PENINGKATAN KERJASAMA MELALUI METODE OUTBOUND PADA ANAK KELOMPOK A RA MUADZ BIN JABAL DESA SAWAH KAMPAR UTARA

Authors

  • Jenny Amelia Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai
  • Musnar Indra Daulay Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai
  • Rizki Amalia Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai

DOI:

https://doi.org/10.31004/jote.v2i1.979

Keywords:

Metode Outbound, kerjasama anak.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahu pelaksanaan pada kegiatan outbound dalam meningkatkan kemampuan kerjasama dan peningkatan kemampuan kerjasama kelompok A RA Muadz bin Jabal Desa Sawah Kampar Utara. Metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan model KurtLewin. Penelitian ini terdiri dari prasiklus, siklus I, siklus II. Pada siklus dan siklus I terdiri dari 4 tahap pengumpulan data dan pada penelitian ini menggunakan teknik obesrvasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini adalah Peningkatan kemampuan kerjasama dari hasil pra siklus menuju siklus II mencapai 100%. Dapat dilihat dari prasiklus terdiri 20 anak dalam satu kelas, diketahui bahwa 1 anak mendapat skor BSB (5%), tidak ada anak yang mendapat skor BSH (0%), dan 6 anak mendapat skor MB (30%), dan 13 anak mendapat skor BB (65%) jumlah penilaian dari 20 anak adalah 768,75 sedangkan nila rata- rata adalah 38,43 dan siklus I dari 20 anak, diketahui bahwa 7 anak mendapat skor BSB (35%), 13 anak mendapat skor BSH (65%), dan tidak ada anak mendapat skor MB (0%), dan tidak ada anak mendapatskor BB (0%) jumlah penilaian dari 20 siswa adalah 1487,5 sedangkan nilai rata-rata adalah 74,375, sedangkan pada siklus II : 20 anak yang mendapat skor BSB (100%), tidak ada anak mendapat skor BSH (0%), tidak ada anak mendapat skor MB (0%), tidak ada anak mendapat skor BB (0%).

References

Ancok, D. (2005). Outbound Management Training. Jogyakarta : UII Press.

Apriani, D. (2013). “Upaya meningkatkan kerjasama siswa dalam pembelajaran matematika melalui model pembelajaran tutor sebayaâ€. https://scholar.google.co.id/scholar?hl=id&as_sdt=0%2C5&q=UPAYA++MENINGKATKAN+PEMBELAJARAN+MATEMATIKA+MELALUI+METODEL+PEMBELAJARAN+TUTOR+SEBAYA&btnG=#d=ga_qabs&u=%23p%3DJG8SvVybj0EJ. Diunduh 28 februari 2020.

Badiatul, M. A. (2009). Fun Out bound: Merancang Outbound yang Efektif Yogyakarta: Diva Press.

D Apriani. (2013). Meningkatkan Kemampuan Kerjasama Siswa Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Stad Pada Materi Pesawat Sederhana di Kelas V SDN 13/ 1 MuaraBulian. http://scholar.google.co.id&as_sdt=0%2C5&q=upayah+meningkatkan+kerjasama+siswa+dalam+pembelajaran+matematika+melalui+model+pembelajaran+tutor+sebaya&btnG=#d=gs_qabs&u=%23p%3DJG8SvVybj0EJ. Diunduh 28 februari 2020.

Djamaludin, A. (2007). Outbound Management Training. Yogyakarta: UII Press Yogyakarta.

E.Mulyasa. (2010). Praktik Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: PY Remaja RosdakaryaOffset.

Hamzah, B. U. Al. (2012). Menjadi Peneliti PTK Yang Profesional .Jakarta: Bumi Aksara.

Joko, S. O. (2006). Metode Penelitian Dalam Teori Dan Praktek. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Latif, M, A. & Hafidh A. (2018). Peningkatan Kemampuan Kerjasama dan Keberanian Melalui Kegiatan Outbound di RA DWP UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Poerwadarminta. (2007). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta : PN Balai.

Roestiyah N.K. (2012). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Rudyanto & Saputra, M.Y. (2005). Pembelajaran Kooperatif Untuk Meningkatkan Keterampilan Anak TK. Jakarta: Direktorat Pembinaan Pendidikan Tenaga Kependidikan.

Suharsimi Arikunto. (2005). Manjemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

. (2006) Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Susanta, A. (2010). Outbound Profesional. Yogyakarya: Andi Offset.

Susanto, A. (2011). Perkembangan Anak Usia Dini: Pengantar Dalam Berbagai Aspeknya. Kencana. Diunduh dari: http://books.google.co.id/books/about/ Perkembangan_Anak_Usia_Dini.html?id=0qRPDwAAQBQJ&source=kp_book_description&redir_esc=y. Diunduh 28 februari 2020.

T Umar-Ilmiah S PIRIT, 2011-EJOURNAL. UTP. AC. ID. Diunduh dari: https://scholar.google.co.id/scholar?hl=id&as_sdt=0%2C5&q=peningkatan+kerjasama+metode+outbound&oq=#d=qs_qabs&u=%32p%3DNA_WMfijwnQJ. Diunduh 28 februari 2020.

Widiasworo E. (2017). Strategi & Metode Mengajar Siswa di Luar Kelas (Outdoor Learning) Secara Aktif, Kreatif, Inspiratif, & Komunikatif. Yogyakarta: AR-RUZZ MEDIA.

Downloads

Published

2020-09-30