MENINGKATKAN AKTIVITAS SISWADALAM PEMBELAJARAN PKn MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD DI KELAS X SMK NEGERI 2 MAUMERE
DOI:
https://doi.org/10.31004/jote.v2i1.992Keywords:
Menulis karangan argumentasi, Metode Problem Based Learning.Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas siswa dalam pembelajaran PKn dengan menggunakan model pembelajaran Kooperatif Tipe STAD di Kelas X SMK Negeri 2 Maumere. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas, metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif dengan menggunakan jenis data kualitatif dengan penganalisaan data secara kuantitatif. melalui langkah-langkah pengumpulan, pengolahan, penganalisaan, dan penyajian data dengan jumlah subjek penelitian 20 siswa. Adapun pelaksanaannya yakni mengunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD yang melalui empat tahap yakni (1) perencanaan, (2) pelaksanaan tindakan, (3) observasi dan (4) refleksi. Hasil penelitian menunjukkan aktivitas siswa dalam pembelajaran pada siklus pertama dengan memperoleh nilai rata-rata aktivitas siswa 80 dengan kriteria cukup dan ada peningkatan pada siklus kedua dengan perolehan nilai rata-rata aktivitas siswa 88 dengan kriteria baik, sehingga model pembelajaran kooperatif tipe STAD dinyatakan dapat meningkatkan aktivitas siswa dalam pembelajaran PKn.References
Depdiknas, 2005, Pendidikan Kewarganegaraan, Kurikulum dan Silabus Pendidikan Kewarganegaraan, Jakarta : Depdiknas
Nurkancana, W. dan Sumartana, P.P.N. (1986). Evaluasi Pendidikan. Surabaya: Usaha Nasional.
Undang-undang Republik Indonesia No. 20 tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional, 2003, Jakarta : Depdiknas
Wina Sanjaya, 2006, Strategi Pembelajaran Berorientasi Proses Standar Proses Pendidikan, Jakarta : Kencana Prima
Wiriatmadja,Rochati, 2005, Metode Penelitian Tindakan Kelas, Bandung : Rosdakarya
Arikunto, S dkk. 2006. Prosedur Penelitian suatu Pendekatan Praktik (Edisi Revisi V). Jakarta: Asdi Mahasatya.
Mansur, S. 2018. Aplikasi Asesmen Dalam Pembelajaran IPA di Kelas IV Sekolah Dasar Negeri Gelogor. Universitas Muhammadiyah Makasar. Jurnal Riset Pendidikan Dasar. 1 (1): 49-55. DOI: http://dx.doi.org/10.26618/jrpd.v1i1.1239
Mansur, S. 2018. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar pada Konsep Ekosistem di SMA Negeri 2 Maumere. STAI Darul Kamal NW Kembang kerang. Jurnal Al-Muta’aliyah. 1 (1): 117-127. DOI: http://ejournal.kopertais4.or.id/sasambo/index.php/mutaaliyah
Mansur, S (2018). Pengaruh Pendekatan Jelajah Alam Sekitar (JAS) Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Klasifikasi Mahluk Hidup di SMPK Binawirawan Maumere. BIOEDUSCIENCE: Jurnal Pendidikan Biologi Dan Sains, 2(1), 74-80. https://doi.org/10.29405/j.bes/2174-801314
Mansur S, Bare. Y. (2019) Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Konsep Perubahan dan Pelestarian Lingkungan Hidup dengan Model Discovery Learning di SMAS Katolik ST Gabriel Maumere , BIOEDUSCIENCE: Jurnal Pendidikan Biologi dan Sains: Vol. 3 No. 2
Nafia, I. 2013. Meningkatan Aktivitas dan hasil belajar mengelola konflik dengan CO-OP siswa X BB2(online). (http://www.slametpriyadi.com/2011 /09/19/kelebihan-keku-rangan-metode-ceramah-dalam pembelajaran/, Diakses 21 april 2019).
Rofiq, M. N. 2010. Pembelajaran Koperatif dalam Pengajaran Islam. Jurnal FALASIFA vol. 1 No. 1 Maret 2010.
Rusman. 2012. Model-Model Pembelajaran. EdisiKedua. Rajagrafindo Persada: Jakarta.
Slavin, R E. 2007. Cooperative Learning Teotri, Riset dan Praktek. Bandung: Nusa Media.