Pengembangan Modul Praktikum Virtual pada Materi Usaha dan Energi
DOI:
https://doi.org/10.31004/jote.v4i2.9409Abstract
Keberadan sebuah laboratorium memiliki peran penting dalam proses pembelajaran. Pesatnya perkembangan dunia teknologi informasi dan komunikasi (TIK) memberikan peluang penggunaan komputer sebagai laboratorium virtual. Salah satu simulasi komputer yang dapat digunakan adalah Physics Education and Technology (PhET). Simulasi PhET membuat model konseptual fisis yang mudah dimengerti peserta didik. Penelitian ini bertujuan mengembangan modul praktikum virtual materi usaha dan energi menggunakan simulasi PhET (Energy Skate Park) dan mengetahui tingkat efektifitas penggunaan modul tersebut. Penelitian ini menggunakan metode pengembangan Research & Development (R&D) dengan model pengembangan 4-D (Four D Model) yang terdiri dari 4 tahap yaitu tahap pendefinisian, tahap perencanaan, tahap pengembangan dan tahap penyebaran. Hasil validasi isi didapatkan rata-rata sebesar 89,6%. Hasil uji coba lapangan menunjukkan respon yang sangat positif terhadap penggunaan modul praktikum virtual dengan persentase sebesar 87%. Hal ini menunjukkan buku panduan praktikum yang dikembangan sangat layak untuk digunakan.Downloads
Published
2022-11-30
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Ika Sari Fitriana, Asmiati Asmiati, Winna dharmayanti
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms: 1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal. 2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. 3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).