http://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jote/issue/feedJournal on Teacher Education2024-03-21T07:47:47+00:00Yolanda Pahrulyolandapahrul@gmail.comOpen Journal Systems<p>The teacher education journal is a place for researchers to develop their competencies in the fields of research, education and community service. This journal is related to the world of general education such as early childhood education, educational psychology, primary school teacher education, mathematics education, physics education, chemical education, management education, educational guidance and counseling and other practical studies. Journal On Teacher Education publish publications four times a year in March, June, September adn december. This journal is registered with E-ISSN: 2686-1798 and P-ISSN: 2686-1895.</p>http://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jote/article/view/23264Peran Big Five Personality pada Implementasi Manajemen Sekuriti Mahasiswa2023-12-28T15:30:05+00:00Edy Soesantoedy.soesanto@dsn.ubharajaya.ac.idMega Widyastuti202110515122@mhs.ubharajaya.ac.idAndreas Corsini Widya Nugrahaandreas.corsini@dsn.ubharajaya.ac.id<p>Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui peran <em>big five personality</em> pada implementasi manajemen sekuriti mahasiswa dengan menggunakan metode penelitian kuantitatif. Jumlah subjek dalam penelitian ini yaitu 36 mahasiswa. Hasil uji asumsi menggunakan <em>independen samples test</em> menunjukkan hasil signifikansi 0,188 >? yang berarti tidak terdapat peran <em>Big Five Personality</em> pada implementasi manajemen sekuriti mahasiswa. Jika individu sudah memahami bagaimana cara melakukan manajemen pekerjaan, waktu, emosi, dan dapat bersikap secara profesional dalam kehidupan sehari-hari, maka yang bersangkutan mampu mengimplementasikan manajemen sekuriti dengan baik. Sedangkan individu yang belum atau tidak memahami bagaimana cara melakukan manajemen pekerjaan, waktu, emosi, dan bersikap secara profesional dalam kehidupan sehari-hari, maka yang bersangkutan tidak mampu mengimplementasikan manajemen sekuriti dengan baik. Jika yang bersangkutan tidak segera menyadari pentingnya memahami ilmu manajemen dan mengimplementasikannya maka akan cenderung berakibat pada depresi, percobaan bunuh diri, sampai tindakan bunuh diri.</p>2024-03-08T00:00:00+00:00Copyright (c) 2024 Edy Soesanto, Mega Widyastuti, Andreas Corsini Widya Nugrahahttp://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jote/article/view/26214Pengembangan LKPD Materi Teks Negosiasi Berbasis Technological Pedadogical Content Knowledge (TPACK) untuk Melihat Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik2024-03-17T11:08:31+00:00Sulasmi Sulasmisulasmi19951225@gmail.comRatu Wardaritawardaritaratu62@gmail.comSiti Rukiyahsitirukiyah@univpgri-palembang.ac.id<p>Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan lembar kerja peserta didik dengan menggunakan model ADDIE. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMK ‘Aisyiyah Palembang dan objek penelitian adalah LKPD materi Teks Negosiasi berbasis TPACK. Penelitian yang penulis lakukan ini menghasilkan LKPD berbasis TPACK yang valid, praktis, efektif dan mampu memfasilitasi kemampuan berpikir kritis peserta didik. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan (<em>research and development</em>) dengan model penelitian yaitu model ADDIE. Pada tahap validasi, LKPD ini divalidasi dengan 3 validator yakni ahli bahasa, ahli materi dan ahli media dinyatakan valid dengan presentase capaian sebesar 78% menurut ahli bahasa, 78% menurut ahli media, dan 85% menurut ahli materi. Hasil uji coba terhadap peserta didik menunjukkan presentase sebesar 83,33% dengan kriteria valid atau baik. Simpulan dari penelitian LKPD berbasis TPACK untuk melihat kemampuan berpikir kritis pada materi Teks Negosiasi adalah layak dan baik untuk digunakan dalam kegiatan pembelajaran.</p>2024-03-26T00:00:00+00:00Copyright (c) 2024 Sulasmi Sulasmi, Ratu Wardarita, Siti Rukiyahhttp://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jote/article/view/26083Pemanfaatan Gadget sebagai Teknologi Digital sebagai Strategi dalam Meningkatkan Potensi Berbahasa Anak Usia Dini2024-03-01T15:33:21+00:00Ariyani Ramadhaniariyani.er@fkip.untan.ac.idSandra Wardanisandrafitriawardani2417@gmail.comSamsiar Samsiarsamsiarcaca79@gmail.com<p>Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki dampak pemanfaatan gadget sebagai teknologi digital terhadap potensi berbahasa anak usia dini. Anak-anak saat ini tumbuh dalam lingkungan yang kaya akan teknologi digital, termasuk penggunaan <em>gadget</em> seperti <em>smartphone</em> dan tablet. Oleh karena itu, perlu dipahami bagaimana pemanfaatan <em>gadget</em> dapat diintegrasikan sebagai strategi untuk meningkatkan kemampuan berbahasa anak usia dini. Kajian pustaka dilakukan untuk mengumpulkan informasi terkini tentang pengaruh penggunaan <em>gadget</em> pada perkembangan berbahasa anak usia dini. Penelusuran literatur mencakup studi empiris, teori-teori perkembangan berbahasa, serta pendekatan dan strategi pembelajaran yang telah diimplementasikan melalui teknologi digital. Analisis terhadap kajian pustaka menunjukkan bahwa pemanfaatan gadget dapat berperan sebagai strategi efektif dalam meningkatkan potensi berbahasa anak usia dini. Teknologi digital mampu memberikan pengalaman pembelajaran yang interaktif, personalisasi, dan sesuai dengan gaya belajar anak-anak. Dalam konteks ini, penting untuk memperhatikan aspek-aspek tertentu seperti durasi penggunaan, jenis konten, dan pendekatan pendidikan yang diimplementasikan untuk memaksimalkan hasil positif dan meminimalkan potensi risiko.</p>2024-03-08T00:00:00+00:00Copyright (c) 2024 Ariyani Ramadhani, Sandra Wardani, Samsiar Samsiarhttp://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jote/article/view/26036Pengaruh Busy Book terhadap Pengenalan Bilangan dan Bentuk Geometri pada Anak Usia 4-5 Tahun di Tk Nurul Hidayah Kebumen2024-02-27T13:01:50+00:00Heratriana Wiarati heratriana11@gmail.comAnti Isnaningsihantiisnaningsih@gmail.com<p>Penggunaan media belajar <em>Busy Book</em>erhadap pengenalan bilangan dan bentuk geometri pada anak dapat digunakan untuk menstimulasi anak usia dini sebagar dasar anak untuk mengenal konsep matematika dasar. <em>Busy Book</em> merupakan sebuah media berbentuk buku yang berisikan berbagai macam kegiatan pengenalan bilangan dan bentuk geometri. Penelitian ini bertujuan untuk menetahui pengaruh <em>Busy Book</em> terhadap pengenalan bilangan dan bentuk geometri pada anak usia 4-5 tahun. Jenis peneltian ini adalah <em>Quasi Experiment</em> dengan <em>One Grup Pretest-Posttest design</em>. Subjek penelitian ini menggunakan anak usia 4-5 tahun di TK Nurul Hidayah Kebumen yang berjumlah 20 anak. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan wawancara atau tes lisan dan analisi data menggunakan <em>Paired Sample T-Test</em>. Hasil nilai <em>sig. (2-tiled)</em> sebesar 0.000 artinya penelitian menunjukan bahwa penggunaan <em>busy book</em> memberikan pengaruh terhadap kemampuan mengenal bilangan dan bentuk geometri pada anak sebesar 25.35% dari rerata 48.65 menjadi 74.</p>2024-03-11T00:00:00+00:00Copyright (c) 2024 Anti Isnaningsih, Heratriana Wiarati http://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jote/article/view/25960Pengembangan Media Komik Digital Untuk Mata Pelajaran Bahasa Indonesia2024-02-28T16:08:56+00:00Nur Istiqamahnuristiqamah2323@gmail.comPattaufi Pattaufipattaufi@unm.ac.idFarida Febriatifarida.febriati@unm.ac.id<p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kebutuhan, mendesain media komik digital, mendeskripsikan tingkat validitas dan tingkat kepraktisan media komik digital untuk mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas VII di MTs Negeri 2 Makassar. Penelitian ini dikembangkan menggunakan model pengembangan ADDIE (<em>Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation</em>). Penelitian ini dilakukan di MTs Negeri 2 Makassar. Adapun subjek dalam penelitian ini adalah 2 orang validator yaitu ahli media dan ahli materi, siswa kelas VII sebanyak 30 orang, dan 1 orang guru mata pelajaran bahasa Indonesia. Hasil dari penelitian ini yakni: 1) Analisis kebutuhan menunjukkan bahwa siswa dan guru membutuhkan adanya pengembangan media pembelajaran. 2) Media komik digital dapat diakses secara <em>online</em> dan <em>offline</em> baik menggunakan laptop maupun <em>smartphone</em>. 3) Tingkat kevalidan media komik digital berada pada kualifikasi sangat valid, serta tingkat kepraktisan media komik digital berada pada kualifikasi sangat praktis.</p>2024-03-08T00:00:00+00:00Copyright (c) 2024 Nur Istiqamah, Pattaufi Pattaufi, Farida Febriatihttp://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jote/article/view/25950Pemanfaatan Video Animasi untuk Motivasi Belajar Bahasa Indonesia Siswa SD Kelas 42024-02-23T12:56:03+00:00Andreas Tevano Adestya Darsono292020002@student.uksw.eduArum Fitryani292020066@student.uksw.eduTri Sukamti292020076@student.uksw.edu<p>Penelitian ini mengeksplorasi bagaimana penggunaan video animasi dapat meningkatkan motivasi belajar siswa kelas 4 SD dalam pembelajaran Bahasa Indonesia. Di tengah perkembangan pendidikan, integrasi teknologi digital menjadi sangat penting untuk meningkatkan kualitas pembelajaran. Hasil analisis data dari berbagai sumber, termasuk penelitian sebelumnya dan meta-analisis, menunjukkan bahwa penggunaan video animasi efektif dalam meningkatkan minat dan prestasi belajar siswa. Respon positif siswa terhadap media pembelajaran ini, terlihat dari hasil angket motivasi dan uji coba, menunjukkan dampak yang signifikan terhadap motivasi belajar. Temuan ini memberikan kontribusi penting untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di tingkat dasar, sambil menyoroti peran guru dalam menciptakan lingkungan pembelajaran yang efektif. Secara keseluruhan, penggunaan video animasi sebagai media pembelajaran berbasis digital dapat dianggap sebagai solusi efektif untuk mengatasi tantangan pembelajaran di era digital saat ini.</p>2024-03-29T00:00:00+00:00Copyright (c) 2024 Andreas Tevano Adestya Darsono, Arum Fitryani, Tri Sukamtihttp://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jote/article/view/25805Hubungan Antara Kontrol Diri dengan Celebrity Worship pada Penggemar K-POP Dewasa Awal di Kota Bekasi2024-02-20T09:11:12+00:00Shalbina Febriyanti Amandashalbinaamanda15@gmail.comSulistiasih Sulistiasihsulistiasih@dsn.ubharajaya.ac.id<p class="TableParagraph" style="text-align: justify; text-justify: inter-ideograph; margin: 0cm 2.45pt .0001pt 12.4pt;">Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rasa keingintahuan untuk mengetahui hubungan yang terdapat antara kontrol diri dan pemujaan berlebihan pada penggemar <em>K-Pop</em> dewasa awal di Kota Bekasi terhadap idolanya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode korelasional dan kuesioner daring sebagai alat pengumpulan data untuk pertanyaan penelitian, yaitu ”Apakah terdapat hubungan antara kontrol diri dengan <em>celebrity worship</em> pada penggemar <em>K-Pop</em> dewasa awal di Kota Bekasi?”. Adapun teknik sampling yang digunakan yaitu <em>non probability</em> sampling dengan jumlah sampel sebanyak 120 responden. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara <em>celebrity worship</em> dan kontrol diri pada penggemar <em>K-Pop</em> dewasa awal di Kota Bekasi dan mendapatkan sigfinikansi 0,000 yang menunjukkan bahwa p<0,05. Selain Itu, penelitian ini juga membuktikkan bahwa penggemar yang memiliki tingkat <em>celebrity worship</em> yang tinggi cenderung memilki tingkat kontrol diri yang tinggi pula, sedangkan penggemar dengan tingkat <em>celebrity worship</em> yang rendah memiliki tingkat kontrol diri yang sama rendahnya.</p>2024-03-10T00:00:00+00:00Copyright (c) 2024 Nayla Sari Yusri, Rahmayati Rahmayatihttp://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jote/article/view/25676Implementasi Pendidikan Karakter dalam Meningkatkan Sikap Peduli terhadap Kebersihan pada Siswa2024-02-26T08:31:12+00:00Azkia Adila Azzahroazkiaadilaazzhro@gmail.comMavianti Maviantimavianti@umsu.ac.id<p>Kepedulian siswa terhadap kebersihan lingkungan sekolah Musleeminsuksa School sangatlah rendah, dapat dilihat dari minimnya kesadaran siswa terhadap kebersihan diri dan lingkungan sekolah. Oleh karena itu peneliti melakukan penelitian untuk mengetahui bagaimana pendidikan karakter peduli terhadap kebersihan yang diajarkan oleh guru kepada para siswa. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif, dengan sumber data yang digunakan adalah data primer dan sekunder. Adapun teknik pengumpulan data pada penelitian berdasarkan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan melalui wawancara bahwa guru mengetahui pendidikan karakter siswa dalam sikap peduli terhadap lingkungan sangatlah rendah, serta dari hasil observasi dapat disimpulkan bahwa Musleeminsuksa School membuat beberapa kegiatan untuk tercapainya implementasi pendidikan karakter dalam meningkatkan sikap peduli terhadap kebersihan dengan kegiatan pembiasaan rutin, pembiasaan spontan, pembiasaan keteladanan yang ditunjukkan oleh staff pendidik sekolah untuk meningkatkan sikap peduli terhadap siswa Musleeminsuksa School, Songkhla Hatyai, Thailand.</p>2024-03-11T00:00:00+00:00Copyright (c) 2024 Azkia Adila Azzahro, Mavianti Maviantihttp://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jote/article/view/25675Strategi Guru Pendidikan Agama Islam dalam Meningkatkan Kemampuan Tahsin Al-Quran Siswa2024-02-26T13:48:24+00:00Aji Kurniakuajkrn1008@gmail.comMavianti Maviantimavianti@umsu.ac.id<p>Peneliti berusaha untuk menemukan bagaimana pengajar meningkatkan kemampuan tahsin siswanya sebagai respons terhadap kesalahpahaman siswa tentang penggunaan huruf tajwid dan mukhorijul yang benar. Observasi, wawancara, dan dokumentasi merupakan metode utama pengumpulan data dalam penelitian deskriptif kualitatif ini. Yang dilibatkan dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, pengajar pendidikan agama Islam, dan siswa sekolah dasar Sekolah Darul Mukmin di Thung Nui, Satun. Para guru dapat menggunakan temuan penelitian ini untuk membantu siswanya mengatasi tantangan yang mereka hadapi ketika mempelajari tahsin Al-Quran dan membaca Al-Quran secara akurat. Hasil penelitian ini adalah masih banyak siswa di Darul Hikmah yang belum menguasai cara membaca al-Qur’an yang baik dan benar sesuai hukum tajwid. Dengan ada nya penelitian ini proses pembelajaran membaca al-Qur’an dapat mempermudah dan mempercepat siswa dalam menguasai kemampuan membaca al-Qur’an sesuai kaidah tajwid. Serta siswa mampu mengkonsistenkan kadar Panjang, dan dengung dalam bacaan.</p>2024-03-08T00:00:00+00:00Copyright (c) 2024 Aji Kurniaku, Mavianti Maviantihttp://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jote/article/view/25588Kesantunan Berbahasa Indonesia Pendidik dan Tenaga Kependidikan di SMK Negeri 1 Tempilang Bangka Barat2024-02-07T15:32:06+00:00Erni Trisnawatiernit674@gmail.comDessy Wardiahdessywardiah77@univpgri-palembang.ac.idYessi Fitrianiyessifitriani931@gmail.com<p>Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan analisis kesantunan yang ditujukan pada pendidik dan tenaga kependidikan di SMK Negeri 1 Tempilang, mendeskripsikan bentuk-bentuk pelanggaran maksim, dan mendeskripsikan faktor penyebab terjadinya pelanggaran maksim. Faktor lingkungan muncul karena perbedaan asal daerah penuturnya. Faktor sosial muncul karena perbedaan kelas sosial penuturnya. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tuturan di lingkungan SMK Negeri 1 Tempilang Bangka Barat ada beberapa tidak mengandung unsur kesantunan berbahasa dan melanggar prinsip kesantunan Leech. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Bentuk-bentuk pelanggaran kesopanan yang diungkapkan oleh beberapa pendidik dan tenaga kependidikan SMK Negeri 1 Tempilang adalah maksim kebijaksanaan, maksim kedermawanan, maksim penghargaan, maksim kesederhanaan, dan maksim kesimpatian. Pelanggaran terbesar adalah pelanggaran maksim kebijaksanaan. untuk mengurangi terjadinya pelanggaran kesantunan berbahasa, dapat mengadakan workshop dengan tema kesantunan berbahasa Indonesia di kalangan pendidik dan tenaga kependidikan.</p>2024-03-29T00:00:00+00:00Copyright (c) 2024 Erni Trisnawati, Dessy Wardiah, Yessi Fitrianihttp://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jote/article/view/23248Penggunaan Platform Padlet dan Quizizz sebagai Media Pembelajaran Materi Teks Negosiasi2023-12-24T15:34:06+00:00Sulasmi Sulasmisulasmi19951225@gmail.comYessi Fitrianiyessifitriani931@gmail.com<p>Pendidik dalam memilih media pembelajaran harus mempertimbangkan dua hal yaitu tujuan pembelajaran yang hendak dicapai dan karakteristik materi yang akan diajarkan. Sehingga diperlukan alternatif pemecahan seperti penggunaan aplikasi berbasis digital untuk menumbuhkan semangat belajar peserta didik berdasarkan permasalahan inilah peneliti melakukan penelitian. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode studi kasus yang bertujuan untuk mendeskripsikan tentang penggunaan aplikasi <em>Padlet </em>dan <em>Quizizz</em> selama proses pembelajaran. Selama proses penerapan <em>Padlet</em> dan <em>Quizizz</em> dalam kegiatan pembelajaran, kedua aplikasi ini mampu menciptakan kegiatan pembelajaran yang menyenangkan dan menarik bagi peserta didik hal ini dibuktikan dengan antusiasme peserta didik dalam kegiatan pembelajaran. <em>Padlet</em> diigunakan sebagai landasan pemahaman materi sedangkan <em>Quizizz</em> sebagai alat evaluasi terstruktur. Penggunaan <em>Padlet</em> dan <em>Quizizz</em> secara bersamaan dapat menciptakan pengalaman belajar yang intelektual, emosional, mengakomodasi berbagai gaya belajar peserta didik, dan memotivasi peserta untuk memiliki daya saing.</p>2024-03-11T00:00:00+00:00Copyright (c) 2024 Sulasmi Sulasmi, Yessi Fitrianihttp://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jote/article/view/23365A Contrastive Analysis Of English, Korean And Sekayu Language Reduplication And The Contribution In Foreign Language Teaching2023-12-26T07:09:10+00:00Sumiati Sumiatiuci4513@gmail.comTahrun Tahrunuci4513@gmail.comHanni Yukamanauci4513@gmail.com<p>Penelitian ini difokuskan kepada mencari perbedaan dan persamaan reduplikasi penuh dan reduplikasi sebagian dalam bahasa Inggris, bahasa Korea dan bahasa Sekayu. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif-kualitatif. Dalam pengambilan data penelitian ini menggunakan metode studi pustaka, yang mana data diambil dari berbagai sumber yang relevan termasuk buku-buku morfologi, buku-buku tata bahasa bahasa Inggris, bahasa Korea dan bahasa Sekayu serta jurnal-jurnal. Dalam menganalisis data, peneliti menggunakan teori analisis kontrastif untuk menemukan persamaaan dan perbedaan kata reduplikasi dalam ketiga bahasa tersebut. Pada hasil penelitian, peneliti menemukan 3 persamaan dan 2 perbedaan pada reduplikasi penuh, 3 persamaan dan 2 perbedaan pada reduplikasi sebagian antara bahasa Inggris dan bahasa Korea, 2 persamaan dan dan 2 perbedaan pada reduplikasi penuh, 3 persamaan dan 3 perbedaan pada reduplikasi sebagian antara bahasa Inggris dan bahasa Sekayu, 2 persamaan dan 3 perbedaan pada reduplikasi penuh dan 2 persamaan dan 3 perbedaan pada reduplikasi sebagian antara bahasa Korea dan bahasa Sekayu, serta peneliti menemukan tiga kontribusi untuk pengajaran bahasa asing.</p>2024-03-08T00:00:00+00:00Copyright (c) 2024 Sumiati Sumiati, Tahrun Tahrun, Hanni Yukamanahttp://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jote/article/view/23770Problematika Guru dan Siswa dalam Proses Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid-192024-01-05T07:40:40+00:00Anisa Mufidahanisawijaya436@gmail.comYessi Fitrianiyessifitriani931@gmail.com<p>Penelitian ini menjelaskan masalah yang dihadapi guru dan siswa selama pandemi COVID-19, serta cara guru dan siswa menangani masalah ini saat belajar secara online. Studi deskriptif ini dilakukan di SMP Azharyah Palembang. Penelitian ini akan mengumpulkan data melalui studi literatur atau referensi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru menghadapi banyak kesulitan dalam menerapkan pembelajaran online selama pandemi Covid-19. Tidak hanya kekurangan fasilitas yang mendukung pembelajaran online, seperti kurangnya akses ke perangkat seperti ponsel, laptop, atau komputer, serta kurangnya kontrol dan penilaian terhadap siswa selama proses pembelajaran online, guru menghadapi masalah yang sama. Siswa juga menghadapi masalah dalam menyampaikan materi dengan cara yang mudah dipahami oleh siswa. Selain itu, ada siswa yang kurang aktif dalam pembelajaran online dan merasa jenuh dengan proses pembelajaran online. Akibatnya, mereka menjadi bosan dan malas.</p>2024-03-11T00:00:00+00:00Copyright (c) 2024 Anisa Mufidah, Yessi Fitrianihttp://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jote/article/view/24516Hubungan antara Regulasi Emosi dengan Stres Kerja pada Karyawan PT. Dunlopillo Indonesia2024-01-16T08:27:17+00:00Siti Nabila Jansanzansya@gmail.comSulistiasih Sulistiasihsulistiasih@dsn.ubharajaya.ac.idMega Widyastuti202110515122@mhs.ubharajaya.ac.id<p>Kemampuan karyawan dalam meregulasi emosi dapat berpengaruh terhadap penurunan dampak stres yang dialami oleh karyawan akibat dari stres kerja. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kuantitatif dengan analisis korelasi <em>product moment pearson.</em> Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat hubungan antara regulasi emosi dengan stres kerja pada karyawan PT. Dunlopillo Indonesia. Responden dalam penelitian ini berjumlah 100 orang karyawan. Hasil ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan dan linear antara regulasi emosi dengan stres kerja dengan hasil signifikansi 0,000 yang berarti p<0,05. Selain itu, penelitian ini juga membuktikan bahwa semakin tinggi stres kerja maka semakin rendah regulasi emosi yang dimiliki oleh karyawan, sebaliknya semakin rendah stres kerja maka regulasi emosi yang dimiliki karyawan semakin tinggi. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, rekomendasi yang diberikan yaitu penting bagi perusahaan berperan dalam mendukung kesehatan mental karyawan agar karyawan memiliki kemampuan dalam meregulasi emosi yang baik dan terhindar dari stres kerja.</p> <p> </p>2024-03-17T00:00:00+00:00Copyright (c) 2024 Siti Nabila Jansa, Sulistiasih Sulistiasih, Mega Widyastutihttp://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jote/article/view/24757Pengaruh Model Pembelajaran Teams Games Tournament terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Sekolah Dasar2024-01-20T16:25:39+00:00Fatmawatifatmecincau22@gmail.comAuliya Wulandariwulandariauliya05@gmail.comSelvi Diana PutriSelvidiana27@gmail.comAinul Marhamah Hasibuanwulandariauliya05@gmail.comYusrizal Yusrizalyusrizaldns@gmail.com<p>Penelitian ini diasumsikan untuk mengetahui seberapa berpengaruhnya model pembelajaran <em>Teams Games Tournament</em> <em>(TGT)</em> terhadap hasil belajar matematika siswa. Penelitian ini merupakan penelitian Kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 106156 Klumpang Kebun sebanyak 40 orang, digunakan 2 kelas yang berbeda sebagai kelas eksperimen dan kelas kontrol yang masing-masing terdiri dari 20 siswa. Tes penelitian terdiri dari 20 pertanyaan pilihan berganda. Selain itu data di analisis menggunakan uji Independent Sample T-test yang dievaluasi sebelum dan sesudah ujian. Kemudian berdasarkan data statistik diperoleh nilai signifikan sebesar 0,000<0,005 yang berarti menolak H<sub>0</sub> dan menerima H<sub>a</sub>, sehingga disimpulkan bahwa hasil belajar Matematika siswa yang menggunakan Model Pembelajaran TGT di kelas eksperimen lebih baik dibandingkan hasil belajar Matematika siswa yang menggunakan model pembelajaran konvensional di kelas kontrol.</p>2024-03-08T00:00:00+00:00Copyright (c) 2024 Fatmawati, Auliya Wulandari, Selvi Diana Putri, Ainul Marhamah Hasibuan, Yusrizal Yusrizalhttp://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jote/article/view/25448Pengaruh Implementasi Kurikulum Merdeka dan Disiplin Kerja Guru terhadap Hasil Belajar Siswa di SMA Negeri 1 Payaraman2024-02-05T15:02:07+00:00Iswadi Iswadiiswadisyukri@gmail.comBukman Liandrbukmanlian@univpgri-palembang.ac.idNuril Furkannurilfurkan.97@gmail.com<p>Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk menganalisis pengaruh Implementasi Kurikulum Merdeka dan Disiplin Kerja Guru terhadap Hasil Belajar Siswa di SMA Negeri 1 Payaraman. Penelitian berlokasi di Kelurahan Payaraman Barat, Kecamatan Payaraman, Ogan Ilir. Adapun jenis penelitian yaitu penelitian kuantitatif<em>. </em>Sampel dalam penelitian berjumlah 30 guru dan 30 siswa dari SMA Negeri 1 Payaraman. Teknik pengumpulan data yaitu dengan menggunakan angket yang berisi 60 item pernyataan. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis kuantitatif deskriptif, dan uji regresi berganda. Hasil penelitian menyatakan bahwa terdapat pengaruh implementasi kurikulum merdeka terhadap hasil belajar siswa; terdapat pengaruh disiplin kerja guru terhadap hasil belajar siswa; terdapat pengaruh implementasi kurikulum merdeka dan disiplin kerja guru terhadap hasil belajar siswa. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Implementasi Kurikulum Merdeka dan Disiplin Kerja Guru terhadap Hasil Belajar Siswa memiliki pengaruh.</p>2024-03-21T00:00:00+00:00Copyright (c) 2024 Iswadi Iswadi, Bukman Lian, Nuril Furkanhttp://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jote/article/view/25479Kendala Orang Tua dalam Keterampilan Literasi Digital pada Anak Usia Dini2024-02-27T13:38:38+00:00Islam Wahyu Pandowoislamwahyupandowo@gmail.comAnti Isnaningsihantiisnaningsih@gmail.com<p>Pada era sekarang perangkat teknologi digital terutama gadget sudah umum digunakan di masyarakat, termasuk anak usia dini. Penggunaan perangkat teknologi digital terutama gadget sangat tergantung pada keterampilan pengguna dalam memilih informasi yang ada pada perangkat tersebut, salah satu keterampilan yang dibutuhkan untuk mengurangi dampak negative tersebut yaitu dengan meningkatkan keterampilan digital, oleh karena itu penelitian ini bertujuan melihat apakah orang tua telah berperan terhadap keterampilan literasi digital pada anak dengan cara: (1) Memilih konten yang dapat mendorong keterampilan digital anak; (2) Memilih konten online yang dapat meningkatkan kemampuan anak; (3) Membuat jadwal kapan anak dapat mengakses atau menggunakan teknologi digital terutama gawai; (4) Mendampingi dan mengarahkan anak ketika menggunakan teknologi digital terutama gawai. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif dengan objek informasi adalah orang tua yang mempunyai anak usia 5-6 tahun di Raudhatul Athfal Tlogosari Kecamatan Ayah Kabupaten Kebumen. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa 26% responden peneliti telah berperan dalam keterampilan literasi digital pada anak.</p>2024-03-11T00:00:00+00:00Copyright (c) 2024 Islam Wahyu Pandowo, Anti Isnaningsihhttp://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jote/article/view/25590Pemanfaatan Video Animasi untuk Motivasi Belajar Bahasa Indonesia Siswa SD Kelas 42024-02-07T15:39:02+00:00Robbi Mansyahmansyahrobi230699@gmail.comYessi Fitrianiyessifitriani931@gmail.comPuspa Indah Utamipiuutami27117@gmail.com<p>Penelitian ini mengeksplorasi bagaimana penggunaan video animasi dapat meningkatkan motivasi belajar siswa kelas 4 SD dalam pembelajaran Bahasa Indonesia. Di tengah perkembangan pendidikan, integrasi teknologi digital menjadi sangat penting untuk meningkatkan kualitas pembelajaran. Hasil analisis data dari berbagai sumber, termasuk penelitian sebelumnya dan meta-analisis, menunjukkan bahwa penggunaan video animasi efektif dalam meningkatkan minat dan prestasi belajar siswa. Respon positif siswa terhadap media pembelajaran ini, terlihat dari hasil angket motivasi dan uji coba, menunjukkan dampak yang signifikan terhadap motivasi belajar. Temuan ini memberikan kontribusi penting untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di tingkat dasar, sambil menyoroti peran guru dalam menciptakan lingkungan pembelajaran yang efektif. Secara keseluruhan, penggunaan video animasi sebagai media pembelajaran berbasis digital dapat dianggap sebagai solusi efektif untuk mengatasi tantangan pembelajaran di era digital saat ini.</p>2024-03-29T00:00:00+00:00Copyright (c) 2024 Robbi Mansyah, Yessi Fitriani, Puspa Indah Utamihttp://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jote/article/view/26434Peningkatan Keterampilan Kognitif Anak Usia Dini di PAUD Al Hidayah Kabupaten Serang menggunakan Media Game Edukasi Digital Berbasis Information and Communication of Technology2024-03-08T15:08:15+00:00Dewi Cahyaningratdewicahyaningrat64@gmail.comAmat Hidayatamathidayat01@gmail.comRachmatullah Jundiamathambasahaya@gmail.comAhmad Mubarokahmadmubarokb@gmail.comMursyid Irfanmursyidirfan14@gmail.com<p>Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan berfikir kognitif anak prasekolah dengan menggunakan metode <em>Information And Communication Of Technology</em> melalui game edukasi digital. Subjek penelitian ini adalah 10 anak-anak berusia 5 sampai 6 tahun di PAUD Al Hidayat Kabupaten Serang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Untuk metode dalam pengumpulan data menggunakan 3 metode, diantaranya observasi, wawancara, dan dokumentasi. Untuk observasi, peneliti menggunakan observasi partisipasif, yang berarti bahwa penulis terlibat langsung dalam kegiatan pembelajaran yang mereka amati. Hasil penelitian menunjukkan perkembangan anak-anak dalam meningkatkan kemampuan kognitif mereka dan sebagian besar memiliki perkembangan dan perkembangan yang sesuai dengan harapan.</p>2024-03-08T00:00:00+00:00Copyright (c) 2024 http://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jote/article/view/26501Pengaruh Latihan Push Up Normal dan Push Up Kaki Ditinggikan terhadap Kemampuan Servis Atas Bola Voli Pemain Club Printis Rambah Muda2024-03-11T15:13:23+00:00Ridwan SinuratidonSinurat@gmail.comRiwaldi Putrariwaldiputra@upp.ac.idMuhamad Fidel Risnandifidelrisnandi103@gmail.com<p>Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh perbedaan antara metode latihan push normal dan push up kaki ditinggikan terhadap kemampuan servis atas bola voli pemain club printis rambah muda. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain <em>One-Group Pretest-Postest Design</em>. Berdasarkan hasil analisis pengujian Hipotesis dari dua kelompok Latihan <em>Push Up </em>Normal dan<em> Push Up </em>Kaki ditinggikan yang dilakukan perhitungan statistik sesuai dengan formula yang digunakan (Uji t) diperoleh (1) kelompok latihan <em>Push Up</em> Normal sig (0,001) < 0,05 dengan demikian ada pengaruhnya latihan <em>Push Up</em> Normal terhadap kemampuan <em>servis </em>atas (2) kelompok latihan <em>Push Up</em> Kaki ditinggikan sig (0,000) < 0,05 dengan demikian ada pengaruhnya latihan <em>Push Up</em> kaki ditinggikan terhadap kemampuan <em>servis </em>atas (3) kelompok <em>Push Up</em> Normal dan kelompok <em>Push Up</em> Kaki ditinggikan terhadap kemampuan <em>servis </em>atas sig (0,038) < 0,05 artinya Kelompok Latihan <em>Push Up</em> Kaki ditinggikan lebih efektif dari pada Kelompok Latihan <em>Push Up</em> Normal dalam meningkatkan kemampuan <em>Servis</em> atas Pemain Bola Voli <em>Club </em>Printis Rambah Muda.</p>2024-03-11T00:00:00+00:00Copyright (c) 2024 http://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jote/article/view/26561Penggunaan E-LKPD menggunakan Website Wizer.me pada Pembelajaran IPA terhadap Literasi Sains Siswa SMP2024-03-13T13:19:01+00:00Fani Fatika Marcelindafanimarcelinda@gmail.comEllyna Hafizahfanimarcelinda@gmail.comMella Mutika Sarifanimarcelinda@gmail.com<p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui validitas, kepraktisan, dan efektivitas penggunaan E-LKPD menggunakan website <em>Wizer.me</em> pada pembelajaran IPA terhadap literasi sains siswa SMP. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan menurut model ADDIE: <em>analysis, design, development, implementation</em>, dan <em>evaluation</em>. Data yang diperoleh berupa hasil survei validasi produk, respon siswa, dan tes literasi sains. Hasil penelitian ini adalah media E-LKPD yang valid, praktis, dan efektif terhadap literasi sains. Hasil evaluasi media dari validator memperoleh 89,7% dengan kategori sangat valid. Berdasarkan respon siswa, kepraktisan mencapai 72% dalam kategori praktis. Adapun nilai efektivitas diperoleh nilai rata-rata sebesar 87,6 dan tingkat ketuntasan 94% dengan kategori sangat baik. Berdasarkan hasil tersebut E-LKPD yang dikembangkan tergolong kriteria valid, praktis, dan efektif dalam proses pembelajaran.</p>2024-03-13T00:00:00+00:00Copyright (c) 2024 http://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jote/article/view/26562Survei Tingkat Kedisiplinan Peserta Didik dalam Pembelajaran PJOK2024-03-13T13:38:03+00:00Aluwis Aluwisaluwis@upp.ac.idMasdi Janiarlimasdijaniarli@gmail.comHerly Nuryantiherlynuryanti456@gmail.com<p>Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa tinggi tingkat kedisiplinan peserta didik dalam pembelajaran PJOK di SMP Negeri 2 Rambah Hilir Kabupaten Rokan Hulu. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan metode survei. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa tingkat kedisiplinan peserta didik dalam pembelajaran PJOK di SMP Negeri 2 Rambah Hilir Kabupaten Rokan Hulu dengan kategori “sangat tinggi sekali” sebesar 6% (8 peserta didik), kategori “sangat tinggi” sebesar 24% (31 peserta didik), karegori “tinggi” sebesar 28% (36 peserta didik), kategori “sedang” sebesar 18% (24 peserta didik), kategori “cukup” sebesar 4% (5 peserta didik), kategori “rendah” sebesar 7% (9 peserta didik), kategori “sangat rendah” sebesar 8% (11 peserta didik), dan kategori “sangat rendah sekali” sebesar 5% (6 peserta didik). Mengacu pada data penelitian tingkat kedisiplinan peserta didik dalam pembelajaran PJOK di SMP Negeri 2 Rambah Hilir Kabupaten Rokan Hulu secara keseluruhan dapat disimpulkan bahwa kedisiplinan peserta didik berada pada kategori tinggi.</p>2024-03-13T00:00:00+00:00Copyright (c) 2024 http://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jote/article/view/26564The Influence of Learning Attitude and Learning Motivation on Reading Comprehension Achievement at SMPN 3 Pali2024-03-13T16:01:00+00:00Enda Sundariendasundari14@gmail.comIndawan Syahriendasundari14@gmail.comMulyadi Mulyadiendasundari14@gmail.com<p>Penelitian dilakukan tentang pentingnya pembelajaran bahasa Inggris di Indonesia, khususnya berfokus pada sikap dan motivasi dalam pemahaman membaca di kalangan siswa SMP. Ini menyoroti kebutuhan akan kemahiran berbahasa Inggris di era globalisasi, dengan menekankan peran sikap positif dan motivasi dalam meningkatkan hasil pembelajaran. Studi ini mengidentifikasi berbagai tantangan yang dihadapi siswa, termasuk perbedaan sikap terhadap pembelajaran, kurangnya minat, dan pencapaian pemahaman membaca yang rendah. Secara metodologis, penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif melalui kuesioner untuk mengumpulkan data tentang sikap dan motivasi siswa. Temuan menunjukkan pengaruh signifikan sikap dan motivasi terhadap pencapaian pemahaman membaca, menekankan pentingnya memupuk sikap pembelajaran dan motivasi yang positif di kalangan siswa. Namun, studi ini mengakui keterbatasan, termasuk fokusnya pada satu sekolah tertentu dan perlunya penyelidikan lebih lanjut tentang faktor-faktor yang mempengaruhi sikap dan motivasi siswa secara lebih luas.</p>2024-03-13T00:00:00+00:00Copyright (c) 2024 http://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jote/article/view/26631Pengaruh Pola Asuh Demokratis terhadap Perkembangan Motorik Kasar Anak Usia Dini di RA Al-Muhajirin Nongsa2024-03-15T05:38:53+00:00Nurhayati Nurhayatinurhayati77492@gmail.comAlif Lainialiflaini444@gmail.com<p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pola asuh demokratis terhadap perkembangan motorik kasar anak usia dini. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dan dilakukan di Ra-Al Muhajirin dengan responden sebanyak 75 orang. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan observasi, dokumentasi dan penyebaran angket. Hasil penelitian menunjukan berdasarkan hasil uji t-test yang telah dilakukan, maka hasil yang didapat pada nilai signifikansi (2-tailed) yaitu 0,00 yang artinya lebih kecil dari 0,05. Maka dilihat dari dasar pengambilan keputusan uji t yaitu jika nilai signifikan (2-tailed) lebih kecil dari 0,05, maka diterima yang berarti terdapat pengaruh pola asuh demokratis terhadap perkembangan motorik kasar anak, dengan total pengaruh sebesar 16,0% sedangkan 84,0% berasal dari aspek keterampilan motorik kasar anak, Pengaruh positif ini bermakna semakin tingginya pola asuh demokratis maka akan berpengaruh terhadap perkembangan motorik kasar anak tersebut.</p>2024-03-15T00:00:00+00:00Copyright (c) 2024 http://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jote/article/view/26632Mengembangkan Kemampuan Berfikir Simbolik Pada Anak Usia 5-6 Tahun Di Tk Kasih Bunda Kota Pariaman2024-03-15T06:32:43+00:00Alif Lainialiflaini444@gmail.comNurhayati Nurhayatinurhayati77492@gmail.comAyu Citra Dewiayucitra94dewi@gmail.com<p>Tujuan dari dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana Mengembangkan Kemampuan Berfikir Simbolis Anak Usia 5-6 Tahun di TK Kasih Bunda Kota Pariaman. Metode penelitian ini adalah Penelitian pendekatan kualitatif deskriptif, yang mana data-data dikumpulkan bukan berupa angka-angka, melainkan data tersebut diperoleh dari hasil observasi, wawancara, catatan lapangan dokumen pribadi dan dokumen resmi. Subjek penelitiannya yaitu anak kelompok B1 di TK Kasih Bunda Kota Pariaman. Artikel ini merupakan kajian literatur yang membahas tentang pengertian berpikir simbolik, perkembangan berpikir simbolik,kesulitan yang dialami anak dalam berpikir simbolik, dan indikator pencapaian perkembangan berpikir simbolik.</p>2024-03-15T00:00:00+00:00Copyright (c) 2024 http://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jote/article/view/26812Peran Sekolah dalam Meningkatkan Kemampuan Bahasa Arab, Inggris, Melayu di Ma’had An Nikmah Al Islamiyah Phnom Penh Kamboja2024-03-21T07:47:47+00:00Rahmi Utamiamiemy04@gmail.comSelamat Pohanselamat@umsu.ac.id<p>Penelitian memiliki tujuan untuk mengetahui seberapa besar sekolah untuk meningkatkan pembelajaran bahasa Arab, Inggris, Melayu yang umum diajarkan di sekolah untuk peserta didik di Ma’had An Nikmah Al Islamiyah Phnom Penh Kamboja. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan teknik observasi, mengumpulkan data, dan wawancara. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa peran sekolah dengan kemampuan peserta didik yang berbeda-beda, juga menjadi faktor sulitnya guru untuk meningkatkan pembelajaran bahasa di Ma’had An-Nikmah Al-Islamiyah, dengan sistem belajar di sekolah yang masih menggunakan metode lama. Guru tetap berupaya semaksimal mungkin untuk terus memeberikan pembelajaran bahasa yang ada dalam mata pelajaran sekolah mereka dengan baik. Untuk meningkatkan pembelajaran guru setiap bulan melakukan pertemuan untuk meningkatkan program belajar mengajar.</p>2024-03-21T00:00:00+00:00Copyright (c) 2024