UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA DENGAN MODEL STAD DI SMK NEGERI 2 MAUMERE TAHUN AJARAN 2019/2020
DOI:
https://doi.org/10.31004/jote.v2i1.990Keywords:
Student Teams Achievement Divisions, hasil belajar BiologiAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat peningkatan hasil belajar Biologi siswa dengan menggunakan model Student Teams Achievement Divisions (STAD) yang di variasikan dengan LKS Word Square pada siswa kelas XI API SMK Negeri 2 Maumere. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan dua siklus untuk materi kompetensi dasar Keterkaitan antara struktur dan fungsi gen, DNA, kromosom dalam proses penurunan/pewarisan. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI API SMK Negeri 2 Maumere sebanyak 17 siswa. Analisis data yang dilakukan dalam penelitian ini menggunakan analisis persentase rata-rata hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh. Kesimpulan bahwa penerapan model Student Teams Achievement Divisions (STAD) yang divariasikan dengan LKS Word Square meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI API SMK Negeri 2 Maumere pada materi kompetensi dasar Keterkaitan antara struktur dan fungsi gen, DNA, kromosom dalam proses penurunan atau pewarisan mata pelajaran Biologi.References
Agus Suprijono, 2009. Cooperative Learning. Yogjakarta
Aunurrahman, 2009. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Afabeta.
E. Kosasih. 2014. Strategi Belajar dan Pembelajaran Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: Yrama Widya.
Ibrahim, H.Muslimin. 2000. Pembelajaran Kooperatif. Surabaya: University
press
Lie, Anita. 2002. Cooperative Learning. Mempraktikkan Cooperative Learning di Ruang-Ruang Kelas. Jakarta: PT. Grasindo.
M. Chatib. 2012. Orang Tuanya Manusia, Melejitkan Potensi dan Kecerdasan dengan Menghargai Fitrah Setiap Anak. Bandung: Kaifa.
Mansur, S dan Loli. M.P.P. 2019. Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VII dengan Model Guide Note Taking di SMP San Karlos Habi. Uin Raden Intan Lampung. BIOSFER: Jurnal Tadris Biologi. 10 (1): 21-28. DOI: https://doi.org/10.24042/biosfer.v10i1.3990
Mansur, S. 2018. Pengaruh Pendekatan Jelajah Alam Sekitar (JAS) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Klasifikasi Mahluk Hidup di SMPK Binawirawan Maumere. Uhamka. Bioeduscience. 2 (1): 74-80. DOI: 10.29405/j.bes/74-80121314
Mansur, S. 2018. Aplikasi Asesmen Dalam Pembelajaran IPA di Kelas IV Sekolah Dasar Negeri Gelogor. Universitas Muhammadiyah Makasar. Jurnal Riset Pendidikan Dasar. 1 (1): 49-55. DOI: http://dx.doi.org/10.26618/jrpd.v1i1.1239
Mansur, S. 2018. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar pada Konsep Ekosistem di SMA Negeri 2 Maumere. STAI Darul Kamal NW Kembang kerang. Jurnal Al-Muta’aliyah. 1 (1): 117-127. DOI: http://ejournal.kopertais4.or.id/sasambo/index.php/mutaaliyah
Nana Sudjana. 2010. Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Sinar Baru Algesindo: Bandung.
Oemar Hamalik. 2009. Model-model Pembelajaran. Cendekia Insani, Pekanbaru.
P. Suparno. 2012. Filsafat Konstruktivisme dalam Pendidikan. Yogyakarta: Kanisius