Penerapan Metode SAVI dalam Upaya Meningkatkan Hafalan Hadits Pendek pada Anak Usia Dini

Authors

  • Gadis Aura Az Zahra Hsb Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
  • Rizka Harfiani Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara

DOI:

https://doi.org/10.31004/jote.v4i2.9860

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan menghafal hadits dengan metode Somatis, Auditori, Video dan Intelektual (SAVI). Penelitian ini membahas bagaimana penerapan metode SAVI untuk meningkatkan kemampuan menghafal hadits pada anak usia dini. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Tes, observasi dan studi literatur digunakan sebagai teknik pengumpulan data pada penelitian ini. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, didapatkan bahwa penerapan metode Somatis, Auditori, Video dan Intelektual (SAVI) dapat meningkatkan kemampuan menghafal hadits-hadits pendek pada usia dini di Tadika Al-Fikh Orchard, Port-Klang, Selangor, Malaysia. Hal ini ditunjukkan dengan kemampuan menghafal hadits-hadits pendek dengan perolehan 13 siswa tuntas dan hanya dua siswa yang tidak tuntas, dengan tingkat ketuntasan 86%. Dalam mengevaluasi daya ingat peserta didik, peneliti menggunakan tiga kriteria evaluasi yaitu jumlah hadits yang dihafal, hafalan terjemahan, dan kelancaran dalam mendemonstrasikan gerakan.

Downloads

Published

2022-12-22