Meta Analisis Efektifitas Penggunaan Media Video Terhadap Hasil Belajar Siswa SD pada Mata Pelajaran IPA

Authors

  • Muhammad Dekar Universitas Battuta
  • Rudi Hermansyah Sitorus Universitas Battuta
  • Puput Ariantika STKIP Pangeran Antasari

DOI:

https://doi.org/10.31004/jote.v4i2.9942

Abstract

Di era perkembangan teknologi yang semakin maju, membuat siswa lebih tertarik menghabiskan waktu untuk bermain game, menonton video-video yang menyenangkan daripada membaca materi pelajaran atau mendengarkan penjelasan. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji efektifitas penggunaan  media video terhadap hasil belajar siswa SD pada pembelajaran IPA. Dalam penelitian ini metode yang digunakan berupa meta analisis dengan cara menganalisa data-data tentang pengaruh penggunaan media video terhadap hasil belajar siswa SD pada pembelajaran IPA. Penenlitian ini di awali dengan merumuskan topik penelitian, menelusuri hasil penelitian yang relevan untuk dianalisis. Data dikumpulkan dengan menelusuri jurnal online terakreditasi nasional. Data analsisis dengan menggunakan analisis diskriptif kuantitatif. Berdasarkan hasil analisis penggunaan media video pada pembelajaran IPA di Sekolah Dasar mampu meningkatkan hasil belajar siswa dengan besar pengaruh (effect size) 1,56 kali dari kelas kontrol, dan penggunaan media video yang berpengaruh adalah model pembelajaran cooperatif learning dengan nilai effect size sebesar 3,78.

Author Biography

Muhammad Dekar, Universitas Battuta

Lulusan Magister Pendidikan Biologi (M.Pd) di Pascasarjana USK Banda Aceh, Sekarang bertugas Dosen PGSD Universitas Battuta

Downloads

Published

2022-12-23