Students’ Listening Difficulties in Virtual Classroom: A Case Study in English Department of Hkbp Nommensen University
DOI:
https://doi.org/10.31004/jote.v4i2.9405Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk melihat kesulitan yang dihadapi oleh siswa di kelas virtual mendengarkan. Sebanyak 40 siswa terlibat dalam penelitian ini. Penulis menerapkan metode kualitatif dengan kuesioner dan wawancara semi-terstruktur sebagai alat utama penelitian untuk mengumpulkan data. Temuan penelitian menunjukkan bahwa kesulitan siswa dalam menyimak kelas virtual dibagi menjadi 3 bagian utama kesulitan isi materi, kesulitan pendengar/siswa, dan kesulitan pengaturan fisik. Temuan menunjukkan bahwa pengetahuan kosa kata, aksen pembicara, kecepatan bicara, kurangnya konsentrasi, dan kualitas materi rekaman adalah masalah utama yang dihadapi siswa. Hasil penelitian ini juga menunjukkan bahwa ketika siswa mengalami kesulitan belajar menggunakan kelas virtual, mereka tidak menikmatinya dan tidak termotivasi untuk mempelajari materi menyimak. Pembelajaran menyimak dengan hasil virtual perlu lebih ditingkatkan lagi. Dosen perlu menyadari tantangan belajar mahasiswa. Dosen dapat membantu mahasiswa dalam menciptakan strategi pembelajaran yang efisien dan pada akhirnya meningkatkan keterampilan mendengar bahasa Inggris dan memiliki pemahaman yang lebih baik tentang tantangan belajar mereka.Downloads
Published
2022-11-27
Issue
Section
Articles
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms: 1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal. 2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. 3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).