Penerapan Metode SAVI dalam Upaya Meningkatkan Hafalan Hadits Pendek pada Anak Usia Dini
DOI:
https://doi.org/10.31004/jote.v4i2.9860Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan menghafal hadits dengan metode Somatis, Auditori, Video dan Intelektual (SAVI). Penelitian ini membahas bagaimana penerapan metode SAVI untuk meningkatkan kemampuan menghafal hadits pada anak usia dini. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Tes, observasi dan studi literatur digunakan sebagai teknik pengumpulan data pada penelitian ini. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, didapatkan bahwa penerapan metode Somatis, Auditori, Video dan Intelektual (SAVI) dapat meningkatkan kemampuan menghafal hadits-hadits pendek pada usia dini di Tadika Al-Fikh Orchard, Port-Klang, Selangor, Malaysia. Hal ini ditunjukkan dengan kemampuan menghafal hadits-hadits pendek dengan perolehan 13 siswa tuntas dan hanya dua siswa yang tidak tuntas, dengan tingkat ketuntasan 86%. Dalam mengevaluasi daya ingat peserta didik, peneliti menggunakan tiga kriteria evaluasi yaitu jumlah hadits yang dihafal, hafalan terjemahan, dan kelancaran dalam mendemonstrasikan gerakan.Downloads
Published
2022-12-22
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Gadis Aura Az Zahra Hsb, Rizka Harfiani
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms: 1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal. 2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. 3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).