Manajemen Kelas dalam Meningkatkan Efektivitas Proses Belajar Mengajar di SMP 23 Palembang
DOI:
https://doi.org/10.31004/jote.v4i2.9638Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui manajemen kelas dalam meningkatkan efektifitas proses belajar mengajar di SMP 23 Palembang, serta untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambatnya. Penelitian ini dikategorikan penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriftif kualitatif. Sementara itu, teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi untuk pengumpulan data, analisis data, reduksi data, dan penyajian data. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa manajemen kelas dalam meningkatkan efektifitas proses belajar mengajar, yaitu iklim belajar mengajar yang tepat, mengatur ruangan belajar, mengelola intraksi kegiatan belajar mengajar. Faktor pendukung manajemen kelas dalam meningkatkan efektifitas proses belajar mengajar, yaitu faktor dinamika kelas dan kurikulum; sumber daya manusia yang berkompeten; dan sarana dan prasarana. Faktor penghambatnya, yaitu sarana dan prasarana kurang memadai; dan tujuan pendidikan tidak tercapai secara keseluruhan. Oleh sebab itu, guru harus mengetahui bagaimana cara mengelola atau mengatur kelas yang baik. Maka dalam menyusun desain sistem pembelajaran, hendaknya diawali dengan analisis kondisi dan kemampuan awal peserta didik.Downloads
Published
2022-12-06
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Maryance Maryance
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms: 1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal. 2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. 3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).