Dampak Pandemi Covid-19 terhadap Transisi Lulusan Prodi Pendidikan Ekonomi di Bursa Kerja
DOI:
https://doi.org/10.31004/jote.v4i2.9838Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisa transisi lulusan dari prodi pendidikan ekonomi Universitas HKBP Nommensen, Medan di bursa kerja yang diakibatkan oleh dampak pademi covid-19. Metode yang dipakai dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif cross sectional dengan pendekatan cross-sectional. Begitu juga dalam penelitian ini, peneliti berupaya mendeskripsikan transisi lulusan prodi pendidikan ekonomi dari kesiapan lulusan dari segi segi self efficacy, motivasi diri dan peningkatan diri di masa transisi melalui survei. Yang menjadi informasi dalam penelitian ini adalah 56 Lulusan tahun 2020 pada angkatan 2017 Prodi Pendidikan Ekonomi. Dalam teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu dengan memberikan kuisioner dengan kepada subjek penelitian melalui geoogle drive yang disebarkan kepada lulusan Prodi Pendidikan Ekonomi pada Angkatan 2017. Hasil dari penelitian ini ditemukan bahwa self-eficancy, need for achievement dan juga peningaktan diri dengan indikator dapat dikategorikan sebagai faktor yang baik dalam persiapan memasuki dunia kerja.Downloads
Published
2022-12-07
Issue
Section
Articles
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms: 1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal. 2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. 3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).