The Effect of SQ3R Method on Students' Achievement in Reading Narrative Text
DOI:
https://doi.org/10.31004/jote.v4i2.9595Abstract
Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis pengaruh metode SQ3R terhadap pengetahuan, pemahaman dan minat siswa dalam membaca teks naratif. Masalah pokok dalam penelitian ini adalah SMK TELKOM MEDAN di kelas X. Penelitian ini bersifat semi eksperimen, dengan kelas eksperimen dan kontrol, serta tes yang diberikan sebelum dan sesudah perlakuan. Setelah dilakukan tes, hasilnya menunjukkan bahwa 21 siswa atau 84% memiliki nilai tinggi dan 4 siswa atau 16% memiliki nilai tinggi. Selain itu, skor rata-rata kelompok eksperimen meningkat. Nilai rata-rata 54,60 sebelum metode SQ3R digunakan. Metode SQ3R menghasilkan rata-rata hasil belajar sebesar 87,64. Setelah belajar melalui metode SQ3R, mediannya adalah 86, sedangkan pada tes sebelumnya adalah 55. Standar deviasi kelompok eksperimen adalah 1,676 sebelum diproses. Standar deviasi kelompok eksperimen adalah 2,084 setelah pembelajaran melalui metode SQ3R. Setelah menerapkan model learning and answer untuk meningkatkan minat, siswa lebih banyak membaca untuk meningkatkan minat bacanya. Hal ini menunjukkan bahwa kemampuan membaca teks naratif siswa sangat dipengaruhi oleh keefektifan pembelajaran strategi ekspresi wawancara. Paradigma pembelajaran Survey, Question, Read, Recite, & Review (SQ3R), dapat menjelaskan dan dapat meningkatkan kemampuan membaca siswa.Downloads
Published
2022-12-01
Issue
Section
Articles
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms: 1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal. 2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. 3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).