Hambatan Kognitif dan Upaya Wali Kelas terhadap Anak
DOI:
https://doi.org/10.31004/jote.v4i2.9677Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi hambatan kognitif sebelum terjadinya gangguan kognitif pada siswa/i sekolah dasar yang dimana titik fokusnya pada anak umur 7-8 tahun yang baru beralih dari tahap pra operasional ke tahap operasional konkrit, dengan metode penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, Peneliti melakukan survey dengan cara menyebar kuesioner atau angket sebagai instrumen penelitian dan juga melakukan wawancara terhadap orang yang berhak didalam kelas yaitu wali kelas atau guru. Tahap operasional konkrit ini adalah perkembangan pemikiran yang terorganisir dan rasional atau menandai awal pemikiran logis yang dimana jika terdapat gangguan maka akan menghambat perkembangan kognitif anak tersebut kedepannya dan akan mempengaruhi kualitas diri. Dari hasil peneitian, masih didapati anak yang perkembangannya terhambat jia lihat dari aspek tahap pra operasional konkrit yang semestinya perkembangan anak sudah ditahap yang lebih unggul dibandingkan tahap sebelumnya, maka dari itu upaya guru/wali murid harus ditingkatkan agar mampu membimbing dan mencapai hal yang sama-sama diinginkan dengan melakukan beberapa cara agar anak didik mampu berkembang dengan semestinya.Downloads
Published
2022-12-03
Issue
Section
Articles
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms: 1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal. 2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. 3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).