Pengembangan Modul Bahasa Inggris Tema Covid-19
DOI:
https://doi.org/10.31004/jote.v4i2.9493Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk membuat modul Bahasa Inggris terkait Covid-19 bagi mahasiswa S1 PGSD. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan (R dan D) menurut model Rowntree, yang terdiri dari tahap perencanaan, pengembangan dan evaluasi. Pada tahap evaluasi digunakan model evaluasi formatif Tessmer dengan tahapan evaluasi diri, evaluasi ahli, evaluasi individu dan evaluasi kelompok. Hasil evaluasi tahap self-assessment dilakukan beberapa kali dengan versi modul, yang diuji tingkat validasinya oleh tim validasi. Pada tahap reviewer, modul tergolong valid dengan rata-rata validasi isi 0,82, validasi format 0,84 dan validasi penyajian 0,84. Pada tahap evaluasi individu, dengan sampel acak sebanyak 3 mahasiswa, hasil jawaban angket yang dikembangkan ketiga siswa tersebut tergolong praktis. Pada tahap penilaian kelompok kecil, sebagai sampel 9 mahasiswa, hasil survei tanggapan mahasiswa terhadap modul menggambarkan relevansi praktis sebagai bahan ajar rata-rata 82,3%. Berdasarkan hasil tahap evaluasi dapat dinyatakan bahwa modul yang dikembangkan telah diuji kepraktisannya untuk digunakan sebagai media pembelajaran.Downloads
Published
2022-11-30
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Kartina Rahamdhani Rambe, Muhammad Reza Pahlevi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms: 1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal. 2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. 3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).