekolah http://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jote/article/view/11219 <p>Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat bagaimana gambaran penerapan kode etik konseling bagi guru BK yang berlatar belakang pendidikan non BK. Metode penelitian yang dilakukan adalah penelitian kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi dan wawancara. Subjek penelitian ini adalah guru BK yang berlatar belakang pendidikan non BK (sarjana psikologi dan seni budaya) yang berjumlah dua orang. Analisis data dilalukan dengan mereduksi data yang diperoleh di lapangan, lalu memaparkan data, dideskripsikan dan menyimpulkan data yang diperoleh. Data yang diperoleh di uji keabsahannya melalui triangulasi sumber. Hasil penelitian menjelaskan bahwa Guru BK berlatar belakang pendidikan non BK mengetahui adanya kode etik konseling namun masih awam dalam memahami kode etik konseling, tidak mengetahui bagaimana cara mengembangkan dan menguasai pemahaman terhadap BK.</p> Ulfa Mulyani, Irman Irman Copyright (c) 2023 https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 http://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jote/article/view/11219 Sun, 08 Jan 2023 00:00:00 +0000 The Role of Boarding Schools in Student Moral Development http://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jote/article/view/11286 <p>Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana akhlak pada santri. Faktor pendukung dan penghambat dalam pembinaan akhlak santri. Fokus penelitian ini yaitu peran Pembina asrama dalam membina serta meningkatkan akhlak santri. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif, Penelitian ini menggunakan tekhnik pengumpulan data yaitu wawancara, observasi, dokumentasi dan angket. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dalam meningkatkan kedisiplinan para santri yang berasal dari latar belakang dan karakter yang berbeda-beda tentunya tidak akan mudah bagi seorang Pembina asrama dalam mengajak dan mengarahkan. Namun dalam proses meningkatkan kedisiplinan para santri, Pembina asrama harus memiliki beberapa metode yang dapat digunakan untuk diterapkan kepada santri. Dengan adanya beberapa metode yang digunakan tersebut maka akan terwujudlah sebuah kedisiplinan yang sesuai seperti yang diharapkan. Karena Pembina asrama mempunyai tugas dan tanggung jawab dalam membimbing dan mengarahkan santri agar tetap disiplin dalam beribadah terutama dalam sholat berjamaah dimasjid.</p> Faisal Akbar Manurung, Irman Irman Copyright (c) 2023 https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 http://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jote/article/view/11286 Mon, 09 Jan 2023 00:00:00 +0000 Pengaruh Pembelajaran Berbasis Budaya Lokal dan Nilai Kebhinnekaan terhadap Hasil Belajar PKn Siswa http://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jote/article/view/12067 <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa yang diajar dengan pendekatan pembelajaran berbasis budaya lokal sumatra utara dibandingkan dengan hasil belajar siswa yang diajar dengan pendekatan pembelajaran konvensional; hasil belajar siswa yang memiliki nilai kebhinnekaan tinggi dibandingkan dengan hasil belajar siswa yang memiliki nilai kebhinekaan rendah; dan interaksi antara pendekatan pembelajaran dan nilai kebhinekaan terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran PKN. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 106163 Percut Sei Tuan. Populasi penelitian yaitu siswa kelas V yang terdiri dari dua kelas dengan jumlah siswa sebanyak 50 siswa. Instrumen dalam penelitian ini berupa tes hasil belajar PKN dan angket tentang nilai-niai kebhinekaan. Metode yang digunakan yaitu quasi eksperimen dengan desain faktorial 2x2. Teknik analisis data menggunakan ANAVA pada taraf sig. ?=0,05. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bajwa data ini menunjukkan bahwa pendekatan pembelajaran dan nilai kebhinekaan berpengaruh terhadap hasil belajar PKN siswa.</p> Luciana Simanjuntak Copyright (c) 2023 https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 http://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jote/article/view/12067 Thu, 02 Feb 2023 00:00:00 +0000