Manajemen Kelas dalam Meningkatkan Efektivitas Proses Belajar Mengajar di SMP 23 Palembang

Authors

  • Maryance Maryance Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang

DOI:

https://doi.org/10.31004/jote.v4i2.9638

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui manajemen kelas dalam meningkatkan efektifitas proses belajar mengajar di SMP 23 Palembang, serta untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambatnya. Penelitian ini dikategorikan penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriftif kualitatif. Sementara itu, teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi untuk pengumpulan data, analisis data, reduksi data, dan penyajian data. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa manajemen kelas dalam meningkatkan efektifitas proses belajar mengajar, yaitu iklim belajar mengajar yang tepat, mengatur ruangan belajar, mengelola intraksi kegiatan belajar mengajar. Faktor pendukung manajemen kelas dalam meningkatkan efektifitas proses belajar mengajar, yaitu faktor dinamika kelas dan kurikulum; sumber daya manusia yang berkompeten; dan sarana dan prasarana. Faktor penghambatnya, yaitu sarana dan prasarana kurang memadai; dan tujuan pendidikan tidak tercapai secara keseluruhan. Oleh sebab itu, guru harus mengetahui bagaimana cara mengelola atau mengatur kelas yang baik. Maka dalam menyusun desain sistem pembelajaran, hendaknya diawali dengan analisis kondisi dan kemampuan awal peserta didik.

Downloads

Published

2022-12-06