http://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jote/issue/feedJournal on Teacher Education2024-07-01T03:03:16+00:00Admin vani[email protected]Open Journal Systems<p>The teacher education journal is a place for researchers to develop their competencies in the fields of research, education and community service. This journal is related to the world of general education such as early childhood education, educational psychology, primary school teacher education, mathematics education, physics education, chemical education, management education, educational guidance and counseling and other practical studies. Journal On Teacher Education publish publications four times a year in March, June, September adn december. This journal is registered with E-ISSN: 2686-1798 and P-ISSN: 2686-1895.</p>http://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jote/article/view/24660Motivasi dalam Pemanfaatan Layanan Pembelajaran2024-04-21T05:42:22+00:00Herry Novrianda[email protected]Pamela Mikaresti[email protected]<p>Pemanfaatan layanan pembelajaran menjadi solusi dalam meningkatkan proses kemandirian belajar mahasiswa Universitas Terbuka (UT). Penelitian bertujuan untuk menganalisis motivasi mahasiswa UT Bengkulu dalam memanfaatkan layanan bantuan belajar. Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif melalui wawancara mahasiswa dari berbagai program studi di UT Bengkulu, dipilih melalui teknik <em>purposive sampling. </em>Data dianalisis dengan pendekatan analisis konten. Hasil penelitian menunjukkan terdapat beberapa faktor yang mempengaruhi motivasi mahasiswa dalam memanfaatkan layanan bantuan belajar, yaitu <em>minat pribadi</em> mahasiswa terhadap mata kuliah; <em>tuntutan akademik</em>, <em>dukungan keluarga</em>, <em>kemandirian belajar</em> mahasiswa, dan <em>lingkungan belajar</em> antara dosen, tutor, dan teman sekelas. Implikasinya adalah diperlukan pemahaman lebih dalam terhadap minat dan kebutuhan individu serta respon mahasiswa terhadap tuntutan akademiknya. Selanjutnya, kemandirian belajar perlu didorong melalui pelatihan dan panduan, serta peran dosen, tutor, dan rekan sekelas perlu diperkuat dalam memberikan dukungan akademik yang efektif. Terakhir, perlu dilakukan pemantauan dan evaluasi rutin untuk memastikan efektivitas bantuan layanan belajar yang diberikan oleh UT Bengkulu.</p>2024-06-12T00:00:00+00:00Copyright (c) 2024 Pamela Mikaresti, Herry Novriandahttp://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jote/article/view/27552Implementasi Metode Disiplin Positif dalam Menanamkan Kemampuan Behavior Control pada Anak Usia 4-6 Tahun2024-04-30T14:31:50+00:00Triyani Triyani[email protected]Risdianto Hermawan[email protected]<p>Disiplin positif merupakan suatu metode yang dapat digunakan dalam menanamkan kemampuan kontrol perilaku. Kontrol perilaku menekankan pada kemampuan anak dalam mengendalikan situasi yang tidak menyenangkan. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui implementasi metode disiplin positif dalam menanamkan kemampuan kontrol perilaku pada anak usia 4-6 tahun di TK Rindang Kasih 1 Karangpoh. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian yang dilakukan menunjukan bahwa metode disipin positif yang diterapkan di TK Rindang Kasih 1 Karangpoh memiliki pola penerapan manajemen yaitu <em>planning</em>, <em>organizing</em>, <em>actuating</em> dan <em>controlling</em> yang baik sehingga anak memiliki kontrol perilaku yang baik.</p>2024-06-06T00:00:00+00:00Copyright (c) 2024 Triyani Triyani, Risdianto Hermawanhttp://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jote/article/view/27828Analisis Penilaian Suku Bunga (BI-7DRR) terhadap Harga Saham Bank Rakyat Indonesia (BRI) Persero Periode Tahun 2019-20222024-05-17T14:09:45+00:00Wawan Sugianto[email protected]Fachruddiansyah Muslim[email protected]Iwan Putra[email protected]<p>Perkembangan suku bunga merupakan salah satu aspek penting yang harus diketahui oleh calon investor untuk dapat memprediksi pergerakan suatu harga saham perusahaan. Secara teori pergerakan suku bunga memiliki nilai yang searah dengan harga saham pada perbankan konvensional namun hal ini berbanding terbalik dengan pergerakan harga saham yang terjadi pada Bank BRI pada tahun 2022. Penelitian ini bertujuan untuk dapat mengetahui penilaian suku bunga (BI-7DRR) terhadap harga saham Bank Rakyat Indonesia (BRI) Persero Periode 2019-2022 serta untuk mengetahui arah nilainya. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan tipe data time series yang menggunakan data sekunder didapatkan melalui website resmi berupa <a href="http://www.bi.go.id">www.bi.go.id</a> dan <a href="http://www.investing.go.id">www.investing.go.id</a>. Pengolahan data pada penelitian ini dibantu dengan menggunakan Eviews 8. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwasanya suku bunga memiliki tingkat nilai probabilitas 0,857 > 0,05 dengan nilai t-statistik 4.598. Sedangkan nilai constant atau nilai tetap (c) = 3952.674 dengan nilai suku bunga 3952.674. setiap nilai yang ditunjukkan menghasilkan nilai positif.</p>2023-06-06T00:00:00+00:00Copyright (c) 2024 Wawan Sugianto, Fachruddiansyah Muslim, Iwan Putrahttp://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jote/article/view/28554Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Model Doctor Materi Kinematika pada Mahasiswa2024-05-28T06:41:02+00:00Aprilita Ekasari[email protected]Algiranto Algiranto[email protected]<p>Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui kemampuan pemecahan masalah mahasiswa Teknik Informatika Universitas Musamus Merauke tahun ajaran 2022/2023 pada materi kinematika. Jenis penelitian ini merupakan penelitian survey dengan analisis deskriptif kualitatif. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini berupa soal tes yang terdiri dari lima nomor soal uraian yang udah terintegrasi dengan indikator pemecahan masalah tipe <em>doctor</em>. Hasil penelitian menunjukan kemampuan mahasiswa mengerjakan soal pemecahan masalah masih berda pada level rendah. Mahasiswa yang mampu penyelesaikan masalah hingga tahapan <em>logical progression </em>untuk soal nomor 1 sebesar 44%, untuk soal nomor 2 sebesar 41,8%, untuk soal nomor 3, 4 dan 5 sebesar 46,5%. Mahasiswa mampu menyelesaikan tahapan pemecahan masalah <em>usefull description, dan physics approach</em> dengan baik dan mahasiswa belum mampu menyelesaikan masalah dengan baik pada tahapan indikator <em>specific application of physics, mathematical procedures, logical progression.</em></p>2024-06-11T00:00:00+00:00Copyright (c) 2024 Aprilita Ekasari, Algiranto Algirantohttp://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jote/article/view/28608Makanan Adat pada Acara Pertunangan di Nagari Lubuk Pandan Kabupaten Padang Pariaman2024-05-28T06:46:29+00:00Aulia Rahmi Hidayatul Kharnisa[email protected]Kasmita Kasmita[email protected]Wiwik Gusnita[email protected]Juliana Siregar[email protected]<p>Penelitian ini dilatar belakangi karena adanya evolusi budaya pertunangan, sehingga generasi muda pada saat ini tidak mengetahui bagaimana budaya sebenarnya. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan rangkaian acara pertunangan termasuk makanan yang disajikan. Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Penelitian ini dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi dengan melibatkan informan sebanyak 15 orang yang terdiri dari <em>Niniak Mamak, Bundo Kanduang </em>dan Masyarakat yang mengetahui dengan jelas dan pasti tentang makanan adat pada acara pertunangan di Nagari Lubuk Pandan. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat 6 rangkaian acara pertunangan, bahan makanan yang dominan terdiri dari bahan hewani, nabati sayur dan buah. Bumbu yang dominan terdiri dari jahe, kunyit, cabe, ketumbar, kemiri, lengkuas, serai, buah pala, bawang merah dan bawang putih. Dan seluruh makanan yang dihidangkan memiliki filosofi yang mengandung adat istiadat setempat.</p>2024-05-28T00:00:00+00:00Copyright (c) 2024 http://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jote/article/view/28695Pengembangan Bahan Ajar E-Modul Berbasis Canva pada Mata Kuliah Media Pembelajaran dan TIK2024-05-30T03:06:48+00:00Bangun Alsafa Anhar[email protected]Fachruddiansyah Muslim[email protected]Romi Kurniadi[email protected]<p>Penelitian ini merupakan penelitian <em>Research & Development. </em>Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan pengembangan bahan ajar e-modul berbasis canva pada mata kuliah media pembelajaran dan TIK. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang merujuk pada model ADDIE, terdiri dari tahap <em>analyze, design, develop, implement</em>, dan tahap <em>evaluated</em>. Instrumen pengembangan menggunakan observasi, angket, dokumentasi. Penelitian ini menghasilkan kesimpulan bahwa pengembangan bahan ajar e-modul berbasis canva memeroleh kategori sangat layak berdasarkan validasi ahli materi dengan persentase nilai 92,9 %. Selain itu, berdasarkan validasi ahli media memperoleh kategori sangat layak dengan persentase 93,3 %. Serta memperoleh kategori sangat baik berdasarkan persepsi mahasiswa dengan nilai 85,7 % setelah dilakukan uji coba lapangan.</p>2024-06-20T00:00:00+00:00Copyright (c) 2024 Bangun Alsafa Anhar, Fachruddiansyah Muslim, Romi Kurniadihttp://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jote/article/view/28773Perkembangan Pembelajaran Berdiferensasi dalam Kurikulum Merdeka Pada TK Al-Hidayah Kota Jambi2024-05-31T08:51:12+00:00Rosarina Manalu[email protected]Nanda Syavira[email protected]Fitri Andini[email protected]Shella Noprida Yanti[email protected]Winda Sherly Utami[email protected]Sri Indriani Harianja[email protected]<p>Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perkembangan pembelajaran kurikulum merdeka di satuan pendidikan di TK Al-Hidayah Kota Jambi. Pembelajaran yang dikembangkan untuk merespon kebutuhan murid dalam belajar yang bisa berbeda-beda, meliputi kesiapan belajar, minat, potensi, atau gaya belajaranya. Metode penelitian ini termasuk dalam penelitian kuantitatif dengan pendekatan eksploratif, penggunaan pendekatan eksploratif salah satu untuk meneliti sesuatu yang menarik perhatian yang belum diketahui, belum dipahami, atau belum dikenal dengan baik sehingga ingin dikaji lebih dalam, biasanya menyangkut fenomena terkini. Hasil kajian tentang Pengembangan Pembelajaran Berdiferensasi dalam kurikulum merdeka TK Al-Hidayah Kota Jambi menunjukan bahwa proses penerapan kurikulum Merdeka perlu adanya kesiapan dan perencanaan yang matang, sekolah ini baru saja menerapkan kurikulum Merdeka. Masih banyak dalam proses pembelajaran baik dalam segi pembuatan alat pengajaran, metode pengajaran, maupun evaluasi. Perbedaan dari kurikulum dahulu ke kurikulum merdeka diharapkan dapat memberikan dampak positif yang mendorong proses pembelajaran terhadap peserta didik maupun pendidik di TK Al-Hidayah Kota jambi.</p>2024-06-19T00:00:00+00:00Copyright (c) 2024 Rosarina Manalu, Nanda Syavira, Fitri Andini, Shella Noprida Yanti, Winda Sherly Utami, Sri Indriani Harianjahttp://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jote/article/view/28787Analisis Apersepsi dan Pengalaman Mahasiswa dalam Merealisasikan Program Kampus Mengajar 3 di SD Negeri 115/IV Kota Jambi2024-06-04T04:36:21+00:00Yoga Pratama Putra[email protected]Muhammad Arif Liputo[email protected]Iwan Putra[email protected]<p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan apersepsi dan pengalaman mahasiswa dalam Program Kampus Mengajar 3 di SD Negeri 115/IV Kota Jambi serta hambatan dan solusi dalam merealisasikannya. Jenis penelitian ini penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi ini melibatkan 2 mahasiswa, guru pamong, operator sekolah, dosen pembimbing lapangan, dan koordinator PT MBKM sebagai sumber data, yang dikumpulkan melalui wawancara semi terstruktur dan dianalisis menggunakan teknik Miles & Huberman dengan aplikasi NVivo12. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi Program Kampus Mengajar 3 berhasil dalam menerapkan transformasi kurikulum 2013 ke kurikulum merdeka dengan fokus pada apersepsi dalam pembelajaran, meskipun masih diperlukan inovasi metode pembelajaran. Tantangan utama termasuk kurangnya pengalaman praktik mengajar dan kendala teknis kelas, yang diatasi melalui kolaborasi mahasiswa-guru dan integrasi teknologi, guna meningkatkan efektivitas dan kualitas pendidikan.</p>2023-06-13T00:00:00+00:00Copyright (c) 2024 Yoga Pratama Putra, Muhammad Arif Liputo, Iwan Putrahttp://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jote/article/view/30557Pengaruh Literasi Digital terhadap Kemampuan Minat Baca Mahasiswa Program Studi Ilmu Komunikasi2024-07-01T03:03:16+00:00Fenny Anita[email protected]Delvia Roza[email protected]Noprieka Suriadiman[email protected]<p>Teknologi yang semakin berkembang maka diharapkan kepada mahasiswa untuk dapat menggunakan media digital dengan bijak. Sebagai mahasiswa yang merupakan bagian dari masyarakat digital, perlu memahami literasi digital. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh literasi digital terhadap kemampuan minat baca mahasiswa dan mendeskripsikan upaya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan minat baca mahasiswa program studi Ilmu Komunikasi Universitas Abdurrab angkatan 2022-2023. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode korelasional. Populasi penelitian adalah mahasiswa prodi Ilmu Komunikasi Angkatan 2022-2023 yang berjumlah 57 orang mahasiswa. Hasil penelitian, <em>pertama</em> berdasarkan nilai t, diketahui nilai thitung = 6,021 dan nilai ttabel=2,002 (6,021>2,002). Dengan demikian, ada pengaruh antara literasi digital terhadap kemampuan minat baca mahasiswa prodi Ilmu Komunikasi Universitas Abdurrab. <em>Kedua,</em> melalui penerapan dan pemahaman mengenai literasi digital dapat membuktikan bahwasannya literasi digital sangat berpengaruh dan berperan penting untuk meningkatkan kemampuan minat baca mahasiswa prodi Ilmu Komunikasi Universitas Abdurrab.</p>2024-06-30T00:00:00+00:00Copyright (c) 2024