Efektivitas Metode Resitasi terhadap Keterampilan Menyimak pada Siswa Kelas IV SDN 157 Palembang
DOI:
https://doi.org/10.31004/jote.v4i2.9423Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas metode resitasi terhadap keterampilan menyimak Siswa kelas IV SDN 157 Palembang. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain pretest-posttest control Group Design. Sampel penelitian yaitu Sampling Purposive, mengunakan dua kelas yang nilainya masih tergolong rendah. Pengumpulan data dengan observasi, tes. Data yang diperoleh dianalisis mengunakan uji N-Gain dan uji t (independent t test). Berdasarkan hasil penelitian, terdapat peningkatan hasil belajar pada siswa kelas eksperimen melalui tes keterampilan menyimak mengunakan metode resitasi dengan nilai rata-rata yaitu pretest 63 dan posttest 86 kategori tuntas. Sedangkan kelas kontrol dengan nilai rata-rata yaitu pretest 57 dan posttest 61 kategori belum tuntas. Hal tersebut juga perkuat dengan hasil uji N-Gain yaitu eksperimen 0.58 > kontrol 0.06. Selanjutnya uji t (independent t test) bahwa nilai 10.199 > 2.009, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat efektivitas metode resitasi terhadap keterampilan menyimak siswa kelas eksperimen.Downloads
Published
2022-11-30
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Rantika Mayangsari, Dessy Wardiah, Ali Fakhrudin
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms: 1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal. 2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. 3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).